Skip to main content

8 Software Desain Terbaik Tahun 2019 Yang Wajib Kamu Coba


Sesuai judul, artikel kali ini akan membahas tentang software apa aja sih yang harusnya dipakai oleh seorang desainer. Terutama di tahun 2019 ini.

Kalau kita berbicara soal software desain, pasti kebanyakan dari kita muncul dua nama software yang udah kita kenal. Apa itu? Yap, kedua software itu adalah Corel Draw dan Adobe Illustrator. Kedua software ini memang sangat poupuler dan digunakan oleh jutaan orang di dunia. Akan tetapi, selain Corel Draw dan Adobe Illustrator, masih banyak di luar sana software - software desain yang gak kalah keren.

Software desain itu banyak loh. Jadi, tujuan artikel ini adalah saya ingin memperkenalkan software - software yang lain. Bukan hanya Corel Draw sama Adobe Iliustrator aja. Tapi ada banyak software - software lain. Dan supaya temen - temen wawasannya semakin terbuka.

Baca : Cara Screenshot Tampilan Laptop dan PC

Daripada nunggu lama - lama, kita langsung bahas aja software apa aja sih yang seharusnya dipakai desainer di tahun 2019 ini.

Software Desain Terbaik Yang Harus Dicoba Oleh Desainer

1. Adobe Photoshop

Software yang pertama adalah Adobe Photoshop. Kita gak perlu berkenalan lagi lah ya. Sebagian besar dari kita pasti sudah tahu dan kenal dengan software yang satu ini.

Kalau kita berbicara foto editing, maka Adobe Photoshop juaranya. Dengan Photoshop, kita bisa dengan mudah menggabungkan gambar dan bahkan menghapus serta menghilangkan sesuatu dari gambar tersebut.

Adobe Photoshop dapat berjalan di Windows dan juga Mac OS yang membuatnya menjadi salah satu alasan mengapa banyak dipakai oleh desainer.

Buat yang belum tahu, di Adobe Photoshop kita bisa membuat gambar bergerak berekstensi gif. Bahkan juga bisa mengedit video pada Adobe Photoshop versi CC.

Dilansir dari situs resmi Adobe, kita harus mengeluarkan biaya sekitar 270.000 per bulan untuk memakai Adobe Photoshop.

2. GIMP

Software yang kedua adalah GIMP. GIMP atau kepanjangannya GNU Image Manipulation Program, adalah salah satu alternatif terbaik dari Adobe Photoshop. Software ini menjadi salah satu software andalan bagi desainer grafis dan juga fotografer. Fitur manipulasi dan editing foto di software ini juga sangat mumpuni.

GIMP ini bisa kita gunakan di banyak sistem operasi seperti Linux, MacOS, Windows, dan OS lainnya. Bisa digunakan di berbagai sistem operasi, menjadi salah satu alasan GIMP sangat banyak dipakai oleh desainer.

GIMP ini adalah software open source dan gratis. Jadi buat temen - temen yang pengen belajar foto editing dan manipulation, mungkin software ini bisa menjadi pilihan di awal.

3. Adobe Illustrator

Software yang ketiga adalah Illustrator. Jika kalian ingin membuat desain berbasis vektor, seperti logo, tipografi, icon, bahkan ilustrasi vektor, maka Adobe Illustrator adalah jawabannya. Kita bisa membuat karya berbasis vektor yang sangat mulus. Sehingga Adobe Illustrator ini menjadi salah satu pilihan software yang banyak digunakan oleh desainer.

Namun temen - temen juga harus menyediakan uang yang tidak sedikit untuk membeli lisensi Adobe Illustrator. Dilansir dari situs resmi Adobe, kita harus mengeluarkan biaya sekitar 270.000 per bulan. Metode pembayaran software ini adalah dengan berlangganan setiap bulannya sama seperti produk - produk Adobe yang lainnya. Buat yang pengen coba - coba, pihak Adobe juga menyediakan free trial selama satu minggu untuk mencoba software Illustrator.

4.Ink Scape

Software yang keempat adalah Ink Scape. Kalau ada yang bertanya, "Software alternatif dari Adobe Illustrator apa ya?". Jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini adalah Ink Scape. Ink Scape ini juga dikhususkan mengelola hasil desain berbasis vektor yang menggunakan format svg.

Software ini juga bisa digunakan di berbagai sistem operasi loh, seperti Windows, Linux, dan MacOS. Kelebihan lainnya adalah Ink Scape ini bisa didapatkan secara free alias gratis. Sehingga banyak dipakai oleh desainer yang kesulitan membayar Adobe Illustrator. Tapi, jelas Ink Scape mempunyai beberapa keterbatasan bila dibandingkan dengan Adobe Illustrator ya. Tapi buat yang kepengen belajar desain, software ini sudah sangat luar biasa loh.

5. Corel Draw

Aplikasi yang ke-5 adalah Corel Draw. Corel Draw juga salah satu pengelola software desain berbasis vektor. Software ini sangat populer dan mempunyai banyak pengguna.

Corel Draw tidak bisa dibandingkan dengan Adobe Illustrator, karena masing - masing software tersebut punya kelebihannya sendiri - sendiri.

Corel Draw saat ini sudah menjadi software standar di berbagai keperluan untuk pengerjaan desain di berbagai perusahaan. Sehingga, banyak sekolah - sekolah yang memakai Corel Draw sebagai standar software yang harus diajarkan. Demikian juga dengan percetakan yang menggunakan Corel Draw.

Bila temen - temen ingin membeli lisensi, Corel Draw menyediakan dua pilhan berbayar yaitu dengan berlangganan sekitar 198 dollar per tahun. Atau temen - temen bisa membeli software ini dengan harga sekitar 650 dollar. Temen - temen hanya perlu membayar sekali dalam seumur hidup.

6. Gravit Designer

Software ke-6 adalah Gravit Designer. Gravit Designer adalah software berbasis vektor yang cocok untuk mengerjakan desain user interface, icon, presentasi, ilustrasi, maupun printing.

Software ini gratis loh, alias tidak berbayar sama sekali. Tapi menyediakan fitur - fitur yang sangat mendukung kinerja kita sebagai seorang desainer. Kita juga bisa mengeksport hasil desain kita kedalam bentuk pdf, svg. Sehingga nantinya desain kita tetep bisa diakses dari software berbasis vektor lainnya.

Yang paling gokil nih, Gravit Designer bisa berjalan di banyak sistem operasi, seperti Windows, Mac OS, Linux, Chrome OS, bahkan bisa dibuka juga hanya dari browser.

7. Sketch App

Software ketujuh adalah Sketch App. Nah, kali ini kita berbicara User Interface design, atau yang sering temen - temen kenal dengan nama UI design. Salah satu software yang sangat aku rekomendasikan adalah Sketch App.

Sketch App ini adalah software pengelola grafis berbasis vektor sehingga bisa kita gunakan untuk mendesain logo dan icon. Namun software ini dibuat khusus untuk keperluan UI design.

Sketch App pertama kali rilis pada tahun 2010 yang dulu sempat heboh karena software yang khusus di bidang UI design belum banyak. Namun sangat disayangkan kalau Sketch App ini hanya bisa berjalan di Mac OS.

Bagi yang berminat memakai software ini, temen - temen harus bayar sekitar 99 dollar dan hanya dibeli sekali untuk seumur hidup.

8. Adobe XD

Software kedelapan adalah Adobe XD. Masih di dunia UI design nih. Kali ini kita berkenalan dengan Adobe XD. Adobe XD juga berbasis vektor dan dikhususkan untuk UI design dan prototyping sama seperti Sketch App. Adobe XD menjadi salah satu pilihan yang sangat bagus dan banyak digunakan karena Adobe XD bisa berjalan di Windows dan Mac OS.

Berita bagusnya, Adobe XD ini adalah software freemium. Artinya kalian bisa dapatkan secara gratis. Kalian hanya perlu mendaftarkan email ID kalian di situs resmi Adobe.

Baca : Inilah 3 Smartphone Dengan Kamera Terbaik
Penutup

Ok temen - temen. Jadi itu penjelasan dari masing - masing software. Software desain di 2019 ini sudah banyak. Jadi, gak hanya Corel Draw sama Adobe Illustrator aja. Banyak software - software lain yang tadi sudah temen ketahui di atas.

Jadi buat temen - temen, kesimpulannya adalah pakailah software yang kalian rasa nyaman. Kalau kalian nyaman pakai Corel Draw, yaudah. Pakai Corel Draw aja. Yang kedua, pakailah sesuai dengan kebutuhan dan keadaan kalian. Yang ketiga, sesuaikan dengan klien kita. Kalau kita dapet klien dari perusahaan. Terus perusahaan ini mewajibkan desainernya itu menyetor desainnya dengan ekstensi Adobe Illustrator. Jadi, mau gak mau kita harus belajar Adobe Illustrator.

Tapi, sekarang sih gak perlu khawatir lagi karena sekarang temen - temen bisa mengeksport sebuah file dalam bentuk eps. Begitu juga sih, sebaliknya Adobe Illustrator bisa mengekspor file dalam bentuk eps. Dan eps ini bisa dibuka baik di Corel maupun di Adobe Illustrator. Banyak cara sebenarnya. Jadi, gak perlu lagi harus pindah software. Kalau temen - temen nyaman di satu software ya silahkan.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar