Skip to main content

5 Cara Mendownload Video Instagram di HP Android, iOS, dan PC

Ada saat-saat ketika kita benar-benar menyukai video di Instagram dan ingin mendownload video instagram tersebut, tetapi kita tidak tahu caranya. Penyebabnya karena aplikasi Instagram tidak mengijinkan para penggunanya untuk mendownload foto dan video karena alasan hak cipta.

Meskipun begitu, ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk mendownload video instagram. Jadi dalam artikel ini saya akan menunjukkan beberapa cara untuk download video Instagram di PC, Android, dan perangkat iOS.

Baca : Cara Mengaktifkan Dark Mode di Instagram dan WhatsApp

Download video Instagram di PC

Kamu bisa mengunduh video instagram dengan mudah jika menggunankan PC atau Laptop. Ada dua metode yang bisa dicoba. Yaitu secara manual dengan Inspect Element, atau menggunakan tool download video online. Mari simak tutorialnya.

Cara 1 : Ambil URL Video dengan Inspect Element

  1. Buka video yang ingin didownload.
  2. Klik kanan pada video tersebut dan pilih Inspect Element atau View Page Source.
  3. Tekan tombol Ctrl + F untuk memunculkan kotak pencarian dan ketik .mp4 di dalamnya.
  4. Selanjutnya kamu akan diarahkan pada barisan kode yang memuat elemen .mp4. Kamu tinggal copy URL Video yang terletak setelah kode src= (URL berakhir dengan .mp4).
  5. Paste URL di Adress Bar dan tekan Enter.
  6. Kemudian klik kanan pada video dan pilih Save Video As... untuk mendownload video.

Cara 2 : Gunakan tool online

Untuk cara ini, kamu bisa gunakan tool DownloadVideosFrom. Tool ini lebih mudah digunakan daripada yang lain dan terdapat beberapa fitur tambahan yang menarik. Berikut cara menggunakannya.

  1. Buka video Instagram yang ingin didownload dan salin URL-nya.
  2. Buka DownloadVideosFrom dan Paste URL pada kotak yang disediakan.
  3. Klik Download MP4 untuk mengonversi dan mendownload video.

Download video Instagram di Android

Pada HP Android, video Instagram secara otomatis akan didownload segera setelah kamu melihatnya. Kamu hanya perlu menemukan di mana video tersebut disimpan. Atau, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunduh video tanpa harus melihatnya terlebih dahulu.

Cara 1 : Dapatkan video Instagram dari cache aplikasi

Pertama kamu harus tonton dulu video instagram yang ingin didownload. Pastikan kamu menonton videonya sampai selesai agar video tersebut terdownload 100%.

Selanjutnya, buka aplikasi Pengelola file di HP Android. Kemudian buka Android > data > com.instagram.android > cache > video. Di sini kamu akan menemukan semua video yang telah ditonton. File video yang terdownload dalam folder ini memilki ekstensi .clean. Jika ingin mengubahnya menjadi format video, cukup ganti nama filenya dan ubah ekstensi .clean menjadi .mp4.


Catatan : Semua video instagram ini disimpan sebagai cache. Jadi jika cache HP dihapus, maka video ini juga akan ikut terhapus. Jika ingin menyimpan video ini secara permanen, maka kamu harus memindahkannya ke folder lain.

Cara 2 : Gunakan aplikasi pihak ketiga

Jika kamu ingin cara yang lebih mudah dan sederhana yang tidak memaksa kamu untuk melihat setiap video, maka solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Disini saya merekomendasikan Aplikasi Video Downloader For Instagram. Aplikasi ini bisa kamu download gratis dari Play Store.

  1. Di aplikasi Instagram, buka video yang ingin didownload dan ketuk ikon titik tiga di sudut kanan atas.
  2. Pilih Copy Link.
  3. Setelah itu, buka Video Downloader For Instagram dan ketuk tombol Paste.
  4. URL Video akan dipaste dan secara otomatis tersimpan di galeri.
Baca : Cara Edit Foto Instagram dan Instastory Makin Keren Dengan Efek 3D dan Shadow

Download video Instagram di iOS

Pilihan metode untuk mendownload video instagram pada perangkat iOS sangat terbatas. Tapi saya tahu aplikasi bagus yang bisa mengunduh foto dan video Instagram. Regrammer adalah aplikasi yang sepenuhnya gratis (didukung iklan) yang akan membantu kamu mengunduh video apa pun dari Instagram.

Penggunaannya sama dengan Video Downloader For Instagram. Cukup Copy URL video dari Instagram dan Paste di aplikasi Regrammer. Setelah itu, pilih Preview untuk membuka dan mendownload-nya. Maka Video akan disimpan secara otomatis.


Penutup

Menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah cara termudah dan tercepat untuk mendownload video Instagram. Yang perlu kamu lakukan hanyalah Copy dan Paste URL Video untuk mendownload video instagram.

Namun terkadang cara manual seperti inspect element pada PC dan cache pada Android juga dapat bekerja dengan baik dalam situasi tertentu. Misalnya, jika kamu ingin mengunduh video dari riwayat video yang telah dilihat, maka metode cache Android adalah pilihan yang tepat.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar