Skip to main content

Cara Instal TWRP Redmi Note 5 MIUI 10 Pie


Kali ini saya akan share cara instal TWRP pada Redmi Note 5 khususnya yang sudah upgrade ke MIUI 10 Android Pie atau Android 9. Caranya kurang lebih sama ketika menginstal TWRP pada Redmi Note 5 Android Oreo, cuma ada perintah yang berbeda.

Mungkin ada beberapa diantara kalian pengguna Redmi Note 5 yang sudah update ke MIUI 10 Android Pie tapi belum pernah sama sekali instal TWRP dan ingin menginstal TWRP di Redmi Note 5 nya. Atau mungkin yang sudah pernah instal TWRP sebelumnya, terus setelah diupdate ke Android Pie TWRPnya hilang, atau Anda ingin instal ulang TWRP tapi mengalami kesulitan. Mungkin ini adalah caranya.

Persiapan Sebelum Instal TWRP

1. Harus sudah Unlock Bootloader

Sebelum kita masuk ke cara instal TWRP Redmi Note 5, pasti sudah tahu kalau mau instal TWRP wajib unlock bootloader. Untuk cek bootloader Redmi Note 5 Anda sudah unlock atau belum caranya mudah sekali. Silahkan masuk ke Additional Setting, pilih Developer Option. Kalau belum ada menu Developer Option, Anda masuk ke setting, about phone. Tap beberapa kali pada MIUI version untuk mengaktifkan developer option. Balik lagi ke setting, masuk ke additional settings. Scrool kebawah dan ada developer option.

Jika Redmi Note 5 Anda sudah unlock bootloader maka akan ada simbol gembok yang sudah terbuka. Namun, jika Anda belum unlock bootloader, silahkan Anda unlock dulu bootloadernya. Caranya gimana? Anda bisa baca artikel saya yang berjudul Cara Unlock Bootloader Pada Xiaomi, atau bisa cari tutorialnya di Youtube.

Bagi Anda yang Redmi Note 5-nya sudah unlock bootloader, silahkan aktifkan USB Debugging.

2. Siapkan PC dan Kabel USB Ori

Untuk menginstal TWRP Redmi Note 5 ini kita membutuhkan sebuah PC besarta kabel USB Redmi Note 5 yang masih ori. Pastikan kabel USB yang Anda gunakan masih dalam kondisi baik dan mampu terkoneksi dengan baik. Untuk PC saya rekomendasikan menggunakan sistem operasi Windows 7 keatas.

3. Download semua bahan

Bahan yang diperlukan ada 3, yaitu ADB Fastboot Tool, TWRP, dan lazyflasher. Untuk TWRP-nya disini saya pakai yang OrangeFox Recovery versi terbaru yang sudah mendukung Android Pie. Alasan saya menggunakan TWRP ini karena OrangeFox Recovery tidak perlu memformat data dan internal storage.

Silahkan Anda download dulu semua bahannya pada link yang sudah saya sediakan dibawah ini.

Sebelum kita lanjut ke cara instal TWRP pada Redmi Note 5-nya, saya tegaskan bahwa saya tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan pada HP Anda. Semua masalah yang timbul adalah tanggung jawab Anda sendiri. Do With Your Own Risk.

Setelah semuanya siap, yuk kita lanjut ke Cara Instal TWRP Redmi Note 5 MIUI 10 Android Pie.

Cara Instal TWRP Redmi Note 5

Langkah 1 : Hubungkan Redmi Note 5 ke PC. Colokkan kabel USB ke PC dan sambungkan Redmi Note 5 Anda. Pilih mode File Transfer. Salin file ADB Fastboot Tool dan TWRP OrangeFox ke PC (jika Anda mendownload semua bahannya menggunakan HP).

Langkah 2 : Ekstrak file ADB Fastboot Tool dan TWRP OrangeFox. Didalam folder OrangeFox ada sebuah file bernama recovery.img. Pindahkan recovery.img kedalam folder ADB Fastboot Tool yang tadi sudah diekstrak. Selanjutnya salin folder OrangeFox Recovery yang sudah diekstrak dan taruh ke penyimpanan internal atau eksternal Redmi Note 5 Anda. Saran saya taruh di penyimpanan eksternal saja.

Langkah 3 : Buka Folder ADB Fastboot Tool. Klik dua kali pada file "Open" maka jendela cmd akan terbuka.


Ketikkan adb devices, kemudian Enter. Lihat di HP akan muncul warning seperti gambar dibawah, pilih oke.


Langkah 4 : Ketikkan sekali lagi adb devices, kemudian enter.

Langkah 5 : Ketik perintah adb reboot bootloader, kemudian Enter. Maka HP akan masuk ke fastboot mode. Jika setelah mengetikkan perintah tersebut tapi belum masuk fastboot mode, Anda manual saja masuk ke fastboot modenya dengan cara matikan HP dulu. Kemudian setelah mati tekan volume bawah dan tombol power secara bersamaan sampai masuk ke mode fastboot.

Langkah 6 : Ketikkan fastboot devices, kemudian enter. Pastikan id devicenya terbaca.

Langkah 7 : Ketikkan fastboot flash recovery recovery.img, tekan enter.

Langkah 8 : Sekarang tinggalkan dulu PCnya. Fokus ke HPnya dulu yang masih terhubung ke PC. Anda masuk ke TWRP yang sudah di flash tadi dengan cara menekan volume atas dan tombol power secara bersamaan sampai muncul logo MI baru dilepas. Kalau sudah masuk ke menu recovery, kita lepas saja sambungan USBnya.

Langkah 9 : Ketika sudah masuk di menu recovery, pilih menu instal. Cari file lazyflasher yang sudah didownload sebelumnya, tap pada file tersebut. Selanjutnya swipe anak panah ke kanan untuk menginstal. Tunggu proses instalasi selesai, lalu pilih Reboot System.

Mungkin beberapa pengguna ada yang bilang tidak perlu lazyflasher. Tapi bisa Anda coba sendiri. Anda instal TWRPnya kemudian langsung reboot system. Kemudian Anda balik lagi ke TWRP, bisa apa tidak. Kalau bisa berarti tidak perlu instal lazyflasher. Tapi misalkan Anda balik ke TWRP ternyata balik lagi ke Mi Recovery berarti setelah instal TWRP wajib instal lazyflasher.

Sekian dulu tutorial dari saya untuk instal TWRP atau Custom Recovery Redmi Note 5 MIUI 10 Android Pie yang terbaru. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah membaca artikel ini dari awal sampai akhir. Sampai jumpa lagi di artikel yang selanjutnya.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar