Skip to main content

Inilah 5 Software Pemutar Video Terbaik Untuk Semua PC dan Laptop


Ada banyak sekali software pemutar video (video player) untuk PC di internet. Untuk memilih satu software pemutar video terbaik dari sekian banyaknya yang cocok untuk PC dan kebutuhan Anda sangatlah sulit. Ditambah semakin banyak muncul format video baru seperti MKV, FLV, AVI, MP4, MOV, dan lain - lain yang belum tentu dapat dijalankan oleh semua software pemutar video.

Oleh sebab itu banyak muncul pertanyaan, "Apa sih software untuk memutar video paling bagus yang cocok untuk PC saya?" Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya sudah menyiapkan daftar software pemutar video terbaik yang dapat Anda instal di PC baik menggunakan OS Windows ataupun MAC.

Baca : Software desain Terbaik

Software yang akan diulas saya ambil berdasarkan keunggulan dari berbagai kategori. Kategorinya mulai dari video player dengan fitur streaming terbaik. Kemudian experience terbaik. Cross platform terbaik sampai video player yang paling ringan dan paling komplit. Ingin tahu Video player apa saja itu? mari simak ulasannya berikut ini.

5 Video Player Terbaik Untuk PC

1. 5K Player

Software pemutar video untuk PC yang pertama ini memiliki fitur streaming terbaik yaitu 5K Player. Saya pilih 5K player karena mudah built-in dengan DLNA (Digital Living Network Alliance) dan AirPlay support. Fitur ini memudahkan streaming video yang dimainkan di software ini ke perangkat lain secara wireless selama perangkat tersebut support DLNA ataupun AirPlay. Video yang diputar di laptop bisa langsung streaming ke SmartTV atau sebaliknya, video yang dimainkan di HP bisa ditampilkan pada laptop oleh 5K Player.


Karena support AirPlay tentunya Anda bisa Mirorring Iphone atau Ipad ke 5K Player ini sekaligus merekam layar Iphone dan Ipad. 5K Player mendukung berbagai format video dan resolusi. Mulai dari format WebM, mp4, mkv, bahkan dapat memutar video dari DVD. Mulai dari resolusi kecil sampai 4K bahkan 8K. Termasuk video dengan kompresi HEVC dapat dijalankan oleh 5K Player ini.

Selain itu, 5K player memiliki fitur unggulan yang tidak dimiliki video player lain. Misalnya mengubah video biasa menjadi video 360. Fitur ini cocok untuk menonton video yang direkam dengan Drone atau yang lain. Lalu bisa juga mengubah rotasi video dan screenshot video pada PC. Bahkan dilengkapi dengan video editor.

Baca : Cara Screenshot Tampilan Desktop Pada PC Windows

5K Player juga mampu download video dari ratusan situs video online. Terdapat fitur ekstra seperti live radio, streaming radio online, dan memutar audio dengan berbagai format.

2. VLC Player

Lanjut video player kedua dengan keunggulan cross platform terbaik. Pilihan saya untuk kategori ini adalah VLC. Saya pilih VLC karena VLC ada di hampir semua platform. Tidak hanya Windows dan MAC, tetapi juga Linux, Android, dan IOS. Semua platform populer saat ini kemungkinan besar sudah support atau tersedia VLC. Ini sangat menguntungkan untuk Anda yang multi platform karena apapun platformnya bisa pakai video player yang sama dengan experience dam fitur yang serupa. VLC menjadi pemutar video serbaguna yang dapat memainkan video dari file lokal, DVD, bahkan online streaming.


Salah satu keunggulan VLC Player yang saya suka adalah support add subtitle yang oke banget. Subtitle dapat dengan mudah disingkronisasi dengan video.

3. Pot Player

Software ketiga ini mempunyai experience dan tampilan terbaik. Software yang saya maksud adalah Pot player. Selain tampilan yang clean, Experience Pot Player juga simpel sebagai sebuah pemutar video di PC. Terdapat panel browser untuk browse file langsung dari semua lokal drive. Ini memudahkan ketika akan memutar file video lokal. Tidak perlu repot - repot drag and drop dan sebagainya.


Subtitle juga ada. Bahkan Anda bisa cari subtitle online langsung lewat Pot Player ini. Hal menarik lainnya Anda bisa akses playlist dan membuat tab playlist. Jadi dari sisi experience, Pot Player menurut saya adalah software pemutar video paling bagus dari semuanya.

4. MPC HC (Media Player Classic Home Cinema)

Software keempat dari kategori software pemutar video di PC paling ringan dan paling hemat resource. Dan pilihan saya jatuh pada Media Player Classic Home Cinema atau yang dikenal juga sebagai MPC HC. Saya pakai Media Player klasik ini sejak zaman masih pakai Windows XP dan sangat ringan digunakan. Software ini masih terus dikembangkan dan support sampai di Windows 10 yang terbaru.


Secara tampilan MPC HC cukup klasik. Tapi karena ringan, media player ini bisa dipakai dari PC jadul sampai yang paling baru dan tidak banyak menghabiskan resource.

Baca : Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Ampuh

5. K-Lite Codec Pack

Rekomendasi yang kelima ini dari kategori video player yang paling komplit yaitu K-Lite Codec Pack. Sebenarnya ini bukan pemutar video, tetapi lebih ke bundling antara software pemutar video dan juga Codec lengkap. Jadi video player yang disertakan di K-Lite Codec Pack adalah Media Player Classic Home Cinema seperti diatas tetapi sudah dioptimasi dan dibundling dengan banyak codec. Jika diinstal, K-Lite Codec Pack ini bisa menjalankan hampir semua format video menggunakan media player yang disediakan.

Itulah tadi 5 Software Pemutar Video terbaik dari beberapa kategori yang bisa saya bagikan kepada Anda. Silahkan tulis saja di kolom komentar software mana yang menjadi favorit Anda. Atau kalau punya video player favorit lain yang lebih layak buat direkomendasikan, silahkan tulis juga di kolom komentar.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar