Skip to main content

Cara Mengetahui NISN Siswa SD, SMP, dan SMA

NISN atau kepanjangan dari Nomor Induk Siswa Nasional adalah sederet nomor unik yang dimiliki oleh setiap pelajar di Indonesia yang terdaftar di Kemendikbud. NISN bersifat unik karena satu nomor NISN hanya diperuntukkan oleh satu siswa saja. Mustahil jika ada siswa yang memiliki nomor NISN sama.

NISN sangat penting bagi siswa. NISN sering digunakan pada saat penerimaan peserta didik baru, pendaftaran beasiswa, membuat akun LTMPT untuk SNMPTN dan SBMPTN, dan masih banyak lagi. Itu artinya NISN berperan penting dan sangat dibutuhkan bagi kamu yang mengenyam pendidikan di Indonesia.

Baca : Cara Mencari dan Mengetahui NPSN Sekolah

Bagi kamu para pelajar yang lagi cari nomor NISN, kamu bisa tanya langsung dengan pihak sekolah atau melihat ijasah kamu. Selain itu, kamu juga bisa mencari nomor NISN kamu secara online. Gimana caranya? Yuk simak penjelasan dibawah.

Cara Mengetahui NISN Siswa SD, SMP, dan SMA

Pertama kamu buka dulu situs https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama. Untuk mulai mencari NISN, kamu pilih menu Pencarian Berdasarkan Nama. Kamu akan diminta untuk mengisikan data yang terdiri dari :

  1. Nama
  2. Kamu harus tulis nama lengkap kamu dan harus sesuai dengan yang tercetak di Akta kelahiran atau ijazah.

  3. Tempat dan Tanggal lahir
  4. Isikan kota tempat kamu lahir dan diikuti dengan tanggal lahir. Format penulisan tanggal lahir adalah DD/MM/YYYY. Contoh : 15/10/2001.

  5. Nama Ibu
  6. Isi nama lengkap ibu kamu.

Pastikan semua data yang kamu isikan valid dan benar. Bila sudah yakin pilih Cari. Setelah itu, akan muncul tampilan baru yang berisi nomor NISN dan data lainnya seperti Nama, Jenis Kelamin, Tempat dan Tanggal lahir.

Namun, bila NISN dan data kamu tidak muncul atau ada tulisan No Records To Display, berarti ada kesalahan dalam penulisan nama, tempat tanggal lahir, atau nama ibu kandung. Untuk mengatasinya kamu hanya perlu merefresh website tersebut dan isikan data mulai dari awal.

Itulah cara mengetahui NISN Siswa mulai dari SD sampai SMA yang perlu kamu ketahui. Pastikan semua data yang kamu masukkan benar. Jika sudah melakukan cara diatas dan NISN kamu masih belum muncul, sebaiknya kamu segera menghubungi pihak sekolah. Semoga penjelasan yang saya berikan diatas bermanfaat. Terima kasih.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar