Skip to main content

Cara Ampuh Backup Chat WhatsApp dan Mengembalikannya Seperti Semula Dijamin Berhasil

Membackup atau menyimpan semua obrolan di WhatsApp adalah sebuah keharusan. Karena jika suatu saat aplikasi WhatsApp terhapus atau ganti HP, maka semua pesan yang ada di WhatsApp akan bisa dikembalikan seperti semula.

2 Cara Untuk Backup Chat WhatsApp dan Mengembalikannya Seperti Semula

Ada dua cara untuk backup dan restore chat WhatsApp. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan fitur "Cadangan Chat" atau "Backup Chat" yang sudah disediakan oleh aplikasi WhatsApp. Cara ini mewajibkan kita untuk membackup chat menggunakan akun google drive.

Untuk cara yang kedua yaitu menggunakan folder database WhatsApp. Folder ini terletak di dalam folder WhatsApp yang tersimpan di penyimpanan HP

Sedangkan untuk tutorialnya, yuk kita bahas satu - satu.

1. Backup Chat lewat Google Drive

Buka aplikasi WhatsApp. Pada aplikasi WhatsApp ini, ada pilihan titik 3 di bagian atas sebelah kanan, temen - temen klik titik 3 itu. Kemudian pilih "Setting / Setelan".


Selanjutnya akan tampil pilihan chat, kita buka. Kemudian pilih opsi "Chat Backup". Kemudian ada backup to google drive, kita pilih. Kemudian kita klik backup.



Untuk proses backupnya sudah selesai dan saya akan contohkan ketika aplikasi WhatsApp ini terhapus dan diharuskan untuk log in ulang ke aplikasi WhatsApp. Temen - temen tinggal log in seperti biasa. Ketika sudah berhasil log in, maka akan muncul pilihan restore yaitu untuk mengembalikan data - data obrolan atau chat yang tadi telah kita backup. Kita klik saja restore dan tunggu beberapa saat.

Cara ini adalah cara paling praktis dan cepat ketika temen - temen ganti aplikasi WhatsApp atau ganti HP. Semua obrolan - obrolan penting di WhatsApp tidak akan hilang.

2. Menggunakan Folder Databases WhatsApp

Buka aplikasi file manager di HP temen - temen. Scrool ke bawah dan buka folder WhatsApp. Disini akan kita lihat folder databases WhatsApp yang selalu menyimpan chat - chat WhatsApp secara otomatis tiap ada chat baru yang masuk. Untuk folder databases ini kita copy dan taruh diluar folder WhatsApp. Jika kalian ganti HP, kalian bisa kirimkan folder ini ke HP baru kalian dengan bluetooth atau ShareIt.


Selanjutnya saya akan mencontohkan kasus ketika aplikasi WhatsApp terhapus dan harus log ini ulang. Buat kalian yang ganti HP, instal dulu aplikasi WhatsAppnya untuk melanjutkan tutorial ini.

Baca : Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri Dengan HP Android

Kemudian temen - temen masuk file manager lagi dan buka folder WhatsApp. Kalau sudah ada folder databases, kita hapus dulu folder databasesnya. Kalau sudah, pindahkan atau salin folder databases backupan yang sudah kita siapkan tadi kedalam folder WhatsApp.


Selanjutnya kita buka aplikasi WhatsAppnya. Kemudian log in seperti biasa. Ketika sudah selesai log in, aplikasi WhatsApp akan secara otomatis mendeteksi file database yang tadi sudah kita pindahkan. Pilih pulihkan untuk menampilkan kembali chat WhatsApp persis seperti pada HP sebelumnya. Selanjutnya masukkan username dan temen - temen bisa lihat lagi chat WhatsApp yang sudah di backup tadi.


Penutup

Memindahkan semua data chat yang ada di WhatsApp ke perangkat lain sebenarnya sangatlah mudah. Karena di dalam aplikasi WhatsApp sendiri sudah tersedia fitur backup dan restore dengan menggunakan akun google drive. Fitur ini memungkinkan kita untuk memindahkan semua data chat yang tersimpan ke perangkat HP lainnya. Dengan syarat, akun google yang ada di kedua HP ini harus sama. Jika berbeda, maka kita tidak bisa memindahkan data chat WhatsApp dengan cara ini. Harus menempuh cara lainnya.

Cara lainnya yaitu dengan membackup folder databases WhatsApp. Cara ini sangat berguna ketika aplikasi temen - temen terhapus dan temen - temen lupa membackup chat lewat google drive. Cara ini juga sangat ampuh bagi temen - temen yang sering gonta - ganti aplikasi WhatsApp Modyang kadang - kadang gak support untuk restore chat via google drive.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar