Skip to main content

Cara Instal Google Camera dan Camera2 API Redmi Note 5 MIUI 10 Pie


Bagi kalian yang ingin aktifkan camera2 API dan instal Google Camera di Redmi Note 5 MIUI 10 Android Pie, disini saya akan memberikan panduan lengkap yang bisa Anda terapkan pada Redmi Note 5 yang sudah update ke MIUI 10 Pie. Setelah berhasil menginstal Google Camera, Anda bisa mengambil foto dengan kualitas terbaik dengan aplikasi Google Camera yang sudah terinstal di Redmi Note 5 Anda.

Agar bisa aktifkan camera2Api dan instal Google Camera, Redmi Note 5 Anda harus sudah unlock bootloader dan terpasang TWRP. Panduan cara unlock bootloader dan instal TWRP Redmi Note 5 bisa kalian baca pada artikel dibawah.

Baca : Cara Unlock Bootloader HP XIAOMI
Baca : Cara Instal TWRP Redmi Note 5 MIUI 10 Pie

Persiapan

Untuk enable camera2 API sekaligus instal Google Camera, Anda perlu download 3 bahan yaitu HAL3_ENABLE_MIUI_PIE, Google Camera.apk, dan Manual Camera Compatibility.apk.

HAL3_ENABLE_MIUI_PIE berfungsi untuk menginstal dan mengaktifkan camera2 API agar Anda bisa menggunakan semua fitur yang ada di Google Camera.

Google Camera.apk untuk Redmi Note 5 memiliki banyak versi. Jika Anda bingung harus download versi yang mana, jangan kuatir karena saya sediakan salah satu link download Google Camera yang tidak begitu ribet harus setting - setting dulu sebelum digunakan. Linknya ada dibawah. Tapi kalau Anda tidak suka, silahkan bisa cari dan download sendiri.

Untuk Manual Camera Compatibility.apk ini opsional ya. Terserah Anda mau download atau tidak. Fungsinya hanya untuk mengetahui apakah camera2 API sudah terinstal dan aktif di Redmi Note 5 atau belum.

Jika semua bahan - bahan yang diperlukan sudah didownload, mari kita lanjut ke Cara Instal Google Camera dan Camera2 API Redmi Note 5 MIUI 10 Pie.

Cara Instal Google Camera dan Camera2 API Redmi Note 5

Step 1 : Matikan HP Anda. Tekan tombol power dan volume up bersamaan. Tahan sampai muncul logo MI baru dilepas.

Step 2 : Pilih menu Instal terus cari file "HAL3_ENABLE_MIUI_PIE". Klik file tersebut kemudian swipe ke kanan untuk instal. Setelah proses instalasi selesai, pilih Reboot System.

Step 3 : Instal dan Buka aplikasi Manual Camera Compatibility, pilih Start. Jika tampilannya seperti gambar dibawah berarti instal camera2 APInya berhasil.


Step 4 : Instal Google Camera APK. Cek semua fiturnya. Apakah semua fiturnya dapat berjalan dengan baik atau tidak.
Step 5 : Nikmati berfoto dengan Redmi Note 5 Anda menggunakan aplikasi Google Camera.

Penutup

Itulah panduan singkat yang bisa saya berikan tentang cara instal Google Camera dan Camera2 API Redmi Note 5 MIUI 10 Pie. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar panduan diatas atau mengalami beberapa masalah selama proses instalasi, silahkan tinggalkan komentar dibawah. Saya akan sesegera mungkin membantu Anda menyelesaikannya. Terima kasih.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar