Skip to main content

Tips Memaksimalkan Kamera HP Agar Foto Makin Keren


Tips Memaksimalkan Kamera HP Agar Foto Makin Keren - Saya tahu temen - temen jika foto menggunakan hp pasti tidak ada pengaturan manualnya. Kalaupun ada pasti tidak selengkap yang ada di kamera yaitu kita bisa mengatur ISO, shutter speed, dan aperture. Tapi HP tidak bisa. Jadi di artikel ini kita akan memaksimalkan hasil foto dari HP supaya setidaknya bisa menyamai atau bahkan melebihi hasil yang ada pada kamera.

Ada 10 aspek yang membuat suatu foto tampak keren. Aspek - aspek tersebut yaitu Angle, Detail, Emosi, Estetika Objek, Komposisi, Momen, Pencahayaan, Warna, Adanya cerita, dan Keunikan. Semua aspek - aspek tersebut sangat rumit untuk dijelaskan lebih dalam jika dibahas dalam satu artikel saja. Oleh karena itu, saya akan membagi aspek - aspek tersebut menjadi beberapa tips yang simpel dan mudah untuk kalian pahami. Tips tersebut akan relatif sangat bagus jika Anda bisa menerapkannya pada kamera HP Anda dengan tepat. Berikut beberapa tips sederhana untuk memaksimalkan kamera HP agar foto makin keren.

Baca : Inilah 3 Smartphone dengan Kualitas Kamera Terbaik Saat Ini

5 Tips Memaksimalkan Kamera HP

1. Lighting

Yang pertama adalah Lighting atau Pencahayaan. Pastikan objek foto yang Anda ambil lebih terang daripada backgroundnya. Karena kalau backgroundnya lebih terang terus siapa yang mau dilihat. Saran saya Anda memastikan agar objek diterangi cahaya dalam keadaan 45 derajat dari atas. Dan pastikan cahaya tersebut menerangi objek yang ada. Cahaya alam terbaik biasanya ada saat matahari baru terbit dan sebelum terbenam.

2. Komposisi

Pelajaran komposisi sangat banyak dan gak cukup hanya satu artikel ini. Tapi alangkah baiknya kalau kita mengerti apa yang dimaksud dengan Rule of Third dan Leading Line. Dimana dalam konposisi ini kita membagi beberapa bagian - bagian yang ada pada suatu foto menjadi beberapa garis dan meletakkan objek foto tersebut dalam satu garis tertentu.

Untuk memunculkan garis sebelum kita memfoto ada di pengaturan HP yang biasanya diberi nama Gridline. Tinggal aktifkan saja Gridline tersebut. Dengan mempelajari komposisi setidaknya kita telah memiliki dasar bahwa apa yang sebenarnya orang - orang relatif suka terhadap foto kita. Selain itu kita juga bisa membuat fotonya itu menjadi lebih rata secara horizontal ataupun vertikal. Pokoknya banyak kelebihan kalau kita mempelajari komposisi.


3. Angle Foto

Biasa disebut dengan istilah kemiringan foto. Angel foto terbagi menjadi 3 yaitu High Angel, Medium Angel, dan Low Angel.

High Angle

High Angel atau Angel tinggi digunakan untuk membuat foto seseorang terkesan menjadi non-dominan atau terlihat menjadi lebih lemah. Agar Anda lebih paham tentang High Angel ini, silahkan lihat beberapa foto dibawah yang menerapkan teknik pengambilan foto dengan teknik High Angel.


Low Angle

Untuk Low Angel merupakan kebalikan dari High Angel. Jika High Angel tadi membuat objek tampak non-dominan, maka Low Angel membuat objek foto menjadi terlihat dominan pada foto tersebut. Foto yang menggunakan teknik Low Angel saat pemotretannya misalnya foto presiden, motivator, atau juga foto orang - orang penting. Terkesan ada wibawanya.


Medium Angle

Terakhir Medium Angle dimana kita membuat objek menjadi datar dengan kamera saat kita memfotonya. Dari segi dominan atau tidaknya ini netral. Untuk HP dan beberapa banyak kasus, sangat disarankan untuk foto menggunakan Low Angle atau Medium Angle.


4. Fokus Foto

Perlu kita ingat untuk memotret makhluk hidup apabila dari depan maka kita harus memastikan fokus objeknya itu ke mata. Satu lagi kalau ingin memfokuskan fotonya saya sangat sarankan agar tukang fotonya jangan malas untuk maju dan mendekati si objek apabila memang diperlukan. Jangan terlalu mengandalkan fitur zoom pada kamera HP. Kenapa? Karena zoom dimiliki oleh HP kebanyakan berjenis digital zoom.


Jadi dalam arti lain zoomnya itu bukan untuk mendekatkan gambarnya melainkan hanya dengan mengcrop gambar yang sedang kita lihat dalam HP tersebut. Jadi percuma saja, makin dizoom makin ngeblur.

5. Edit fotonya

Ingat ini, foto yang pertama kali keluar dari hasil kamera apalagi kamera HP biasanya sangat pucat. Apa yang sebenarnya kita lihat segar disini sebenarnya adalah foto yang sangat pucat diawal dan sangat jauh dari keadaan aslinya. Maka dari itu cukup untuk mempelajari edit paling dasar seperti edit filter manual untuk membuat tampilan fotonya itu menjadi lebih segar. Kalau malas ngedit tinggal download aja aplikasinya di HP. Banyak sekali aplikasi buat edit foto yang bisa menyegarkan warna.



Baca : 5 Trik Kamera Android yang Sering Lupa Kamu Gunakan

Sebagai pengingat bahwa dalam hal fotografi untuk membuat suatu foto menjadi terlihat lebih bagus maka itu bukan tentang soal kamera apa yang kita pakai. Tapi tentang siapa yang berada dibelakang kamera tersebut.

Kualitas foto yang dihasilkan dari kamera dan HP bisa hampir sama jika orang yang mengambil foto dengan kedua alat tersebut mempunyai skill dan kemampuan yang hebat. Oleh karena itu, saya berharap agar Anda jangan pernah berpikiran seperti ini, "Wah itu fotonya sangat bagus, pasti kameranya mahal". Atau, "Wah itu videonya mantap, pasti harga kameranya mahal banget".

Memang sih dengan kamera mahal kita dapat menghasilkan foto yang lebih jernih, lebih detail, dan lebih meningkatkan kepuasan diri kita sendiri. Tapi pada dasarnya apabila kita sama sekali tidak mengerti bagaimana cara menggunakan alat tersebut ya hasilnya biasa saja. Mau seberapa mahal sekalipun kamera yang kalian punya kalau kalian tidak mempunyai skill dan tidak mengerti bagaimana cara menggunakan, saya pastikan hasil foto kalian biasa - biasa saja.

Maka, kalian harus pelajari dulu mulai dari hal mendasar dan gunakanlah apa yang memang bisa kita kontrol karena memang itulah yang kita miliki.

Mungkin itu saja tips yang bisa saya berikan kepada kalian. Meskipun hanya 5 tips saja, tetapi jika kalian mampu menerapkannya pasti hasil foto kalian akan bagus walaupun hanya menggunakan kamera HP. Terima kasih telah membaca artikel saya yang berjudul Tips Memaksimalkan Kamera HP Agar Foto Makin Keren ini. Semoga bermanfaat. Jika berkenan silahkan bagika artikel ini ke teman - temen sosmed Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar