Skip to main content

Cara Unlock Bootloader Xiaomi


Pada postingan kali ini admin bakalan kasih trik atau cara bagi kalian yang kepengen unlock bootloader di device Xiaomi dengan mudah. Sebelum admin kasih tahu caranya alangkah baiknya kalian tahu terlebih dahulu apakah itu Unlock Bootloader atau yang sering disingkat UBL, apa keuntungan dan kerugiannya serta dampak apasih yang akan timbul jika kita melakukan UBL pada smartphone Xiaomi kita. Mari sobat simak penjelasannya dibawah

Apakah itu UBL?

UBL adalah kepanjangan dari Unlock Bootloader. Unlock artinya membuka sedangkan bootloader ya.. bootloader hehe.. bercanda guys..

Jadi gini, bootloader itu adalah sebuah program yang mampu memberikan akses untuk memodifikasi sistem, menyediakan media untuk mengupdate OS pada perangkat, serta sebuah program yang berfungsi memuat OS ketika hp dalam proses booting.

Intinya bootloader memiliki fungsi penting dalam sebuah smartphone karena bootloader memiliki akses untuk memodifikasi file - file sistem pada smartphone kita.

Nah kalian udah tahu apa itu bootloader. Selanjutnya kalian harus tahu keuntungan dan kerugian apa yang akan kita dapat ketika kita melakukan Unlock Bootloader. Simak penjelasan berikut

Keuntungan dan kerugian UBL

A. Keuntungan

1. Mampu menginstal custom recovery

Custom recovery adalah sebuah program di smartphone yang digunakan untuk memodifikasi file sistem seperti membackup dan merestore file system, menghapus file system, dan yang paling populer yaitu digunakan untuk menginstal custom rom.

2. Bisa menginstal custom rom

Ya sobat, kita bisa menginstal custom rom jika bootloader di smoartphone kita sudah terunlock dan sudah terinstal custom recovery. Mungkin dari sobat masih ada yang bingung apa itu custom rom. Custom rom adalah rom yang dibuat oleh pihak ketiga yang bukan berasal dari developer smartphone sobat.

3. Rooting ponsel

Setelah kita berhasil UBL di smartphone xiaomi, maka secara otomatis xiaomi kita akan teroot sehingga kita mempunyai hak akses penuh terhadap smartphone xiaomi kita.

4. Dan masih banyak lagi

B. Kerugian

1. Garansi ponsel yang hilang

Ketika sobat saat melakukan ubl pada smartphone xiaomi sobat gagal dan menyebabkan smartphone sobat rusak. Maka ketika sobat menserviskan ke konter resmi Xiaomi, garansi Xiaomi sobat akan hilang dan sobat harus mengeluarkan biaya untuk servis smarthphone.

2. Smartphone menjadi kurang aman terhadap serangan virus.

Namun menurut pengalaman admin yang sudah beberapa tahun smartphone Xiaomi saya UBL. Smartphone admin belum pernah terserang virus.

3. Beberapa vitur keamanan bawaan dari Xiaomi akan hilang.

Seperti Find Device, Added Value Service, dan beberapa fitur keamanan lainnya.

Gimana sob, dari penjelasan yang admin berikan diatas kalian semua sudah paham kan?. Ok, kita langsung saja ke tutorialnya yaitu bagaimana cara unlock bootloader xiaomi dengan mudah.

Langkah Request Unlock Bootloader dan Unlock Bootloader

  1. Pastikan sobat sudah punya akun Mi yang di daftarkan menggunakan nomer handphone sobat, jika belum, sobat bisa baca dulu artikel saya yang berjudul "Cara Membuat Mi Account".
  2. Buka halaman http://en.miui.com/unlock/ dan pilih Unlock Now dan otomatis akan di alihkan ke halaman login lalu masukan No.Handphone dan Password Mi Account yang sobat punya.
  3. Jika sudah login dan diarahkan ke forum cina, sobat masuk lagi ke halaman "http://en.miui.com/unlock/" dan pilih unlock now serta isi formulir dan masukkan alasan sobat kenapa ingin melakukan unlock bootloader. Kalo sobat bingung sobat bisa contoh alasan saya seperti ini "My phone got bricked and I want to flash it but my bootloader still locked. Kemudian ceklis I confirm dan klik Apply Now.
  4. Lanjut lagi, masukkan nomor hp sobat dikolom yang disediakan lalu klik send. Nah sobat tunggu dulu sebentar sampai ada sms dari Xiaomi berisi kode verifikasi. Masukkan kode tersebut ke kolom verifikasi dan klik Next sampai tulisan "Submited. Please wait for the review" muncul. Yang sobat lakukan selanjutnya adalah menunggu. Menunggu apa bang?. Menunggu kapan jodohmu datang. Ee... maksudnya menunnggu sms persetujuan dari xiaomi. Biasanya 1 sampai 2 hari.

Apabila kalian sudah dapat sms dari xiaomi. Kalian langsung download aja Mi Flash Unlock Tool disini. Kalo sudah kita lanjut lagi.

  1. Ekstrak dan kemudian instal Mi Flashnya
  2. Buka Mi Flash yang sudah terinstal dengan laptop atau pc sobat yang terkoneksi internet.
  3. Login dengan Mi account yang sobat pake di Smartphone Xiaomi sobat
  4. Matikan smartpone sobat, kemudian masuk ke Fastboot mode di smarthphone Xiaomi sobat dengan cara menekan tombol power dan volume down bersamaan.
  5. Sambukngkan Xiaomi sobat ke pc atau laptop dengan kabel USB. Jika smarthphone sobat terdeteksi di pc atau laptop, maka akan muncul gambar seperti.
  6. Pilih Unlock. Kalo berhasil sobat sudah mulai bisa instal Custom Recovery dan juga Custom Rom.

Sekian dulu tutorial yang saya berikan mengenai cara UBL pada Xiaomi. Jangan lupa like, coment, dan share artikel ini ya.. Oh ya sobat juga bisa subscribe blog ini agar sobat senantiasa mendapat update artikel terbaru dari blog ini. Semoga Artikel ini bermanfaat.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar