Skip to main content

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Laptop dan Komputer


Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Laptop dan Komputer Windows - Banyak sekali jenis media penyimpanan file, mulai dari harddisk yang sering kita gunakan pada komputer atau laptop. Ada juga flashdisk yang memiliki ukuran lebih kecil dan mudah dibawa kemana saja. Jadi flashdisk ini adalah media penyimpanan paling mudah digunakan untuk menyimpan file. Cara menggunakannyapun sangat mudah. Kita hanya perlu mencolokkan flashdisk ke laptop atau komputer, lalu kita bisa menyimpan file - file kedalam flashdisk.

Namun, perlu kita ketahui terkadang flashdisk ataupun harddisk juga bisa mengalami masalah atau error. Salah satu masalah yang sering dijumpai yaitu ketika flashdisk tidak terbaca pada menu My Computer di laptop ataupun komputer padahal kita sudah mencolokkanya dengan benar. Akibatnya flashdisk tersebut tidak bisa digunakan untuk menyimpan file.

Masalah ini bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal, seperti flashdisk yang terkunci atau locked, terserang virus, atau terjadi masalah pada sistem operasi di laptop atau komputer. Akan tetapi, Anda tidak perlu bingung, khawatir, bahkan takut ketika flashdisk Anda tidak terbaca di Laptop dan komputer. Anda bisa mencoba menerapkan panduan dalam artikel ini untuk mengatasi masalah tersebut.

Inilah cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca di laptop dan komputer. Semoga dengan menerapkan cara ini, flashdisk Anda bisa kembali seperti semula dan mampu digunakan untuk menyimpan file lagi.

Cara ini hanya bisa digunakan pada laptop atau komputer yang menggunakan Sistem Operasi Windows. Semua versi windows bisa menggunakan cara ini untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca.

Baca : 7 Kebiasaan Yang Berdampak buruk bagi laptop

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Langkah 1 : Colokkan flashdisk Anda ke laptop atau komputer. Flashdisk yang tidak terbaca akan tidak muncul di menu My Computer seperti gambar dibawah.


Langkah 2 : Masuk ke Disk Management. Ada 2 cara untuk masuk ke Disk Management. Cara pertama, buka menu Windows atau Start. Ketikkan di kotak pencarian, "Computer Management". Klik pada hasil pencarian "Computer Management", lalu masuk ke opsi Disk Management.


Cara kedua, masuk ke Control panel>Administrative Tool>Computer Management>Disk Management. Tampilan Disk Management seperti gambar dibawah.


Langkah 3 : Di Disk Management, Anda bisa melihat flashdisk Anda yang tidak terbaca. Untuk membetulkannya, klik kanan pada flashdisk tersebut, pilih Change Disk Letter and Patchs, lalu klik Add. Pilih abjad apa saja. Saya contohkan memilih abjad "X", lalu klik OK.





Untuk mengecek apakah sudah berhasil, sekarang buka file manager, masuk ke My Computer. Anda bisa lihat gambar dibawah. Flashdisk yang sebelumnya tidak terbaca sekarang sudah muncul di My Computer dan bisa kita gunakan kembali.


Baca : Kumpulan Software Desain dan Editing

Demikian panduan yang saya berikan kepada Anda tentang bagaimana caranya memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca di laptop dan komputer. Semoga cara ini dapat membantu menyelesaikan masalah pada flashdisk Anda. Jangan lupa untuk mengshare artikel ini jika dirasa bermanfaat. Bila ada pertanyaan atau ada yang masih bingung, jangan sungkan untuk berkomentar di kolom komen yang saya sediakan. Terima kasih.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar