Skip to main content

Cara Membuka WhatsApp Yang Terkunci Fingerprint


Di dalam Aplikasi WhatsApp terdapat sebuah fitur keamanan penting yang sering kita gunakan. Yaitu mengunci aplikasi WhatsApp dengan sensor fingerprint atau sidik jari agar orang lain yang meminjam HP kita tidak bisa membuka chat WhatsApp.

Setelah kita mengaktifkan penguncian menggunakan fingerprint ini terkadang timbul masalah lain. Masalah ini timbul jika HP kamu mengalami eror pada sensor fingerprint. Hal inilah yang menyebabkan aplikasi WhatsApp tidak bisa dibuka karena terkunci fingerprint.

Jika mengalami hal ini, maka ada 3 cara ampuh untuk membuka WhatsApp yang terkunci fingerprint tanpa harus melewati scan sidik jari.

Baca : Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri

Cara Membuka WhatsApp yang Terkunci Fingerprint

1. Hapus Pola Sidik Jari di Setelan

Cara pertama untuk membuka WhatsApp tanpa harus menggunakan sidik jari yaitu dengan menghapus pola sidik jari yang tersimpan di HP. Caranya sangat mudah tentunya. Kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan. Scrool kebawah dan pilih Keamanan. Kemudian pilih Sidik Jari.

Berikutnya masukkan pola yang tersimpan di HP. Setelah itu kamu bisa menghapus sidik jari yang tersimpan di HP dengan menekan ikon tong sampah.


Nah, sekarang untuk WhatsApp bisa dibuka tanpa harus melewati scan sidik jari.

2. Hapus Data Aplikasi WhatsApp

Cara kedua ini dilakukan jika kamu tidak ingin menghapus pola sidik jari yang tersimpan di HP seperti cara pertama tadi. Untuk cara kedua sangat gampang. Kamu tinggal masuk menu Pengaturan dan melakukan Hapus Data dari Aplikasi WhatsApp.

Setelah masuk Pengaturan, pilih Aplikasi. Berikutnya pilih lagi WhatsApp, lalu pilih Penyimpanan. Kemudian pilih Hapus Penyimpanan atau Hapus Data.


Catatan : Ada sedikit resiko untuk chat WhatsApp yang tersimpan di HP bisa hilang dan terhapus permanen. Namun biasanya chat WhatsApp terbackup secara otomatis di HP. Kita tinggal restore atau memulihkan chat saat log in ke Aplikasi WhatsApp

Sekarang kamu masuk ke aplikasi WhatsApp dan log in seperti biasa menggunakan nomor telepon yang biasa digunakan. Setelah log in akan ada data yang bisa kita pulihkan. Kemungkinannya besar untuk data tidak hilang. Jadi jangan khawatir. Untuk memulihkan data WhatsApp, pilih Pulihkan. Berikutnya masukkan nama.


Jika sudah maka kamu bisa lihat data chat WhatsApp tidak terhapus dan WhatsApp bisa dibuka tanpa harus melewati pengamanan dengan sidik jari.

3. Hapus dan Instal Lagi WhatsApp

Cara yang terakhir kalau misalnya WhatsApp kamu terkunci karena fingerprint kemudian tidak bisa membukanya lagi, cara terakhir yaitu instal ulang aplikasi WhatsApp. Cara ini dilakukan kalau kamu ternyata tidak bisa masuk ke menu Pengaturan karena diproteksi dengan penguncian, maka kamu harus melakukan uninstal atau hapus WhatsApp di aplikasi Play Store. Setelah Uninstal nanti kamu download lagi WhatsApp dan lakukan log in seperti biasa.

Perlu diingat bahwa semua cara membuka WhatsApp terkunci fingerprint yang saya bagikan ini aman untuk kamu coba. Cara - cara diatas tidak menyebabkan akun WhatsApp kamu terbanned atau mengalami error. Namun, jangan kamu salah gunakan untuk membuka WhatsApp orang lain ya.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar