Skip to main content

3 Cara Mudah Screenshot Tampilan Desktop Pada Laptop dan PC


Saya akan berbagi mengenai cara mengambil gambar dari desktop atau yang populer dengan istilah screenshot pada smartphone. Ada juga yang menyebutnya dengan istilah printscreen. Intinya, screenshot atau printscreen itu adalah mengambil area pada tampilan desktop untuk keperluan ilustrasi ataupun keperluan lain. Ada banyak sekali keperluan.

Di Windows 10, ada beberapa cara alternatif yang bisa kita gunakan untuk mengambil gambar dari tampilan layar.

Cara Screenshot Tampilan Laptop Windows

Cara 1 : Kombinasi Tombol Windows + Print Screen


Cara pertama yaitu dengan tombol kombinasi windows dan tombol print screen. Cara yang pertama ini akan menyimpan gambar yang telah kita ambil dari tampilan layar dalam clipboard.

Ketika menekan tombol kombinasi Windows + print screen, maka layar pada desktop akan menghitam dan kembali ke tampilan semula hanya dalam satu detik.

Baca Juga : Trik Mengambil Foto dengan Smartphone agar lebih bagus

Untuk melihat hasilnya, Anda harus membuka software grafis. Anda bisa menggunakan aplikasi bawaan dari windows yaitu Paint. Jadi, gambar yang tadi sudah Anda ambil, tinggal di copy dengan menekan tombol ctrl + V. Gambar di bawah adalah hasil dari print screen yang tadi Anda lakukan.


Cara 2 : Kombinasi Tombol Alt + Print Screen


Selain menggunakan tombol Windows + print screen, Anda juga bisa menggunakan tombol Alt + Print Screen. Itu adalah alternatif cara kedua selain menggunakan tombol windows dan print screen.

Cara kerjanya hampir sama dengan windows + print screen. Jadi setiap gambar yang kita ambil dari tampilan layar nantinya akan tersimpan pada clipboard yang kemudian kita bisa memunculkannya dalam aplikasi grafis.

Berbeda dengan menggunakan tombol windows + print screen, tampilan desktop ketika Anda menekan kombinasi Alt + print screen itu tidak menunjukkan perbedaan apa - apa. Layar sepertinya berlangsung begitu saja seolah tidak ada apa - apa. Padahal Anda sudah mengambil gambarnya.

Selanjutnya buka software Paint dan tekan Ctrl + V. Hasilnya akan sama seperti tadi. Sudah ada tampilan ketika Anda mengambil atau meng-screenshot tampilan desktop. Oke, itu adalah cara yang kedua.


Cara 3 : Menggunakan Software Snipping Tools

Cara yang ketiga untuk mengambil gambar dari sebuah tampilan desktop apakah ketika itu sedang mengerjakan sesuatu dalam berbagai macam software, cara ini bisa dilakukan. Caranya yaitu menggunakan software yang memang digunakan untuk mengambil gambar dari tampilan layar. Nama softwarenya mungkin Anda sudah kenal yaitu Snipping Tools. Jadi, Snipping Tools ini adalah sebuah software yang bisa mengambil gambar apakah itu full screen atau misalkan hanya sebagian saja. Bisa Anda cutting atau crop, dan lain sebagainya.

Cara menggunakannya mudah sekali. Pertama, Anda jalankan dulu software Snipping Tools. Posisi Snipping Tools ada di Accesories. Disini ada beberapa menu untuk mengambil gambar. Kita tinggal klik new. Kemudian ketika layar sudah sedikit memudar, Anda bisa menentukan bagian mana dari tampilan desktop Anda yang ingin Anda ambil gambarnya. Kalau sudah terambil, kita bisa simpan menjadi format png, jpg, dan lain - lain. Untuk menyimpannya klik gambar floopy disc / save.



Jadi itulah tadi alternatif cara untuk mengambil gambar tampilan desktop yang sedang kita gunakan. Mudah - mudahan bermanfaat. Saya ucapkan terima kasih banyak atas perhatiannya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar