Skip to main content

8 Tips Memilih HP Android Yang Tepat Agar Tidak Menyesal


Banyak orang sekarang kalau milih HP Android cuman ngelihat detail spek dan murahnya harga. Jadi kalau udah murah, speknya tinggi, maka langsung jadi pilihan utama. Tetapi sebenarnya HP bukan cuman sekedar spek.

Dan pada artikel ini saya akan memberikan tips memilih HP yang tepat dengan membeberkan 8 faktor kunci yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk beli.

Tips Memilih HP Android Yang Ingin Dibeli

1. Experience

Faktor penting pertama yang perlu kamu utamakan adalah experience. Experience ini artinya enak gak sih HP waktu dipake. Nyaman apa gak sih. Experience yang baik sebenaranya kombinasi antara spek dan OS yang bagus juga. Jadi percuma spek tinggi kalau stok OSnya berat, maka experiencenya juga gak bakal maksimal. Atau gak enak juga kalau speknya tinggi, stok romnya oke, tapi iklannya banyak banget. Ini juga kurang maksimal.

Daripada memilih berdasarkan spek, mulailah memilih berdasarkan experience penggunaan. Kamu bisa memastikan dengan cara nyoba langsung di offline store atau kamu juga bisa nonton video review. Karena experience secara keseluruhan ini jauh lebih penting daripada sekedar tingginya spek diatas kertas.

Baca : Perbandingan iPhone XS dengan iPhone XS Max

2. Utamakan performa nyata

Faktor penting kedua yang jadi catatan. Untuk segala aspek yang kamu perlukan utamakan performa nyata diatas performa kertas. Maksudnya kalau kamu butuh HP dengan kamera bagus, daripada cuman melihat resolusi megapixel kameranya diatas kertas, lihat gimana kualitas hasil jepretannya.

Atau kalau kamu butuh layar yang lega dan tajam, jangan cuman ngelihat besar resolusinya, lihat bagaimana ketajaman warnanya secara nyata. Nyaman apa tidak dilihat dengan mata.

Disinilah kamu perlu coba unit demonya atau teliti dalam berburu review dari youtube ataupun sumber - sumber lainnya. Ini berlaku juga untuk semua aspek yang kamu perlukan. Performa nyata pastikan selalu lebih diutamakan daripada performa diatas kertas.

3. Dukungan update

Faktor penting ketiga yang wajib kamu pertimbangkan adalah dukungan update dari brand HP tersebut. Jadi kamu bisa lihat reputasi update brand dari seri HP yang mereka rilis sebelumnya. Apakah brand tersebut rutin rilis patch security android. Apakah brand itu terbukti ngasih update versi android terbaru.

Ada banyak berita yang bisa kamu telusuri karena update ini penting banget. Terutama update patch security dan juga perbaikan bug. Pastikan membeli HP dari brand yang punya dukungan update bagus dan responsif.

4. Kapasitas baterai yang mumpuni

HP yang keren, speknya mumpuni, layarnya bening, kadang jadi ngeselin karena baterainya cepet banget habis. Gak enak kemana - mana harus bawa power bank atau saat butuh HPnya untuk hal - hal penting malah posisinya low bat atau bahkan mati. Karena sekeren apapun HPnya gak bakal berguna kalau dalam kondisi mati dan sekenceng apapun HPnya juga bakal jadi lemot kalau dalam kondisi low bat dan batery saver aktif.

Untuk itu, pastikan kamu memilih HP android yang kapasitas baterainya mumpuni untuk aktifitas kamu. Kalau kamu sering aktifitas outdoor, pastikan pilih HP yang kapasitas baterainya besar dan cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Sekarang ada banyak banget pilihan HP android dengan baterai awet. Ada yang 4000mah. Ada juga yang 5000mah. Atau ada juga HP yang kapasitas baterainya standar aja tapi tetep awet karena spek dan layarnya sesuai dengan kapasitas baterainya. Jadi keawetan baterai ini juga penting banget untuk kamu pertimbangkan.

5. Dukungan servis dan garansi

Yang kelima ini juga penting tapi banyak diabaikan yaitu dukungan servis dan garansi. Sejak belanja online menjamur memang HP dan brandnya mudah dibeli dan ditemukan secara online. Tetapi sebenarnya gak semua brand punya jaminan garansi dan service center yang luas di Indonesia. Kalau kamu beli HP baru saya sarankan untuk beli yang resmi masuk ke Indonesia dengan jaminan garansi yang resmi juga.

Memang gak semua unit bermasalah, tetapi kalau kamu pas lagi apes dan dapet unit HP yang bermasalah, setidaknya kamu bisa tukar unit atau dapet servis gratis dari masa garansi.

Luasnya service center juga penting karena ada beberapa brand HP yang service centernya tersebar hampir di semua kota. Tetapi ada juga yang cuman sedikit banget dan hanya ada di kota besar aja. Jadi, itu perlu kamu pertimbangkan juga.

6. Waktu pembelian

Yang keenam ini adalah timing. Pasti kan beli HP bukan di minggu pertama atau di bulan - bulan awal dari perilisannya. Harganya masih mahal - mahalnya. Memang sih rasanya seru ya kalau punya HP gak lama dari awal perilisannya. Tetapi sebenarnya di awal - awal rilis ini highnya masih tinggi banget dengan harga yang juga masih tinggi. Padahal kalau kamu sabar beberapa bulan ke depan maka harganya bisa turun dan selisih jauh.

7. Harga jual second

Faktor penting ketujuh yang perlu kamu perhatikan adalah harga jual secondnya. Jadi kalau beli HP saya sarankan pilih yang harga jual secondnya bagus dan daya belinya tinggi.

Beberapa brand cukup diminati di pasaran dan punya harga second tinggi ini cocok dipilih karena memudahkan banget kalau kamu pengen ganti HP baru atau sekedar pengen tukar tambah di kemudian hari.

8. Hindari gimmick dan pilih sesuai kebutuhan

Faktor penting kedelapan adalah hindari fitur gimmick dan beli HP sesuai kebutuhan. Setiap tahun akan selalu ada HP baru dengan fitur yang baru. Bahkan juga berbagai fitur gimmick yang bikin harga HP lebih mahal.

Kalau kamu jarang dengerin musik lewat speaker HP dan lebih sering dengerin lewat headset, maka gak perlu lah beli HP mahal dengan dual stereo Dolby Audio Speaker. Atau kalau pengen HP untuk sekedar foto - foto dan aktivitas ringan, gak perlu juga beli HP yang kamera belakangnya ada 4 dan sebagainya.

Baca : Honor 10 vs Honor Play, Mana Yang Lebih Bagus?

Jadi intinya lihat dulu kebutuhan kamu apa dan cari HP dengan fitur yang sesuai. Maksimalkan uang yang ada untuk fitur yang dibutuhkan alih - alih menghabiskannya untuk fitur ekstra keren yang sebenarnya malah jarang kamu pake.

Saya ada sedikit tips buat kamu yang hobby beli online supaya kamu bisa merasakan bener - bener experience nya, nyobain performa nyatanya, enak enggaknya, daripada cuman sekedar lihat video review.

Kamu bisa ke mall, offline store, atau official storenya, kemudian nyobain dulu HP mana yang cocok buat kamu. Memastikan oke apa gak. Sesuai apa gak experiencenya. Dan kalau udah ketemu yang cocok, kamu bisa belanja online kalau memang lebih seneng beli secara online.

Ok temen - temen itu dia delapan tips memilih HP android yang tepat beserta faktor - faktor penting yang perlu kamu pertimbangkan sebelum beli. Sampaikan saja dikomentar kalau kamu punya tambahan tips lainnya. Sampai ketemu lagi di artikel menarik lainnya.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar