Skip to main content

Ketahuilah 10 Fitur Rahasia Android Versi Terbaru Yang Gak Banyak Orang Tahu


Selama beberapa tahun belakangan ini, Android telah menempati posisi pertama sebagai sistem operasi untuk perangkat mobile dan mengalahkan iOS, OS besutan perusahaan Apple. Hal ini juga mengindikasikan bahwa lebih banyak pengguna smartphone Android daripada pengguna Iphone di seluruh dunia. Akan tetapi, masih banyak para pengguna smartphone Android yang belum mengetahui fitur dan trik pada Android yang sangat berguna untuk memudahkan pekerjaan kita sehari - hari.

Oleh karena itu, saya disini telah merangkum 10 trik - trik rahasia untuk smartphone Android. Tujuan utama saya disini adalah untuk mengshare trik - trik rahasia Android yang dapat diterapkan pada smartphone Android kalian yang selanjutnya bisa membuat pekerjaan dan aktifitas kalian jadi lebih efisien dan mudah.

Trik Rahasia Android

1. Hand Write Chrome

Untuk trik rahasia Android yang pertama adalah hand write chrome. Trik yang satu ini dapat membuat Android kalian lebih canggih atau lebih keren lagi. Mungkin disaat kalian malas mengetik atau misalkan tangan kalian berminyak, cara ini mungkin cocok kalian gunakan.

Untuk menggunakannya, kalian masuk ke Google Chrome dan ketikkan google.com. Setelah itu kalian scrool kebawah dan tap setelan atau setting. Lalu kalian tap setelan penelusuran atau search setting.

Selanjunya, kalian cari kolom bagian tulisan tangan atau hand write, lalu aktifkan fitur tersebut. Jika sudah, kalian langsung aja scrool kebawah dan tap save atau simpan.


Jadi apapun yang kalian tulis dengan tulisan tangan akan masuk atau terbaca di kolom pencarian Google Chrome. Dan juga membuat smartphone kalian lebih canggih dan lebih keren.

2. Dark Mode

Untuk trik yang kedua yaitu Dark Mode. Salah satu kelebihan menggunakan Dark Mode yaitu menghemat penggunaan baterai android kalian.

Di aplikasi messenger, kita juga bisa mengubah tampilannya menjadi dark mode. Caranya kalian tinggal tap titik 3 pada bagian kanan atas, lalu pilih "aktifkan mode gelap" atau "enable dark mode". Dan secara otomatis tampilan messenger kalian akan menjadi dark mode atau tampilan gelap.

Gak cuman di messenger saja, tapi kalian juga bisa mengaktifkan fitur ini di daftar kontak telepon kalian. Caranya hampir sama yaitu kalian tap titik 3 pada bagian atas, lalu kalian tap opsi tampilan atau display option. Selanjutnya aktifkan dark mode.

Selain messenger dan daftar kontak telepon, kalian juga bisa mengaktifkan fitur ini di semua aplikasi besutan google, seperti youtube, google map, dan aplikasi lainnya.

Untuk di youtube, tab ikon akun kalian, lalu pilih setelan atau setting. Kemudian kalian tap umum dan aktifkan tema gelap atau dark mode nya.


3. Safe Mode

Trik rahasia Android yang ketiga adalah Safe Mode. Mungkin sebagian dari kalian udah tahu ya dengan fitur ini. Tapi saya yakin banget kalau kalian gak tahu fungsi dari fitur ini itu apa. Fungsi utama dari fitur ini yaitu memeriksa android dari beberapa aplikasi yang dimana membuat android kalian itu lelet atau lemot. Selain itu, kalian juga dapat memakai fitur ini untuk memperbaiki android kalian yang sering restart sendiri atau sulit untuk booting.

Baca : Aplikasi Keren Untuk HP Android Yang Sudah Root

Cara untuk mengaktifkannya, kalian tinggal tahan tombol power lalu kalian tap dan tahan "power off" hingga tampilannya seperti ini.


Kalian tap oke dan tunggu android kalian hingga selesai restart untuk masuk kedalam Safe Mode. Dan setelah masuk nanti tampilannya akan seperti ini.


Jadi kalian tidak bisa menggunakan aplikasi hasil yang kalian instal ya, kalian hanya bisa membuka aplikasi bawaan dari smartphone.

Untuk mengembalikannya seperti semula, tinggal restart aja smartphone kalian dan secara otomatis smartphone akan kembali seperti semula.

Mungkin untuk semua jenis android berbeda - beda ya. Kalian tinggal searching aja di google sesuai dengan merek smartphone kalian.

4. Menurunkan Skala Animasi Transisi

Trik yang selanjutnya adalah menurunkan skala animasi transisi. Kalian pasti pernah mengalami disaat android kalian terasa lambat atau lelet baik disaat itu mau buka aplikasi ataupun menjalankan perintah lainnya. Untuk mempercepat kinerja smartphone kalian yaitu dengan cara menurunkan skala animasi transisi.

Caranya kalian masuk ke pengaturan lalu scrool kebawah dan pilih sistem. Jika kalian belum mengaktifkan fitur opsi pengembang, kalian harus mengaktifkan terlebih dahulu opsi tersebut. Caranya kalian tap tentang ponsel, lalu kalian cari nomor bentukan atau build number dan kalian tap sebanyak tujuh kali.

Jika sudah, kembali lagi dan kalian akan melihat opsi pengembang atau developer option. Langsung saja kalian tap lalu kalian scrool kebawah. Setelah itu cari skala animasi transisi. Jika sudah ketemu, turunkan skala animasi transisinya ke 0,5 kali. Dan setelah itu, kinerja smartphone kalian akan jadi lebih cepat dan juga fast.


Jadi setiap kalian membuka dan menjalankan sebuah aplikasi di Android akan terasa lebih cepat dengan menggunakan cara tersebut.

5. Mengganti Ikon Aplikasi

Trik kelima adalah mengganti bentuk ikon aplikasi. Untuk mengubah bentuk ikon aplikasi, tap dan tahan layar smartphone kalian. Setelah itu, pilih setelan layar utama. Pilih ubah bentuk ikon dan kalian tinggal pilih bentuk ikon yang sesuai dengan selera.

Baca : Cara Mengganti Ikon Aplikasi WhatsApp Mod RC Yowa

6. Fast Quick Setting

Trik rahasia android selanjutnya yaitu Fast Quick Setting. Seperti kita ketahui jika kita swipe kebawah sekali statusbarnya, kalian akan melihat panel notifikasi. Dan jika kita swipe kebawah lagi, maka kita akan melihat Quick Setting.

Sebenarnya ada trik lebih cepatnya kok. Kalian cukup menggunakan dua jari, lalu kalian swipe kebawah secara bersamaan. Dan secara otomatis akan langsung diarahkan ke Quick Setting. Kalau kalian klik dua kali status barnya, maka akan diarahkan langsung ke panel notifikasinya.

7. Tombol Power Tutup Telfon

Trik ketujuh yaitu tombol volume dan power. Jika ada telepon masuk di smartphone kalian, misalnya kalian ada di kelas atau di bioskop, tentu kalian harus mematikannya secara cepat. Untuk mematikannya tinggal tap aja tombol power jika ada yang telepon. Dan secara otomatis panggilannya akan dibisukan.

Kalian pergi ke pengaturan lalu tap aksesibilitas. Setelah itu scrool kebawah dan aktifkan tombol daya tutup telepon. Jadi jika ada yang telepon, kalian tinggal tekan aja volume atau power.


8. Fast Copy

Trik selanjutnya adalah fast copy. Multitasking kini lebih canggih dengan memanfaatkan fitur dua layar. Yang dimana kita bisa membuka dua aplikasi secara bersamaan.

Seperti contoh saya membuka browser Chrome dan mengcopy teks yang ingin saya copy. Langsung aja kalian select text yang ingin dicopy, lalu drag atau seret teks tersebut ke tempat yang diinginkan. Dan secara otomatis teksnya sudah terpaste atau tertempel di tempat yang kita inginkan.


Untuk cara ini hanya bisa atau support dengan beberapa aplikasi saja. Kalau ada aplikasi yang gak bisa seperti itu, ya terpaksa kalian harus copy paste secara manual.

9. Mengubah Tampilan Google Widget

Trik selanjutnya adalah mengubah tampilan Google Widget. Untuk mengubah tampilan Google Widget yaitu dengan cara masuk ke aplikasi google, lalu tap lainnya yang ada dibawah kanan. Pilih sesuaikan widget dan ubah tampilan widgetnya sesuai selera kalian. Kalian dapat mengubah logo widgetnya, bentuk widgetnya, warnanya, dan transparansi widget googlenya.


10. Melihat Notifikasi di Aplikasi

Trik yang terakhir adalah melihat notifikasi di aplikasi. Disini kalian dapat melihat notifikasi di setiap aplikasi dengan cara tap dan tahan aplikasinya. Lalu kalian akan melihat notifikasi dari aplikasi tersebut.

Sebagai contoh disini saya menggunakan Google Maps. Kalian dapat menambahkan tempat kerja kalian atau rumah kalian.

Dan juga kalian dapat membuat notifikasi pop up WhatsApp yang bisa kalian coba. Tapi sayangnya hanya beberapa versi Android yang bisa melakukan cara ini.

Baca : Rekomendasi WhatsApp Mod Terbaik dengan Fitur Menarik
Penutup

Oke, sekian artikel ini tentang trik rahasia android. Semoga bermanfaat dan kalian suka. Nah, fitur mana nih yang kalian tahu dan fitur mana juga yang kalian belum tahu. Silahkan kalian komen dibawah.

Terima kasih udah baca artikel ini sampai habis. Dan jangan lupa buat komen kalau kalian udah baca artikel ini sampai habis. Dan artikel apa lagi nih yang bakalan kita buat. Silahkan komen dibawah.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar