Skip to main content

6 Tips Mengecas HP dengan Benar Agar Baterai HP Awet


6 Tips Mengecas HP Dengan Benar Agar Baterai HP Awet - Smartphone saat ini telah menjadi peringkat pertama sebagai perangkat elektronik yang berhasil mengalahkan laptop. Smartphone menjadi kebutuhan wajib yang harus dipenuhi oleh masyarakat di era modern ini. Penggunaan smartphone sehari - hari untuk melakukan aktifitas seperti bermain sosmed, game, berselancar diinternet, video call, foto - foto, dan lain - lain akan menguras daya baterai hp dan harus segera dicas agar bisa kita gunakan kembali. Akan tetapi, masih banyak orang yang kurang mengerti untuk menjaga performa baterai hp dan mencas-nya asal - asalan. Berikut ini akan dijelaskan kiat dan trik untuk mengecas hp dengan benar agar baterai awet dan performanya optimal.

Banyak sekali orang - orang dan website lain yang memberikan nasihat tentang cara menjaga hp tetap aman ketika dicas, seberapa lama seharusnya Anda harus mengecas hp, dan masih banyak lagi. Saya tidak mengatakan mereka salah, tapi terkadang informasi yang mereka berikan membingungkan bagi kita, apakah itu benar atau salah. Oleh karena itu, saya telah menulis 6 hal paling penting untuk Anda ingat ketika Anda sedang mengecas hp Anda, baik itu IOS, maupun Android.

Baca : Tips Untuk Memilih HP Android Yang Tepat

Cara Mengecas HP Dengan Benar

Ada banyak hal yang perlu Anda ingat ketika sedang ngecas hp, tapi disini saya hanya ingin Anda mengingat 6 hal saja karena dengan menerapakan 6 hal ini bisa membuat hp aman ketika dicas.

1. Charger Original

Smartphone telah disediakan charger standar disetiap pembelian satu unitnya. Selalu gunakan charger tersebut ketika mengisi baterai smartphone. Jangan beli charger lain atau pinjam charger dari teman Anda. Meskipun merek smartphone Anda dan teman Anda sama, saya sarankan agar mengisi baterai smartphone Anda dengan charger original ketimbang charger lain.

Jika kalian terpaksa membeli charger baru karena charger yang original hilang atau rusak, saya sarankan agar Anda selalu mengecek tegangan output dan arus ampere-nya. Sesuaikan dengan tegangan output dan arus ampere pada smartphone.

2. Casing pelindung

Pengguna smartphone sering menggunakan casing pelindung untuk berbagai alasan.
Di tengah tren penggunaan casing, casing bertindak sebagai penghalang panas untuk perangkat smartphone, dan oleh karena itu smartphone menjadi panas saat dicas. Sangat dianjurkan untuk melepas casing jika smartphone menjadi panas ketika dicas.

3. Mengecas Semalaman

Kita sering berpikir bahwa kita bisa mengecas hp sepanjang malam ketika kita tidur agar pengisian dayanya tidak terganggu, sehingga baterai smartphone cepat terisi. Hal ini 100% salah dan berbahaya. Untuk terhindar dari overheating (panas berlebih), hindari mengecas hp sepanjang malam. Mengecas hp sepanjang malam akan berdampak pada performa dan daya tahan baterai berkurang.

4. Aplikasi Baterai Pihak Ketiga

Kita sering menginstal aplikasi baterai seperti aplikasi manajemen dan power baterai yang diklaim mampu meningkatkan masa pakai baterai pada smartphone. Aplikasi seperti ini banyak ditemukan di Play Store dan Apps Store. Aplikasi - aplikasi tersebut tidak baik untuk kesehatan smartphone Anda dan hanya akan merusak smartphone juga baterai.

Karena aplikasi pihak ketiga itu, smartphone dipaksa untuk menjalankan beban tambahan dan oleh karena itu pemasangan aplikasi manajemen baterai tidak akan berjalan baik tetapi akan mengeksploitasi smartphone.

Baca : Fitur- Fitur Rahasia Iphone

5. Cas hp diatas 80%

Kita selalu disarankan oleh pengguna hp lain atau penjualnya agar mengecas hp harus sampai 100%. Kita tidak tahu apakah itu benar, tapi kita telah mengamati bahwa smartphone bekerja dengan baik selama 7 sampai 8 jam, baik itu dalam kondisi baterai full 100% atau 80%. Oleh karena itu, lebih baik kita mengecas hp sampai 80% atau lebih sedikit daripada full 100% untuk menghindari overheating dan menjaga performa baterai secara optimal.

6. Mengecas berulang

Salah satu kebiasaan dan kesalahan terbesar yang kita lakukan ketika mengecas hp padahal baterainya masih 70%. Jangan lakukan hal itu. Mengecas hp sebaiknya ketika baterai tinggal 20% kebawah. Jika tidak, maka performa baterai akan cepat berkurang dalam waktu singkat. Jika Anda membiarkan smartphone mengisi daya sepanjang waktu, kemungkinan Anda akan merasakan masa pakai baterai yang pendek.

Penutup

Dari semua tips mengecas hp dengan benar dan menjaga performa baterai smartphone diatas sebenarnya tidaklah sulit. Keenam tips diatas akan membantu Anda meningkatkan masa pakai baterai dan jika Anda sudah terbiasa melakukan tips - tips diatas akan membuat hp Anda aman untuk jangka waktu yang lebih lama.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar