Skip to main content

10 Fitur Rahasia iPhone Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui


Saya mempunyai beberapa fitur rahasia pada smartphone iPhone yang banyak sekali dari pengguna iPhone tidak tahu akan fitur ini. Dalam artikel ini saya akan memberitahu kamu 10 fitur rahasia iPhone yang benar - benar jarang diketahui. Kamu bisa melihat iPhone kamu dari sekarang dan kamu tidak akan menemukan fitur ini kecuali kamu tahu apa yang kamu cari.

Setiap tips dan fitur yang akan saya sampaikan ini sepenuhnya tersembunyi. Saya menjamin bahwa sebagian besar pengguna iPhone tidak mengetahuinya. Kalau kamu sudah ingin tahu fitur apa saja itu, yuk simak 10 fitur rahasia iPhone ini dari awal sampai akhir ya.

10 Fitur Rahasia iPhone

1. Track Pad Mode

Fitur rahasia iphone yang pertama adalah track pad mode. Jadi kalau kamu ngetik, keyboardnya iPhone bisa jadi track pad. Ini sering digunakan untuk mengetik pekerjaan lewat HP atau mengetik sesuatu yang panjang sekali.

Kamu cukup tap dan tahan saja tombol spasi. Kalau iPhone kamu sudah mendukung 3D touch, kamu tinggal tekan sedikit saja diposisi manapun. Dan keyboard akan langsung berubah jadi track pad.

Nah kamu bisa gerak - gerakan kursornya kemana saja yang kamu inginkan. Kamu juga bisa blok teks dengan cara lepas sedikit, lalu tekan lagi. Intinya dengan cara ini keyboard kamu akan menjadi seperti track pad. Memudahkan sekali untuk menempatkan kursor saat mengetik panjang lewat iPhone.

2. Dark Mode

Yang kedua kamu bisa mengaktifkan dark mode di iPhone dengan menekan tombol samping kiri tiga kali. Kamu bisa memanfaatkan tampilan ini untuk membaca di malam hari atau kamu aktifkan saat baterai sedang low bat. Ini karena iPhone X dan iPhone XS series memakai amoled dispay. Jadi kalau layar dalam kondisi gelap akan menghemat baterai.

Sebenarnya ini bukan dark mode yang sesungguhnya karena tidak tahu kenapa Apple masih belum menanamkan dark mode di iOS. Padahal di Mac OS sudah ada. Tetapi kita manfaatkan smart invert ini yang dikombinasikan dengan shortcut. Kamu bisa melakukannya dengan buka setting, kemudian general, accesibility, kemudian dipaling bawah ada accesibility short cut. Pilih saja smart invert. Kalau sudah, dengan tiga kali tekan tombol, tampilan dark mode akan tampil seperti ini.


3. Teks Replacement

Kalau kamu sering mengetik sesuatu yang panjang dan kemudian berulang - ulang seperti berjualan online, sering mengetik nomor rekening atau sering mengirim alamat lengkap, kamu bisa manfaatkan fitur teks replacement.

Jadi misalnya saya mengetik kata "no. BCA", maka akan langsung diganti otomatis menjadi nomor rekening BCA. Ini hemat waktu dan efisien sekali. Kamu bisa atur saja teks replacement ini di setting, keyboard, teks replacement, dan masukkan kata yang kamu inginkan. Misalkan saya ketik "kirim kurir" otomatis langsung alamat rumah yang diketikkan.

4. Membuat Dua Face ID

Keempat, kalau kamu memakai iPhone dengan face ID seperti iPhone X atau XS, kamu bisa mendaftarkan dua wajah sekaligus. Satu wajah utama dan satu lagi wajah alternatif.

Kamu bisa daftarkan ke setting, Face ID and Passcode, lalu pilih set up and alternate appearance. Sebenarnya fitur ini dipakai untuk wajah orang yang sama, tapi beda penampilan. Misalnya yang satu wajah kamu habis bercukur kemudian satunya lagi wajah yang masih berkumis.

Tujuannya supaya face ID ini bisa mengenali wajah kamu meskipun ada perubahan pada wajah kamu. Tetapi kamu bisa juga memanfaatkannya untuk wajah orang lain. Misalkan kamu bisa pakai untuk register wajah istri, adik, pacar, atau mantan. Jadi nantinya selain kamu, mereka juga bisa akses iPhone pakai face ID mereka.

5. Shake Untuk Undo

Banyak yang tidak sadar dengan fitur ini. Kalau kamu mengetik salah, kamu bisa shake saja iPhone untuk melakukan undo. Misalkan mengetik salah, goyangkan saja maka pop up undo akan muncul.


6. Kamera iPhone Membaca QR Code

Yang keenam ini belum semua pengguna iPhone sadar jika kamera iPhone bisa dipakai langsung untuk membaca QR code. Beberapa orang masih menginstal aplikasi pembaca QR Code dari App Store. Padahal kamu tinggal arahkan saja kamera iPhone ke QR Code dan iPhone akan membaca QR Code tersebut tanpa bantuan aplikasi apapun.

Baca : 3 Smartphone Keren Dengan Kamera Memukau

7. Tap dan Tahan Untuk Memasukkan Simbol

Biasanya pengguna iPhone jika ingin memasukan simbol atau angka meskipun itu cuman satu, pasti akan tap tombol switcher, lalu pilih simbolnya, lalu balik tap switcher lagi. Ada 3 kali tap.

Sebenarnya jika kamu hanya ingin memasukkan satu angka atau masukin satu simbol saja tidak perlu melakukan itu. Cukup tap dan tahan switchernya, lalu geser ke simbol yang ingin dimasukkan, kemudian lepas. Keyboard akan kembali lagi ke huruf untuk mengetik. Lebih cepat dan lebih simpel.

8. Tap 2 kali Untuk Caps Lock

Pengguna iPhone apalagi pengguna baru jika mengetik caps lock ditap shift satu persatu untuk masing - masing huruf. Dan mencoba tap dan tahan tombol shift juga tidak berpengaruh.

Tetapi sebenarnya di iPhone ini kamu tinggal tap dua kali dan caps lock akan langsung aktif. Sehingga apapun yang kamu ketik otomatis ditulis dalam huruf besar.

9. Type To Siri

Biasanya kita malas sekali ngajak ngomong siri. Karena ya malas saja ngomong sama HP sendririan. Jadinya kayak orang jones. Tetapi sebenarnya kamu bisa memperintah siri tanpa menggunakan suara tapi memakai ketikan.

Caranya tinggal buka saja settings, kemudian general, lalu accesibility, tap siri dan aktifkan type to siri. Sekarang kamu bisa buka siri dan tap pakai ketikkan. Tidak usah ngajak ngomong siri.

10. Fitur Lainnya Di Control Center

Sekarang yang terakhir. Di control center sebenarnya masih ada fitur - fitur berguna yang tidak semua pengguna iPhone tahu ada fitur ini. Kamu bisa aja cek di setting, kemudian control center, kemudian customize control. Nah disini kamu bisa melihat beberapa fitur. Ada magnifire, screen recording, scan QR Code, dan masih banyak lagi.

Untuk magnifire ini fungsinya seperti kaca pembesar. Jika misalnya kamu butuh zooming sesuatu yang dadakan, magnifire ini bisa kamu manfaatkan. Dan kamu juga bisa aktifkan fitur - fitur yang lain.


Itu dia tips pilihan 10 fitur rahasia iPhone yang beberapa diantaranya tersembunyi dan tidak diketahui pengguna baru. Bahkan mungkin juga ada pengguna lama yang belum tahu. Tulis aja dikomentar kalau kamu punya tips menarik lainnya.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar