Skip to main content

4 Cara Untuk Merekam Audio Internal Pada Smartphone Android


Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana caranya merekam audio internal di hp android.

Jika temen - temen membuka setingan aplikasi screen recorder, disitu tidak ditemukan adanya pilihan audio internal.

Untuk perekaman audio internal itu sendiri sudah dilarang oleh pihak Google. Saya masih kurang tahu alasannya kenapa mereka melarang untuk perekaman audio internal. Mungkin pernah terjadi kasus kriminal. Entahlah saya kurang tahu juga.

Akan tetapi, kalau temen - temen pengen ngerekam audio internal, disini saya ada 4 tips yang bisa temen - temen coba.

4 Cara Untuk Merekam Audio Internal Pada Smartphone Android

1. Gunakan Smartphone Merek Samsung atau LG

Yang pertama yaitu kalian harus menggunakan smartphone dengan merek Samsung atau LG. Saya kurang tahu kenapa hanya dua merek ini yang bisa merekam audio internal. Tetapi kalau temen - temen menggunakan smartphone merek lain biasanya itu tidak ada pilihan untuk audio internal.

Bagi temen - temen pengguna smartphone Samsung atau LG, silahkan download aplikasi Mobizen sesuai tipe hp kalian di play store. Setelah itu masuk di bagian seting dan di bagian audio kalian akan melihat pilihan audio internal. Kalau kalian pilih ini, maka kalian sudah bisa merekam audio internal di hp kalian.


Baca : Cara Resize Ukuran Gambar

2. Root Smartphone

Tetapi kalau smartphone kalian bukan merek Samsung atau LG, silahkan ikuti cara selanjutnya yaitu hp kalian sudah harus di root.

Kalau sudah di root, silahkan download aplikasi SCR Screen Recorder Pro. Nanti masuk di bagian seting dan di bagian audio disitu kalian bisa melihat pilihannya audio internal. Nah jadi kalau temen - temen milih itu, nanti temen - temen bisa merekam audio internal di hp kalian.


Baca : Tutorial Lengkap Cara Unlock Bootloader Xiaomi

3. Menggunakan PC dan Software Audacity

Terus gimana kalau hp kalian bukan Samsung, bukan LG, dan belum keadaan di root? Nah, temen - temen bisa ikutin cara yang ketiga yaitu kalian harus punya PC dan download software perekam audio. Contohnya seperti Audacity. Selanjutnya kalian juga harus punya USB Sound Card yang harganya sekitar 10.000-an di tokopedia. Dan jangan lupa siapkan kabel jack 3,5 ke 3,5.

Colokkan hp kalian dengan kabel jack 3,5 tadi dan sambungkan ke PC atau laptop dan colok di bagian microphone. Setelah itu, buka software Audacity, setting di bagian microphone menjadi USB PNP Sound Card.

Kalau sudah, kalian tinggal merekam suara dari hp kalian dengan cara klik tombol record. Jangan lupa rekam layar hp kalian dengan screen recorder. Setelah itu hasilnya bisa kalian gabung menggunakan software video editor.



4. Menggunakan Earphone Khusus

Terus gimana kalau temen - temen belum punya PC? Solusinya temen - temen bisa ikuti cara selanjutnya yaitu temen - temen harus membeli earphone khusus yang bisa merekam audio internal.

Yaitu sebuah earphone keluaran mobizen yang di amazon harganya sekitar 25 dollar atau setara dengan 370.000-an. Di Indonesia sendiri juga ada yang jual di tokopedia tapi harganya sekitar 800.000-an.


Nah jadi, kalau temen - temen belum punya smartphone Samsung atau LG dan hp temen - temen belum di root, dan juga temen - temen belum punya pc, solusinya mau gak mau temen - temen harus beli earphone keluaran mobizen ini.

Penutup

Jadi seperti itulah langkah - langkah yang bisa kalian lakukan untuk merekam audio internal di hp kalian. Untuk cara lain sejauh ini saya masih kurang tahu. Akan tetapi kalau temen - temen punya cara lain nanti silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjawab pertanyaan temen - temen semua. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya dan terima kasih.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar