Skip to main content

8 Antivirus Terbaik Untuk Laptop dan PC Agar Aman dari Virus

Menginstal salah satu antivirus terbaik pada PC atau laptop merupakan suatu keharusan. Kita tidak bisa membiarkan Laptop dan PC dengan mudahnya terserang virus - virus berbahaya yang dapat menurunkan performa PC dan Laptop. Jadi sangatlah beresiko meninggalkan laptop, HP, PC, Komputer, tanpa perlindungan antivirus.

Fakta menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun kejahatan dunia maya (cyber crime) semakin tumbuh dan merebak secara signifikan. Berbagai jenis virus dan malware makin kerap bermunculan. Karenanya peranan Antivirus semakin penting untuk memastikan Laptop dan PC mendapatkan perlindungan dari antivirus terbaik. Baik itu antivirus gratis atau berbayar.

Mungkin kita sudah kenal dengan nama - nama antivirus seperti Norton, McAfee, AVG, dan SmadAV. Tetapi, apakah antivirus - antivirus tersebut adalah antivirus terbaik? Disini saya telah menguji beberapa antivirus dan menemukan antivirus terbaik, baik itu antivirus premium, maupun yang gratis. Sehingga kamu dapat yakin bahwa rekomendasi antivirus terbaik yang akan saya bagikan ini dapat dipercaya dan kamu bisa menemukan solusi terbaik untuk melindungi dan mengamankan Laptop kamu dari serangan virus.

Baca : Tips Mengatasi Laptop Lemot

Pembuat malware dan virus selalu menemukan cara baru untuk mendapatkan akses ke PC/Laptop dan perangkat berkemampuan internet lainnya, termasuk HP Smartphone. Untungnya, perusahaan penyedia software keamanan juga terus memperbarui produk antivirusnya untuk melindungi pengguna dari tindak kejahatan seperti penipuan, phising, ransomware, dan lainnya.

Antivirus Terbaik Untuk Laptop dan PC

1. Bitdefender Antivirus

  • Sistem operasi : Windows
  • Fitur Unggulan : perlindungan Ransomware, alat privasi, VPN, Safepay
  • Kelebihan : Akurat, Mampu mengelola password, Murah
  • Kelemahan : Menghabiskan Sumber daya atau Resource.

Bitdefender dapat diandalkan dan akurat dalam mendeteksi virus, memblokir akses ke situs jahat, dan memberikan keamanan dalam transaksi perbankan dan belanja online. Ditambah ada pengelola kata sandi yang secara otomatis melengkapi detail kartu kredit dalam formulir web.

Bitdefender dapat memberi tahu kamu tentang tautan berbahaya yang mungkin saja berisi virus pada hasil pencarian search engine seperti google, yahoo, bing dan memblokir akses ke situs berbahaya.

Ada juga perlindungan multi-layer ransomware yang membuat Laptop tetap aman serta kemampuan untuk memindai semua perangkat yang terhubung melalui aplikasi Bitdefender Central.

Namun, Bitdefender banyak menguras sumber daya, terutama RAM. Bitdefender Antivirus Plus masih merupakan paket antivirus terbaik yang menawarkan tingkat deteksi virus sangat baik, kinerja hebat, dan harga yang terjangkau.

Bitdefender Internet Security menawarkan fitur anti-spam, firewall, dan enkripsi file. Kamu dapat membeli Bitdefender Total Security yang mencakup hingga PC, Mac, Laptop, Android dan perangkat iOS.

Bitdefender Antivirus Plus datang dengan bonus tambahan VPN dan Safepay serta memiliki perlindungan ransomware multi-layer. Bitdefender melacak semua malware dan merekam pola ancaman cyber untuk membuat Anda tetap aman saat online.

2. Norton AntiVirus

  • Sistem operasi : Windows
  • Fitur Unggulan : Keamanan privasi, Keamanan finansial, global civilian intelligence network
  • Kelebihan : Memblokir berbagai malware baru, Hemat RAM dan Memori
  • Kelemahan : Error pada ekstensi Chrome

Norton AntiVirus adalah pemburu malware berkualitas tinggi yang dapat secara otomatis melindungi PC dan Laptop kamu. Norton Antivirus Plus diluncurkan pada April 2019 sebagai pengganti Norton AntiVirus Basic yang sudah lama. Pindah dari 'Basic' ke 'Plus' jelas terdengar lebih baik. Ada beberapa fungsi dan fitur tambahan yang dimunculkan.

Norton memiliki opsi pengaturan banyak. Belum lagi fitur seperti pemblokir URL yang menjauhkan kamu dari situs berbahaya. Layanan File Reputation dapat mengenali unduhan yang dicurigai mengandung virus. Bahkan jika malware berhasil lolos, Norton mampu mengkarantina ancaman dari malware tersebut dengan cepat.

Jadi apa bedanya versi Plus dengan Basic? Hanya ada sedikit perbedaan yaitu dalam hal menambah cadangan cloud 2GB dan pengelola kata sandi. Ada juga sedikit masalah dengan beberapa ekstensi browser. Misalnya, Browser Chrome terkadang berhenti berfungsi tanpa alasan yang jelas.

Norton AntiVirus Plus mudah digunakan, memiliki opsi konfigurasi lengkap, peringkat tinggi, dan dirancang dengan cermat untuk memiliki dampak sekecil mungkin pada kinerja sistem Laptop.

3. Webroot SecureAnywhere AntiVirus

  • Sistem operasi: Windows dan Mac
  • Fitur Unggulan : Keamanan selalu aktif, perlindungan identitas, anti-phishing real-time, monitor firewall
  • Kelebihan : Sangat ringan digunakan, Cepat
  • Kelemahan : Tidak ada data pengujian

Webroot SecureAnywhere AntiVirus adalah satu-satunya antivirus yang terbukti sangat ringan digunakan. Proses instalasi hanya membutuhkan beberapa detik, file program kurang dari 2MB, dan hemat RAM yang membuatnya makin mengesankan.

Seiring dengan perlindungan utama, disertai juga anti-phishing real-time yang akurat, firewall dan monitor koneksi jaringan, anti-ransomware, dan bonus menarik lainnya.

Tidak mudah membandingkan akurasi Webroot dengan antivirus pesaing, karena jarang yang mengulas dan memberikan penilaian terhadap Antivirus ini.

Webroot SecureAnywhere AntiVirus menunjukkan rasa percaya dirinya dengan memberi jaminan 100% uang kembali dalam 100 hari. Jika kamu tidak suka dengan Antivirus lain yang terlalu rumit dan berat, Webroot adalah alternatif yang layak kamu coba.

4. ESET NOD32 Antivirus

  • Sistem operasi : Windows
  • Fitur Unggulan : Ransomware Shield, UEFI Scanner, Exploit Blocker, pemindaian bertenaga cloud
  • Kelebihan : Sangat bisa dikonfigurasi, Kontrol akses perangkat
  • Kelemahan : Relatif mahal, Bukan untuk pemula

Jika kamu menilai antivirus berdasarkan daftar fiturnya, ESET NOD32 Antivirus mungkin sedikit mengecewakan. Tidak ada firewall, pengelola kata sandi, penghancur file, pemindai kerentanan atau fitur apa pun yang sering kamu temukan pada antivirus lain.

Namun, bukan berarti bahwa antivirus ini jelek. ESET NOD32 Antivirus hadir dengan perlindungan malware real-time, anti-ransomware, perlindungan eksploitasi, penyaringan URL untuk memblokir situs web berbahaya, dan modul untuk mencegah serangan menggunakan PowerShell dan skrip berbahaya.

Modul Kontrol Perangkat (Device Control Module) mengurangi resiko infeksi virus dari perangkat lain dengan mengontrol akses ke USB, hard drive eksternal, media penyimpanan optik, bahkan perangkat yang terhubung dengan Bluetooth dan FireWire.

Yang perlu diingat bahwa ESET NOD32 Antivirus tidak ditujukan untuk pemula. Tampilan Antarmukanya jauh berbeda dari antivirus pada umumnya, beberapa fitur baru yang jarang ditemui, dan bahkan opsi Help yang tidak selalu membantu.

Namun, pengguna yang berpengalaman akan dengan mudah menyesuaikan diri dengan ESET. Perlindungan di atas rata-rata, membuat Laptop tetap aman, dan desain yang ringan memastikan ESET tidak akan memperlambat kinerja PC dan Laptop.

Salah satu fitur baru adalah UEFI Scanner yang melindungi Laptop dari ancaman yang menyerang Laptop bahkan sebelum Windows berhasil dimuat.

ESET Internet Security menawarkan firewall, perlindungan botnet, perlindungan webcam, antispam dan banyak lagi. Atau, kamu dapat membeli edisi ESET Smart Security Premium dengan harga yang tidak jauh berbeda. Edisi ini menambahkan semua fitur di atas serta manajemen kata sandi dan pengamanan data.

5. F-Secure Antivirus SAFE

  • Sistem operasi : Windows, Mac, Android, iOS
  • Fitur Unggulan : Perlindungan penjelajahan dan perbankan, Family Protection, perlindungan ransomware
  • Kelebihan : Sangat user-friendly

F-Secure Antivirus SAFE adalah antivirus yang hebat. Meskipun sedikit lebih mahal dari antivirus lain dalam daftar terbaik ini, jumlah fitur yang kamu dapatkan tentu saja sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Dengan F-Secure Antivirus SAFE, kamu mendapatkan software antivirus yang brilian dari F-Secure. Di samping perlindungan perbankan untuk belanja online yang aman, ada juga fitur Cari Perangkat yang memungkinkan kamu melacak perangkat Android atau iOS yang hilang. Dan jika perlu kamu bisa mengunci dan menghapus datanya sekaligus dari jarak jauh.

Desain interface adalah keuntungan utama karena sangat mudah digunakan, ringan, dan kamu bisa membiarkan antivirus ini bekerja sendirian menjaga PC kamu. Software ini tidak banyak menghabiskan tempat di RAM dan memori.

6. Kaspersky Anti-Virus

  • Sistem operasi : Windows
  • Fitur Unggulan : Pindai otomatis, pencegahan infeksi drive-by cryptomining, manajemen keamanan yang lebih sederhana
  • Kelebihan : Memiliki kinerja terbaik, Sangat mudah digunakan

Kaspersky Anti-Virus adalah antivirus yang berfokus pada keamanan inti seperti memblokir URL berbahaya, mendeteksi dan menghilangkan ancaman, melacak dan membalikkan tindakan berbahaya.

Kaspersky sebagai salah satu yang terbaik dalam memblokir malware dan menghapusnya dari sistem yang terinfeksi. Antivirus ini menerima nilai tertinggi di situs-situs seperti AV-Comparatives.

Software ini juga mudah digunakan. Tampilannya memiliki jumlah tombol dan opsi yang tepat, tidak terlalu mendasar, tetapi juga tidak rumit. Ada banyak petunjuk yang ditampilkan untuk menjelaskan semua cara kerjanya.

Jika kamu hanya membutuhkan perlindungan malware yang akurat, handal, dan konsisten, Kaspersky Anti-Virus akan melayani kamu dengan baik.

7. Trend Micro Antivirus + Security

  • Sistem operasi : Windows
  • Fitur Unggulan : perlindungan Ransomware, Adcanced AI Learning, pengamanan penipuan email, Pay Guard
  • Kelebihan : Harga terjangkau, Mudah digunakan, Perlindungan yang kuat
    Kekurangan : Mungkin memperlambat Laptop, Konfigurasi sedikit

Trend Micro Antivirus + Security adalah antivirus sangat mumpuni yang mudah digunakan dengan fitur antispam dan 'Folder Shield' yang efektif untuk memblokir ransomware. Antivirus ini memiliki tingkat perlindungan mirip Bitdefender dan tidak memperlambat performa Laptop.

Saya sarankan menjalankan uji coba selama 30 hari sebelum kamu membeli untuk melihat apakah ada masalah yang kamu temukan. Dengan tingkat deteksi virus atau malware yang tinggi dan fitur luar biasa menjadikan Trend Micro pilihan yang baik.

8. Panda Dome Essential

  • Sistem operasi : Windows
  • Fitur Unggulan : Process monitor, Filter URL, bootable USB rescue drive
  • Kelebihan : Banyak fitur, Dapat mencakup perangkat tanpa batas
  • Kelemahan : Antarmuka tidak cocok untuk semua orang

Deteksi malware real-time, pemindaian cepat berbasis cloud, pemfilteran URL untuk memblokir situs-situs berbahaya, Antivirus Panda Dome Essential memiliki semuanya. Menjadikan Panda Dome Essential sebagai salah satu antivirus terbaik.

Tampilan akan sedikit menentukan juga. Dengan begitu banyak fitur luar biasa yang disertakan, Panda Dome sangat mampu untuk memastikan bahwa semuanya dapat diakses. Namun, di sisi lain, ini dapat meghambat pengguna yang hanya menginginkan antivirus sederhana.

Satu keuntungan yang tidak diragukan lagi di sini adalah harga. Panda Dome Essential adalah salah satu antivirus dengan harga terbaik. Kamu juga memiliki opsi untuk membayar sedikit lebih mahal untuk mencakup laptop, smartphone, tablet, dan PC dalam jumlah tak terbatas dengan satu kali langganan.

Penutup

Itu tadi 8 Antivirus terbaik yang bisa kamu instal di Laptop dan PC kamu. Ada yang versi gratis dan ada juga yang berbayar. Pilih saja sesuai selera dan kebutuhanmu ya. Selain itu, ada juga antivirus lain yang cukup bagus seperti Avira, Avast, SmadAV, dan Malwarebytes. Kalau kamu ada rekomendasi antivirus lain, tulis saja di kolom komentar. Sekian.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar