Skip to main content

Terungkap ! Inilah Fungsi Rahasia Dari Tombol Power Asus Yang Jarang Kita Ketahui.


Tombol power atau disebut juga tombol daya pada HP Android ASUS biasanya digunakan hanya untuk keperluan menyalakan dan mematikan atau restart perangkat saja. Padahal tombol power yang sering kita gunakan ini memiliki beberapa fungsi lain yang tidak kalah pentingnya. Nah buat kalian yang ingin mengetahuinya, silahkan simak sampai selesai artikel ini.

4 Fungsi Rahasia Tombol Power Asus Yang Jarang Diketahui Orang

1. Mengambil Screenshot

Yang pertama adalah screenshot. Buat teman - teman yang ingin mengambil screenshot atau tampilan gambar yang ada di layar, kalian bisa melakukan dengan menekan dan tahan tombol volume bawah bersamaan dengan tombol power.

Contoh saya akan mengambil screenshot dari chat WhatsApp ini.


2. Shortcut Untuk Kamera

Yang kedua adalah tombol shortcut atau jalan pintas untuk membuka kamera. Untuk melakukannya sangat mudah. Ketika HP dalam posisi stand by dan terkunci, berikutnya kita tekan tombol power dua kali secara berturut - turut. Dan hasilnya kamera bisa terbuka tanpa harus membuka lockscreen.

Baca : 5 Trik Menggunakan Kamera Smartphone Yang Jarang Diketahui

3. Masuk Mode Recovery

Yang ketiga adalah mode atau menu recovery. Ketika kalian lupa password atau pola untuk membuka layar, maka salah satu cara ampuh untuk mengembalikannya adalah dengan masuk ke mode recovery untuk menghapus pola tersebut.

Dan untuk masuk ke mode recovery ini terlebih dahulu teman - teman harus mematikan perangkat HPnya. Berikutnya ketika HP sudah mati, sekarang tekan dan tahan secara bersamaan volume bawah dan juga tombol power. Selanjutnya tunggu proses booting hingga masuk ke menu recovery.


Langkah berikutnya lepaskan tombol power dan tetap tahan untuk tombol volume bawah. Biarkan hingga masuk ke mode recovery. Berikutnya bisa kita gunakan tombol volume atas dan juga volume bawah untuk navigasi pilihan. Kemudian tekan tombol power untuk oke atau konfirmasi.

Didalam recovery ini ada beberapa fitur penting yang bisa kita gunakan. Diantaranya masuk ke bootloader untuk instal firmware. Kemudian menghapus data perangkat yang bisa digunakan juga untuk menghapus pola layar. Serta terakhir untuk update firmware secara manual.


Baca : Cara Unlock Bootloader Pada Semua HP Xiaomi

4. Masuk Mode Fastboot

Kemudian fungsi tombol power yang terakhir adalah untuk masuk ke mode fastboot. Didalam mode fastboot ini kita bisa memperbaiki atau melakukan flas ulang perangkat HP Asus. Baik menggunakan ADB atau SD card. Tentunya dengan menggunakan perangkat komputer.

Untuk masuk ke mode fastboot ini, kita cukup tekan dan tahan secara bersamaan tombol volume atas dan tombol power. Berikutnya tinggal kita hubungkan perangkat HP ke komputer untuk melakukan flash ulang atau update firmware.


Ok temen - temen. Itu dia beberapa fungsi rahasia dari tombol power pada HP Asus yang jarang digunakan. Semoga bermanfaat dan terima kasih saya ucapkan kepada kalian semua yang sudah membaca artikel ini hingga selesai. Jangan lupa untuk komen dan share di media sosial.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar