Skip to main content

Apa Itu NPSN dan Bagaimana cara Mengetahui NPSN Setiap Sekolah?


Bagi kamu yang ingin mendaftar akun LTMPT untuk seleksi masuk Perguruan Tinggi, baik lewat jalur SNMPTN maupun SBMPTN pasti diharuskan untuk memasukkan NPSN kan? Mungkin kamu masih bingung, apa sih NPSN itu dan bagaimana caranya agar kita tahu NPSN sekolah. Kamu jangan khawatir. Semua pertanyaan kamu akan terjawab jika kamu membaca artikel ini.

Apa Itu NPSN?

Yang pertama saya akan bahas dulu apa itu NPSN. NPSN merupakan singkatan dari Nomor Pokok Sekolah Nasional. Pada dasarnya NPSN adalah sederet nomor sebanyak 8 digit yang berisi informasi dari setiap instansi pendikan di Indonesia. Dulu kamu pernah dengan yang namanya NIS, kan? Sekarang NIS sudah tidak ada lagi dan diganti dengan NPSN ini.

NPSN digunakan untuk memperoleh informasi lebih mendalam mengenai sekolah kamu. Jadi ketika kamu registrasi akun LTMP, kamu hanya perlu memasukkan NPSN saja dan tidak usah memberikan atau menulis informasi lengkap tentang sekolahmu. Sistem akan otomatis mencari informasi sekolah sesuai dengan NPSN yang kamu masukkan.

Pada saat kamu memasukkan NPSN jangan sampai salah ya. Karena bisa - bisa kamu terdaftar sebagai siswa dari sekolah lain yang bukan sekolahmu. Jadi pastikan bahwa nomor NPSN yang kamu masukkan adalah benar dan sesuai dengan NPSN sekolahmu.

Sekarang kamu sudah paham tentang NPSN. Selanjutnya saya akan jelaskan caranya mengetahui NPSN sekolah. Yuk simak tutorial dibawah.

Cara Mengetahui NPSN sekolah

  1. Buka situs https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php dengan browser di HP kamu.
  2. Ketikkan nama sekolah kamu di kolom Pencarian. Contoh : SMAN 1 KUDUS. Maka akan muncul hasil pencarian yang dilengkapi dengan NPSN. Kamu bisa klik hasil pencarian tersebut untuk tahu informasi selengkapnya.

Jika cara diatas tidak berhasil, masih ada cara lain. Caranya seperti ini.

Pada tampilan awal, kamu pilih Provinsi sekolah kamu. Kemudian cari dan klik kabupaten sekolah kamu, lalu pilih kecamatan. Maka akan tampil daftar nama sekolah yang ada di kecamatan kamu.


Agar lebih mudah menemukan nama sekolahmu, pada opsi Berdasarkan Jenis Pendidikan, pilih sesuai jenjang pendidikan kamu. Saya contohkan SMA. Maka akan muncul nama - nama SMA se-kecamatan. Kamu tinggal temukan nama sekolah kamu dan lihat NPSN-nya.


Sebagai pelengkap untuk registrasi dan pendaftaran LTMPT, maka kamu juga harus tahu NISN kamu. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel saya sebelumnya yang berjudul cara mengetahui NISN. Di artikel tersebut sudah saya jelaskan lengkap tentang cara mencari dan mengetahui NISN secara online

Setelah membaca uraian yang saya paparkan diatas apakah kamu sekarang sudah tahu apa NPSN dan bagaimana cara mengetahuinya bukan? Kalau berkenan silahkan kamu share artikel ini ke teman - teman sekolahmu agar mereka juga tahu. Apabila ada pertanyaan tulis saja di kolom komentar. Secepatnya akan saya jawab. Terima kasih.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar