Skip to main content

Cara Membuat dan Memasang Stiker WhatsApp Sendiri Sesuai Selera


Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri - Stiker WhatsApp kini mulai hadir untuk semua platform Android maupun IOS. Sejak fitur ini muncul, stiker kini menjadi sangat populer dan digemari banyak orang. Agar bisa menggunakan stiker, pengguna WhatsApp pada OS Android harus meng-update aplikasi WhatsApp ke versi terbarunya yaitu versi 2.18.329. Pada OS iOS, fitur stiker ini sudah mulai ada sejak versi 2.18.100.

Ada 12 paket stiker gratis yang diluncurkan oleh WhatsApp seperti Cuppy by Minseung Song, Bibimbap Friends by Pete Ellison, Biscuit by Ghostbot, dan lain - lain. Temen - temen juga bisa mendownload stiker WhatsApp yang lain dari Play store.

Meskipun kita bisa mendownload stiker lain dari Play store, tapi rasanya sulit untuk menemukan stiker yang benar - benar sesuai dengan keinginan kita. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kan kalau kita membuat stiker WhatsApp sesuai keinginan kita sendiri.

Saat ini WhatsApp secara resmi telah merilis fitur baru yaitu stiker custom yang bisa dibuat sendiri oleh penggunanya. Namun untuk membuat stiker pribadi ini ternyata tidak bisa dilakukan secara langsung. Melainkan membutuhkan beberapa aplikasi tambahan untuk mengedit foto yang akan dijadikan stiker dan mengirimkannya ke WhatsApp.

Bagi yang tertarik untuk membuat stiker WhatsApp sendiri, silahkan simak tutorial yang saya berikan ini ya.

Cara Membuat dan Memasang stiker WhatsApp Buatan Sendiri

Langkah 1 : Siapkan gambar untuk dijadikan stiker

Pertama siapkan gambar yang akan dijadikan stiker. Saya sarankan untuk membuat 3 gambar sekaligus. Karena nantinya minimal harus ada 3 gambar jika ingin gambar tersebut dijadikan stiker di aplikasi WhatsApp.

Langkah 2 : Download dan Instal aplikasi tambahan

Jika gambarnya sudah siap, selanjutnya kita download beberapa aplikasi tambahannya. Yang pertama adalah aplikasi untuk menghapus background foto. Temen - temen terserah pilih aplikasi apa saja. Misalnya PicsArt, Picsay Pro, LightX, atau Penghapus Background. Yang intinya aplikasi ini akan digunakan untuk menghapus background yang ada di gambar tadi. Saya sendiri memilih aplikasi Picsay Pro karena sudah terbiasa menggunakannya.

Aplikasi kedua yang harus kita download adalah aplikasi Personal Stiker for WhatsApp. Aplikasi ini berfungsi untuk mentransfer foto yang sudah dihapus backgroundnya ke aplikasi WhatsApp.

Langkah 3 : Edit gambar yang akan dijadikan stiker

Jika semua bahan - bahan dan alat - alat sudah lengkap, sekarang kita langsung masuk ke tutorialnya. Pertama kita buka aplikasi Picsay Pro. Masukkan gambar yang akan dihilangkan backgroundnga dengan klik tombol "Get File", kemudian pilih "Galeri". Selanjutnya kita crop dan resize gambar dengan klik pada menu "Adjust" dan pilih "Resize". Ubah ukuran gambar menjadi 500x500 pixels. Karena memang ukuran maksimal gambar yang bisa dijadikan stiker adalah 500x500.


Setelah itu, klik menu "Adjust" lagi dan pilih "Paint Mask / Selection". Warnai bagian background yang akan dihapus perlahan - lahan. Jangan sampai menyentuh objek utamanya. Kalau sudah selesai, klik tombol panah di pojok kanan atas dan pilih "Make Transparent". Temen - temen juga bisa nambahin pernak - pernik seperti tulisan biar stiker yang akan kita buat jadi makin keren.


Terakhir tinggal kita save. Caranya pilih menu "Export", kemudian pilih "Save To Gallery".


Langkah 4 : Mengubah gambar menjadi stiker WhatsApp

Selanjutnya buka aplikasi yang kedua yaitu Personal Stiker for WhatsApp. Cara menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah. Temen - temen tinggal klik tombol (+), kemudian temen - temen pilih gambar yang sudah kita edit tadi untuk dijadikan stiker. Pilih minimal 3 foto kemudian klik tanda centang. Stiker WhatsApp sudah jadi dan siap kita gunakan.


Untuk menggunakannya mudah sekali. Temen - temen tinggal buka aplikasi WhatsApp. Pilih kontak WhatsApp yang akan temen - temen kirim stiker. Selanjutnya klik ikon emoji atau emoticon. Pilih ikon stiker dan cari stiker yang telah temen - temen buat. Tekan pada stiker tersebut untuk mengirimnya.

Bagaimana? sangat mudah bukan untuk membuat stiker pribadi di aplikasi WhatsApp? Dan jika masih ada yang bingung silahkan tanyakan saja di kolom komentar.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar