Skip to main content

Honor 10 Vs Honor Play, Mana Yang Lebih Bagus?


Honor 10 diluncurkan sebagai flagship unggulan Honor tahun 2018, dilengkapi dengan chipset Kirin 970 terbaru dan Honor's AI Camera. Harga sekitar Rp7 jutaan. Tak lama setelah Honor 10 diluncurkan, munculah smartphone baru Honor lainnya yaitu Honor Play. Smartphone ini dirancang untuk para gamer dengan fokus pada kinerja dan harganya di kisaran Rp5,3 juta. Yang aneh tentang smartphone ini adalah bahwa Honor Play memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan Honor 10, sementara harganya lebih murah sebesar Rp1,7 juta.

Tampilan

Baik Honor 10 dan Honor play dilengkapi dengan display IPS 1080p. Honor Play memiliki layar lebih besar yaitu 6,3" sedangkan Honor 10 5,84". Honor Play juga memiliki aspek ratio yang lebih tinggi yaitu 19,5:9, sedangkan Honor 10 19:9. Bagi Anda yang lebih memilih ponsel yang lebih besar, Honor Play akan menjadi pilihan yang jelas di sini.

Build Quality

Sejak dirilisnya Honor 7X pada tahun 2017, Honor telah merilis sebagian besar ponsel mid-range dengan build unibody metal yang dapat ditemukan di Honor Play. Mereka menggunakan Desain Aurora yang dibuat dari kaca berlapis-lapis untuk smartphone andalan mereka seperti Honor 8, Honor 9, dan Honor 10.

Bodi Honor 10 terbuat dari “Phantom Aurora Glass”. Bodi kaca berlapis-lapis ini adalah hasil dari evolusi panjang yang dimulai dengan Honor 8. Smartphone ini menangkap cahaya dan memantulkannya. Hal ini memberikan tampilan yang membuat Honor 10 tampak bersinar dan enak untuk digenggam.


Honor Play memiliki casing metalik halus yang sesuai dengan perangkat keras ponsel sebagai satu kesatuan. Desain unibody memiliki detail krom di sekitar lensa kamera dan sensor sidik jari.


Kedua desain smartphone ini sepertinya hanya dapat ditemukan di perangkat yang jauh lebih mahal. Bagi orang-orang yang menghargai tampilan dan body smartphone, jelas Honor 10 adalah smartphone unggulan dalam hal ini.

Performa

<>
Kedua perangkat ini dilengkapi dengan Kirin 970, RAM 4GB, GPU Mali-G72 MP12, dan teknologi Turbo dari Honor.

Kedua smartphone ini diuji menggunakan aplikasi Antutu Benchmark dan secara konsisten memiliki hasil yang sangat dekat.



Honor Play memiliki baterai yang lebih besar dari Honor 10 dengan kapasitas 3750mAh, sedangkan Honor 10 berkapasitas 3400mAh. Honor Play memiliki daya tahan baterai lebih lama yaitu 94 jam sementara Honor 10 hanya 74 jam.

Dalam kategori ini, Honor Play lebih unggul. Di sinilah Honor Play sebagai smartphone yang jauh lebih murah, menawarkan kinerja unggulan yang dapat bersaing dengan perangkat yang jauh lebih mahal.

Kamera

Kedua ponsel memiliki teknologi AI Honor. Honor 10 memiliki sepasang sensor yang jauh lebih baik. Honor 10 memiliki pengaturan 16MP + 24MP dan Honor Play memiliki pengaturan 16MP + 2MP. Honor 10 memiliki kamera selfie 24MP dan Honor Play memiliki kamera selfie 16 MP yang jauh lebih kecil.


Teknologi AI di Kirin 970 membantu kamera ponsel mendeteksi jenis adegan apa yang Anda potret dan menyesuaikan pengaturan dengan tepat. Dibawah ini adalah foto hasil jepretan dari Honor 10 dan Honor Play. Anda bisa membandingkannya sendiri.





Kesimpulan

Dalam beberapa kategori di mana Honor 10 berkinerja lebih baik daripada Honor Play, Anda harus bertanya pada diri sendiri apakah fitur yang lebih baik layak mendapat tambahan harga Rp1,7 juta. Menurut saya, Honor Play jelas memiliki nilai yang lebih baik dengan harga yang sangat rendah yaitu Rp5,3 juta.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar