Skip to main content

Hindari 7 Kebiasaan Ini Jika Kamu Pengen Laptopmu Bisa Awet


Kebiasaan - Kebiasaan Buruk Yang Bikin Laptopmu Jadi Gak Awet - Hari ini saya akan memberitahu kalian gimana caranya agar laptop kalian bisa lebih awet.

Tips - tips yang akan saya sampaikan ini berasal dari pengalaman saya sendiri dan pengalaman temen - temen saya dengan laptop mereka. Karena dibasiskannya dari dunia nyata mestinya info ini valid dong.

7 Kebiasaan Yang Bikin Laptopmu Jadi Cepet Rusak

1. Lari dengan laptop di dalam tas

Satu hal yang harus dihapus dari kebiasaan kalian adalah lari - lari dengan laptop di dalam tas. Terutama kalau laptop itu pakai hard disk. Kalau kalian pake laptop yang udah pake SSD sih gak masalah. Tapi, selama masih ada hard disk di dalam laptop, yang namanya lari dengan ada laptop di dalam tas mestinya gak boleh. Harus dihindari.

Saya ada cerita. Temen saya pernah berangkat sekolah agak kesiangan. Terus ngejar - ngejar bis pake laptop di dalam tas. Pas udah turun dari bis dan udah sampai kelas, tiba - tiba laptopnya udah corrupt datanya. Setelah diselidiki, ternyata hard disknya rusak dan harus diganti. Lari dengan laptop di dalam tas itu bisa fatal.

Baca : Cara Screenshot Laptop

2. Naruh tas berisi laptop sembarangan

Kedua masih soal laptop dengan hard disk. Kebiasaan kita yang kadang - kadang suka naruh tas sembarangan. Kayak naruh tas gak pelan - pelan dengan ada laptop di dalamnya itu juga sangat tidak disarankan. Karena guncangan yang ditimbulkan dapat merusak hard disk.

3. Ventilasi laptop yang sering terhalang

Baterai laptop itu gak seneng panas. Kalau baterai terekspos sama panas, dia pasti umurnya akan memendek. Dan itu juga gak akan baik terhadap laptop kalian.

Salah satu hal yang paling bikin panas adalah ketika ventilasi laptop keblokir dengan sesuatu. Saya sempat lihat temen - temen yang biasa make laptop diatas bantal, tempat tidur, selimut, itu mestinya haram. Karena kalau ventilasinya ke block, itu kan bikin laptop panas terus baterai bisa rusak. Jadinya harus dihindari main diatas permukaan yang lunak atau soft. Kalau mau main laptop ya di meja.

4. Main laptop di atas permukaan kotor

Ketiga yaitu masalah main laptop diatas permukaan kotor. Kadang - kadang kalian anak kost atau kalian anak - anak yang sibuk gak punya waktu buat bersihin meja. Padahal sebenernya meja yang bersih itu vital kalau kalian sering main laptop di atas meja itu. Karena lama kelamaan debu akan terakumulasi masuk kedalam kipas laptop dan itu akan bikin panas laptop kalian karena ventilasi akan terblokir.

Dulu saya punya temen yang punya laptop, awalnya sih oke - oke aja. Tapi setelah dipakai hampir setahun tiba - tiba baru main game 5 sampai 10 menit udah mati. Pas diinvestigasi, dibuka maksudnya, isinya itu debu semua dimana - mana.

Kalau kalian orang yang tipenya males banget ngebersihin meja. Debu numpuk semua disitu. Bahkan ada beberapa semut. Kayak udah kotor banget. Itu yang membuat akhirnya laptop kalian jadi sering overheating dan mati.

Biasakan yang namanya bersihin meja. Gak mesti seminggu sekali kok. Minimal satu atau dua bulan sekali udah cukup. Biar debu gak numpuk di atas meja.

5. Menyimpan laptop satu tempat dengan barang - barang lain

Nomor 4 ini kebiasaan yang kayaknya umum banget. Yaitu masukin laptop di satu tempat bersama dengan barang - barang lain. Terutama charger, mouse, buku, pulpen, gunting, itu jangan sampai terjadi. Kasian laptop kalian. Luka - luka nanti.

Pada saat kalian jalan bawa tas terus ada berbagai macem barang disitu, pastinya kan barang - barang yang ada didalam situ saling beradu. Itu yang mempercepat laptop kalian punya banyak baret atau luka. Walaupun gak berdampak langsung terhadap kerusakan laptop itu sendiri, tapi kan secara estetika laptop kalian jadi gak bagus.

Belum lagi kalau laptop kalian berbentuk tablet. Bisa - bisa layarnya rusak karena sering beradu dengan barang - barang lain yang ada di dalam tas. Kalau kalian terpaksa naruh laptop jadi satu dengan barang - barang lain di dalam tas, usahain selalu pakai sleeve. Jangan langsung dimasukin. Sebaiknya beli tas yang punya tempat khusus buat laptop.

6. Mencabut colokan kabel dari port laptop dengan cara di goyang - goyang

Selanjutnya ini yang sering saya lihat yaitu ketika ada kabel, entah itu kabel HDMI lah, atau mungkin USB lah yang nyolok ke laptop kalian. Ada yang sering banget nyabutnya itu digoyang - goyang kiri kanan. Laptop itu gak seneng yang namanya di goyang - goyang. Karena ketika kita goyang - goyang, lama kelamaan portnya akan makin longgar dan efeknya mungkin gak akan baik kedepannya. Lama - kelamaan nanti kalian nyolok sekali mungkin gak akan cukup. Harus nyolok cabut berulang kali baru perangkat kalian itu terdeteksi atau tersambung ke laptop.

Kalau misalnya ada sesuatu yang stuck, misalnya ada usb drive kalian yang stuck, ada kabel HDMI yang stuck di port kalian, itu jangan di goyang - goyangin. Usahain tarik lurus tapi sekuat tenaga. Itu cara yang benar. Karena yang namanya ganti port itu bukan perkara yang gampang. Kalau misalnya kita lihat handphone kan cuma satu port. Itu aja udah mahal gantinya. Gimana kalau misalnya kita bicara laptop yang lebih susah gantinya.

7. Shutdown laptop berulang kali

Berbeda dengan mitos yang banyak beredar di masyarakat, menurut saya yang namanya sleep itu sebenarnya gak akan ngerusak laptop. Yang namanya mode sleep sebenarnya cuman membiarkan ram kalian itu punya tenaga. Karena ketika ram gak dapet listrik, dia akan otomatis terhapus isinya. Dalam kondisi sleep, satu - satunya komponen yang menyerap tenaga di dalam laptop hanyalah ram. Jadinya ketika kita nyalain kembali, semuanya akan kembali seperti semula. Kalian tinggal lanjutin kerja karena data - data yang di ram tadi tinggal diakses kembali oleh laptop. Tidak masalah.

Saya udah baca di berbagai forum internet dan dari pengalaman sendiri juga bahwa sebenarnya sleep itu gak harmful ke laptop kalian. Bahkan banyak yang bilang kalau kalian sering mati nyalain laptop berulang kali ujung - ujungnya akan lebih berbahaya ketimbang meninggalkan laptop kalian dalam mode sleep.

Baca : Inilah Software Desain Terbaik yang Harus Kamu Miliki di Tahun 2019

Gampangnya gini aja. Ketika ada pekerjaan yang belum kalian selesaikan, terus kalian mesti pindah tempat, itu gak papa di sleep. Tapi kalau misalnya laptop itu ditinggal tidur atau ditinggal untuk waktu yang cukup lama sebaiknya di shutdown. Jangan kelamaan di sleep walaupun sleep itu gak masalah. Tapi sekali - kali juga di shutdown.

Penutup

Kayaknya itu dulu curhat dari saya untuk hari ini tentang kebiasaan yang harus kalian hindari jika ingin laptop kalian bisa awet. Semoga tips - tips itu membantu. Karena yang namanya laptop itu kan sesuatu yang bakal awet sama kalian dan harus dijaga dengan baik dong, kan udah bantuin kalian kuliah, bantuin kalian kerja, bantuin kalian menyelesaikan berbagai macam tugas. Perlakukan laptop kalian sebaik mungkin ya.

Kalau kalian punya tips - tips lain untuk bikin laptop kalian awet, silahkan komentar dibawah. Kalo berkenan, please share artikel ini. Terima kasih.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar