Skip to main content

12 Aplikasi Edit Foto Instagramable Terbaik dan Kekinian Untuk Android

Aplikasi Edit Foto Terbaik - Pernah gak sih kamu merasa tidak puas dengan hasil jepretan fotomu sendiri. Padahal kamu sudah berusaha mengambil foto dengan kualitas sebagus mungkin, tapi hasil fotonya masih jelek atau biasa - biasa aja. Kamu tidak suka dengan kecerahan, kontras, saturasi, atau yang lain dan kamu ingin menambahkan sesuatu untuk membuat foto tersebut jadi lebih menarik.

Saat itulah aplikasi edit foto terbaik datang untuk mengatasi masalahmu. Aplikasi edit foto kekinian memiliki fitur beragam yang mampu menghasilkan foto dengan kualitas bagus.

Ada beberapa aplikasi sosmed seperti instagram yang sudah menyematkan fitur editor foto sederhana kepada para penggunanya. Tujuannya untuk memudahkan pengguna dalam mengedit foto sebelum diposting di sosial media seperti Instagram

Namun, fitur yang ada pada editor foto di instagram sangat sederhana dan terbatas. Jika menginginkan fitur yang lebih komplit, maka kamu harus memakai salah satu aplikasi edit foto terbaik yang sudah saya tulis di artikel ini. Nah berikut ini adalah 12 aplikasi edit foto terbaik yang saya rekomendasikan.

Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk Android

1. Adobe Lightroom CC


Adobe Lightroom CC adalah Aplikasi edit foto yang lagi trend sekarang. Ada banyak filter dan efek foto yang bisa langsung diaplikasikan pada foto yang ingin diedit.

Ada juga fitur preset lightroom. Dengan preset lightroom kamu bisa lebih cepat dalam mengedit foto karena tinggal menyalin kustomisasi foto yang sudah jadi. Saya sebelumnya sudah pernah membagikan 2 preset keren yang bisa kamu coba.

Di aplikasi lightroom ini, kamu akan mendapatkan beberapa fitur gratis dan ada juga yang berbayar.

Fitur Adobe Lightroom CC

  • Preset untuk mempercepat proses edit foto
  • Fitur pencampuran warna untuk menghasilkan dan memadukan warna yang berbeda.
  • Menghapus noise pada foto menggunakan noise reduction.

2. PicsArt Photo Studio


Dengan lebih dari 100 juta unduhan di Play Store, menjadikan PicsArt sebagai salah satu aplikasi edit foto terpopuler. Kepopuleran PicsArt disebabkan karena banyaknya fitur unggulan yang komplit untuk digunakan dalam editing foto. Ada juga kamera bawaan dari PicsArt untuk mengambil foto dan langsung mengedit foto tersebut dengan PicsArt tanpa harus import foto terlebih dahulu.

PicsArt bisa kamu gunakan untuk membuat kolase foto, manipulasi foto, menambah bingkai foto, menambah stiker, dan masih banyak lagi. Download PicsArt sekarang gratis dari Play Store.

Fitur PicsArt Photo Studio

  • Menerapkan efek khusus pada bagian tertentu dari foto dengan mode Brush.
  • Dapat Memotret dan Mengedit Foto sekaligus dengan PicsArt.
  • Fitur Double Exposure yang transparansinya dapat disesuaikan.

3. Snapseed


Snapseed merupakan aplikasi edit foto Android yang dikembangkan oleh Google. Didalamnya tersemat banyak fitur menarik dan unik. Bagi kamu yang masih pemula dalam urusan editing foto, Snapseed bisa kamu jadikan aplikasi awal untuk belajar editing foto. Itu karena tampilan dari Snapseed ini sangat sederhana dan mudah dipahami.

Filter dan efek foto yang disediakan Snapseed beragam. Kamu tinggal memilih dan menyesuaikan filter pada foto yang diedit agar lebih menarik.

Setelah selesai mengedit, kamu bisa dengan mudah menyimpannya di memori HP. Atau bisa juga langsung share ke temen-temen kamu lewat facebook, instagram, twitter, whatsapp, dan lainnya.

Fitur Snapseed

  • Mengubah file RAE dan DNG kedalam format JPG.
  • Ada Mode Gelap atau Dark Mode
  • Mengedit bagian-bagian foto dengan Selective Filter Brush.
  • Menyimpan kustomisasi foto (preset) untuk dipasang di foto lain.

4. Adobe Photoshop Express


Adobe Photoshop Express memiliki desain UI atau antarmuka yang elegan dan sederhana dengan nuansa gelap. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengedit foto lebih cepat dengan hasil akhir yang memuaskan. Ada banyak fitur-fitur dasar edit foto seperti rotate (rotasi), crop (memotong), dan flip (membalik) foto.

Keunngulan Adobe Photoshop Express ada pada fitur Image Rendering yang mampu mengedit foto-foto panorama dengan size cukup besar. Selain itu, bintik-bintik dan noise pada foto malam hari dapat dikurangi bahkan dihapus dengan mudah menggunakan fitur Noise Reduction.

Photoshop Express bisa kamu dapatkan secara gratis via Play Store.

Fitur Adobe Photoshop Express

  • 80+ Filter foto menarik yang wajib dicoba..
  • Mendukung import dan export file RAW.
  • Memperbaiki kemiringan pada foto.

5. Pixellab


Pixellab adalah aplikasi edit foto yang memiliki fitur editing foto terbatas tetapi aplikasi ini sangat bagus bagi kamu yang ingin bermain dengan teks. Kamu dapat menambahkan teks yang tampak keren di foto dengan Pixellab.

Fitur Pixellab

  • Template premade untuk berbagai media sosial.
  • Menambahkan teks 3D di foto.
  • Mengedit perspektif gambar.
  • Aplikasi terbaik untuk membuat meme lucu.

6. Pixlr


Pixlr adalah aplikasi edit foto yang tepat untuk semua orang. Pixlr memiliki semua alat yang mungkin dibutuhkan pengguna. Aplikasi ini memiliki lebih dari 2 juta kombinasi efek gratis, overlay, dan filter. Kamu dapat membuat kolase foto dengan berbagai tata letak, background, dan kerapatan foto.

Selain itu, Pixlr dapat menyesuaikan dengan gaya foto goresan, gambar pensil, dan sketsa tinta. Kamu dapat membagikan gambar secara langsung ke berbagai medsos. Pixlr gratis untuk diinstal dengan pembelian dalam aplikasi dan berisi iklan.

Fitur Pixlr

  • Opsi untuk menandai efek atau overlay yang paling sering digunakan sebagai Favorit.
  • Fitur perbaikan otomatis untuk menyeimbangkan warna secara otomatis dalam suatu gambar.
  • Fitur kolase hingga 25 foto dengan berbagai tata letak, latar belakang, dan kerapatan antar foto.

7. Photo Lab


Photo Lab memberikan sentuhan unik pada foto. Aplikasi ini memiliki koleksi lebih dari 900 efek berbeda seperti photomontages realistis, filter foto bergaya, bingkai indah, efek artistik kreatif, kolase untuk beberapa foto, dan banyak lagi.

Dengan antarmuka yang sederhana dan intuitif, Photo Lab cukup mudah digunakan. Aplikasi edit foto Android ini dilengkapi fitur-fitur dasar yang sering dibutuhkan pengguna, yaitu crop, rotate, lighting, dan ketajaman.

Selain itu, kamu dapat menyimpan foto yang telah diedit ke galeri, membagikannya melalui Twitter, Facebook, Instagram, atau mengirimnya sebagai pesan. Aplikasi ini tersedia versi gratis yang menampilkan iklan dan watermark.

Fitur Photo Lab

  • Lebih dari 50 preset yang dapat dipilih untuk pengeditan cepat.
  • Algoritma pendeteksi wajah yang canggih untuk montase foto wajah.

8. LightX


LightX Photo Editor adalah aplikasi edit foto profesional. Aplikasi ini memberikan fitur seperti manipulasi bentuk, Editor foto blur, kolase foto, stiker foto dan banyak lagi.

Fitur LightX

  • Dapat dengan mudah mengubah background foto.
  • Fitur pengeditan gambar profesional seperti kurva, keseimbangan warna dan banyak lagi.
  • Dilengkapi dengan fitur transformasi foto.

9. Pixomatic


Pixomatic membantu kamu mengubah foto biasa menjadi masterpiece hanya dalam beberapa menit. Kamu dapat menambah efek blur pada background, memotong atau mengganti elemen foto, dan banyak lagi.

Fitur Pixomatic

  • Ganti foto latar belakang dan tambahkan efek blur dengan mudah.
  • Smart Cutout untuk memotong beberapa objek dari foto.
  • Fitur pengeditan lanjutan.

10. AfterFocus


After Focus adalah aplikasi yang bagus untuk memberi efek blur pada background foto dan memberikan nuansa foto DSLR. Kamu dapat menambahkan filter dan efek untuk memberikan tampilan yang lebih realistis pada foto.

Fitur AfterFocus

  • Smart Focus Area Selection untuk memilih beberapa area dari foto.
  • Efek blur pada background yang menakjubkan.
  • Banyak filter dan efek berbeda.

11. Prisma Photo Editor


Prisma Photo Editor adalah aplikasi yang sangat luar biasa untuk memberikan tampilan foto yang keren dan mengagumkan. Dalam aplikasi ini terdapat lebih dari 800 filter modern dan efek foto yang luar biasa.

Fitur Prisma Photo Editor

  • Ubah foto menjadi bergaya artistik.
  • 250+ gaya artistik tersedia.

12. Teleport


Aplikasi ini membantu menghapus background foto dan menggantinya dengan background lain. Oleh sebab itu aplikasi ini dinamakan teleport karena mampu memindahkan (teleportasi) background objek. Kamu juga dapat menambahkan beberapa efek dan filter ke foto.

Aplikasi ini bagus dan sangat akurat untuk mengubah background. Itu sebabnya saya menambahkan aplikasi Teleport dalam daftar aplikasi edit foto terbaik di Android.

Fitur Teleport Photo Editor

  • Mengubah warna kulit.
  • Mengubah background foto.
  • Mewarnai rambut.
Penutup

Itulah daftar 12 Aplikasi Edit Foto Kekinian dan Terbaik Untuk HP Android yang bisa kamu gunakan. Beberapa aplikasi memiliki fitur-fitur khusus dan kegunaan yang berbeda - beda. Jika kamu ingin mendapatkan efek foto yang realistis, fitur editing lengkap, dan kualitas foto yang maksimal, maka aplikasi Adobe Lightroom, Snapseed, dan Adobe Photoshop Express layak kamu coba. Namun jika hanya ingin membuat kolase foto dan mengedit foto yang sederhana saja, pakailah aplikasi Pixlr, LightX, dan Photo Lab.

Selain itu buat kamu yang hobi buat meme dan menyukai typografi (seni tulisan), maka Pixellab adalah aplikasi editing yang tepat untuk hal tersebut.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar