Skip to main content

15 Tips Terbaik MIUI Untuk Memaksimalkan HP Xiaomi

Para pengguna smartphone Xiaomi pasti sudah tahu jika sebagian besar HP keluaran Xiaomi menggunakan MIUI sebagai User Interface-nya. MIUI sendiri dikembangkan dari OS Android. Didalamnya terdapat fitur-fitur tambahan yang tidak dijumpai pada OS Android biasa. Namun, kehadiran fitur tersebut masih belum diketahui oleh banyak pengguna Xiaomi. Padahal fitur tersebut dapat memaksimalkan HP Xiaomi yang semakin mempermudah kita untuk melakukan banyak hal dengan HP Xiaomi.

Baca : Cara UBL semua HP Xiaomi

Nah, pada artikel ini saya membagikan beberapa tips terbaik untuk HP Xiaomi agar kinerjanya lebih maksimal. Dengan beberapa tips ini kamu bisa mengerjakan berbagai hal dengan mudah pada HP Xiaomi. Semua tips ini akan berjalan jika Xiaomi kamu menggunakan MIUI. Tanpa buang - buang waktu, mari kita bahas satu persatu tips terbaik memaksimalkan HP Xiaomi berikut.

Tips Memaksimalkan MIUI

1. Aktifkan Hotspot WiFi 5GHz

Jika kamu sering mengaktifkan personal Hotspot atau Teathering pakai Xiaomi, maka ubahlah AP Band ke 5GHz karena akan membuat koneksi hotspot lebih cepat dan stabil.

Caranya buka Setting>>Portable Hotspot. Di Setup Portable Hotspot ada Select AP Band, ubah saja ke 5GHz. Namun perlu diingat bahwa tidak semua perangkat atau device dapat tersambung ke WiFi 5GHz. Penggunaannya harus fleksibel mengikuti perangkat yang akan tersambung. Jika memang perangkat tersebut mendukung, sebisa mungkin pakai WiFi 5GHz ini.

2. Aktifkan Dark Mode

Jika Xiaomi kamu support Dark Mode dan punya layar AMOLED, aktifkan saja Dark Mode untuk menghemat baterai. Caranya tinggal buka Settings>>Display, aktifkan Dark Mode. Tampilannya menjadi hitam baik itu di setting, widget, dan yang lain. Kombinasikan dengan Wallpaper gelap agar semakin serasi dengan tampilan Dark Mode-nya.


3. Gunakan Gesture Navigasi

Selain membuat layar Xiaomi lebih lega, jika sudah terbiasa dengan Navigasi Gesture ini juga enak sekali dipakainya. Aktifkan saja di Setting>>Full Screen Display, pilih Full Screen Gesture. Sekarang kamu tinggal swipe atau geser keatas untuk ke Home. Kemudian geser atas tahan untuk membuka Recent Apps, dan Swipe kiri atau kanan untuk back atau kembali.

4. Manfaatkan Widget App Vault

Pada tampilan Home Screen MIUI terdapat Widget App Vault. Manfaatkan App Vault ini untuk menampung shortcut sistem. Tambahkan shortcut seperti clear cache, optimization, deep clean ataupun shortcut lain yang dibutuhkan. Sehingga kalau HP Xiaomi terasa lemot, tinggal Swipe kekanan dan tekan Deep Clean atau Optimization.


5. Menampilkan RAM di Recent Apps

Caranya tekan dan tahan pada Home Screen, masuk ke Setting>>More. Aktifkan Show Memory Status. Dengan begini kamu akan tahu berapa RAM yang tersisa saat membuka Recent Apps

6. Aktifkan Bluelight filter

Agar lebih sehat dan nyaman, kamu bisa aktifkan jadwal Bluelight filter yang di Xiaomi ini disebut Reading Mode. Buka Setting>>Display>>Reading Mode dan aktifkan Schedule. Atur ke Good Night Read. Bluelight filter otomatis hidup di malam hari sehingga lebih sehat untuk mata dan tidak membuat susah tidur.

7. Double Tap To Wake dan Rise To Wake

Ada dua fitur yang sangat berguna sekali di MIUI yaitu Double Tap To Wake dan Rise To Wake. Dengan fitur ini kamu bisa sentuh layar dua kali atau angkat HP keatas untuk menyalakan HP Xiaomi. Aktifkan fitur ini melalui Setting>>Display. Di bagian bawah aktifkan Double Tap Screen To Wake dan juga Rise To Wake.

8. Coba One Hand Mode

Xiaomi punya fitur One Hand Mode yang jika diaktifkan maka kamu tinggal geser dari tombol Home kekiri atau kekanan dan One Hand Mode langsung tampil. Memudahkan sekali ketika sedang menggunakan HP dengan satu tangan. One Hand Mode bisa diaktifkan langsung dari Settings>>Additional Setting>>One Handed Mode.


9. Second Space

HP Xiaomi dilengkapi dengan fitur Second Space, yaitu semacam akun kedua yang terpisah dari akun pertama kamu. Ini berguna buat kamu yang punya adik dan ketika mereka ingin pinjam HP buat main, kamu kasih saja Second Space sehingga tidak sampai mengganggu akun utama kamu.

Apapun yang dilakukan di Second Space tidak akan berpengaruh ke Space utama. Second Space diaktifkan melalui Settings>>Second Space, dan ikuti tutorial cara menggunakannya. Kamu bisa buat pattern atau pola khusus untuk Second Space. Begitu aktif tinggal pakai pattern tersebut untuk masuk ke Second Space.

10. Transfer File dengan Mi Drop

Kamu mungkin sudah familiar dengan aplikasi Xiaomi yang khusus untuk transfer file yaitu Mi Drop. Manfaatkan Mi Drop ini untuk bertransfer file baik antar sesama Xiaomi atau dengan HP Android lain.

Mi Drop sangat simpel dan cepat untuk transfer file. Lebih cepat daripada sekedar transfer menggunakan Bluetooth. Kamu bisa mengirim apapun mulai dari foto, video, dokumen, file, bahkan juga aplikasi. Untuk HP Xiaomi tentunya Mi Drop ini sudah terinstal otomatis, tetapi untuk HP Android lain instal saja Mi Drop melalui Play Store.

11. Mi Mover untuk Pindah data ke HP baru

Kalau kamu beli Xiaomi baru, untuk pindah data dari HP lama ke HP baru tidak perlu dilakukan secara manual. Gunakan saja aplikasi Mi Mover. Kamu bisa memindahkan media, data sistem seperti pesan, kontak, dan riwayat panggilan, bahkan juga aplikasi beserta datanya sekaligus. Secara instan Xiaomi baru akan langsung siap pakai tanpa setup dan instal - instal aplikasi dari awal.


12. Swipe 3 Jari untuk Screenshot

Untuk screenshot tidak perlu tekan dan tahan tombol power dengan volume down. Kini cukup swipe 3 jari kebawah dan screenshot langsung terambil. Selain lebih simpel juga bikin tombol Xiaomi lebih awet

13. Clone App

Kamu bisa Clone App atau pakai Dual Apps di Xiaomi. Cukup buka Setting, kemudian Dual Apps, dan pilih aplikasi yang ingin diclone. Jadi kalau kamu pakai dua SIM misalnya, kamu bisa pakai dua WhatsApp sekaligus dalam satu HP.

14. Kunci Aplikasi

Di Xiaomi kamu bisa mengunci aplikasi penting dengan Password, fingerprint, pattern, passcode, ataupun face recognition. Manfaatkan ini untuk mengunci aplikasi dengan data pribadi misalkan Galeri, WhatsApp, Instagram, Facebook, dan yang lain.

Buka Setting>>App Lock, pilih aplikasi yang ingin dikunci. Setelah dikunci maka untuk membuka aplikasi diminta autentikasi dulu. Jadi lebih aman dan tidak sembarang orang bisa membuka aplikasi kamu.

15. Menyembunyikan Aplikasi

Banyak pengguna Xiaomi tidak tahu bahwa selain mengunci Aplikasi, kamu juga bisa menyembunyikan Aplikasi dari Homescreen Xiaomi. Jadi hanya kamu yang tahu kalau ada aplikasi itu di HP.

Caranya buka Settings, kemudian ke App Lock. Pilih settings di pojok kanan atas. Dan dibawah aktifkan menu Hidden Apps. Pilih manage Hidden Apps dan ceklis aplikasi yang ingin disembunyikan. Untuk mengakses aplikasi tersembunyi tinggal zoom layar dengan dua jari. Setelah memasukkan password atau fingerprint maka folder aplikasi tersembunyi dimunculkan.

Baca : Cara Membuat Mi Account Xiaomi

Itulah tips - tips terbaik MIUI yang bisa dicoba agar Xiaomi kamu lebih maksimal. Sekarang setelah kamu tahu tips dan trik diatas, tunggu apa lagi? Coba tips tersebut di HP Xiaomi kamu sekarang dan gunakan untuk memaksimalkan aktivitas kamu. Jika punya tips menarik lain, pastikan kamu membagikannya dengan tulis tips MIUI kamu di kolom komentar. Terima kasih.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar