Skip to main content

6 Cara Sederhana Memperbaiki Kartu SD Rusak dan Tidak Terbaca

Memperbaiki Kartu SD yang rusak dan tidak terbaca - Kegunaan dan fungsi media penyimpanan digital di era modern semakin berkembang. Terutama dalam hal penyimpanan data pribadi, di mana setiap orang biasanya mengandalkan kapasitas kartu SD dan kartu memori untuk menyimpan berbagai file.

Era digitalisasi saat ini telah menjadikan kartu SD sebagai media penyimpanan paling nyaman dan murah. Kartu SD versi terbaru semakin cepat dengan kapasitas penyimpanan lebih besar. Kartu SD ini biasanya digunakan dalam camcorder, pemutar musik, smartphone android, tablet, kamera, dan perangkat lainnya.

Namun, kartu SD rentan terkena corrupt, pemformatan atau kerusakan yang tidak disengaja, yang menyebabkan hilangnya semua foto, video, dan file audio yang tersimpan di dalamnya. Jika tidak ditangani dengan benar, kamu bisa kehilangan data secara permanen sehingga saat memulihkan kartu SD menjadi sulit.

Selain itu, kartu memori memiliki masa pakai yang terbatas, sehingga setelah periode penggunaan tertentu kartu memori akan rusak.

Tanda - Tanda Kartu SD rusak

Kartu SD bisa rusak jika kamu menemukan tanda- tanda ini di Laptop, PC, dan Android.
  • Sebuah layar hitam muncul bersama pesan kesalahan "Kartu SD tidak dapat diakses. File atau direktori rusak dan tidak dapat dibaca"
  • Foto di kartu SD hilang
  • Ketika membuka kartu SD, semua yang tersimpan di kartu SD tidak muncul atau tidak terbuka dan menampilkan pesan kesalahan "Baca / Tulis kesalahan pada kartu SD"
  • Muncul pesan kesalahan seperti "Kesalahan kartu memori" atau "Kartu memori rusak" saat membuka foto atau video yang tersimpan.
  • Kamu dapat membuka file di kartu SD, tetapi tidak dapat menyalin file tersebut dan mendapat pesan kesalahan seperti "Dilindungi penulisan"
  • Kartu SD dapat diakses oleh PC atau Laptop, tetapi kamu tidak bisa melihat foto atau video yang tersimpan. Kemudian muncul pesan "Kartu SD tidak diformat. Apakah Anda ingin memformatnya sekarang?"

Kamu tidak dapat menambah, menghapus, menyalin, atau menyimpan apa pun di kartu SD apabila Kartu SD kamu rusak dan muncul tanda - tanda diatas.

Tidak ada jaminan bahwa kamu bisa memulihkan data. Jika kerusakan Kartu SD bersifat fisik, kamu tidak bisa memperbaikinya. Tapi jika tidak secara fisik maka dapat diatasi dengan beberapa cara sederhana.

6 Cara Memperbaiki Kartu SD rusak

1. Hubungkan kartu SD ke perangkat lain

Kadang-kadang, sebuah perangkat tidak bisa membaca kartu SD karena ketidakcocokan atau masalah terkait driver. Dalam kasus tersebut, coba sambungkan kartu SD ke perangkat lain.

2. Coba perintah chkdsk untuk memeriksa kesalahan kartu sd

  1. Masukkan kartu SD yang rusak ke Laptop atau PC
  2. Klik pada ikon Windows atau Start dari taskbar Windows dan pilih opsi My Computer
  3. Cari kartu SD Anda di bawah menu "Devices with Removable Storage" dan catat huruf drive atau drive letter yang muncul. Contoh : Removable Disk H. Maka drive letter-nya adalah H.
  4. Selanjutnya, klik ikon Windows atau Start lagi, lalu ketik cmd di kotak pencarian.
  5. Klik kanan pada cmd dan pilih Run as administrator.
  6. Selanjutnya, ketik chkdsk diikuti dengan letter drive yang sesuai dengan kartu SD, lalu titik dua (:) dan /f. Tekan Enter. Contoh: chkdsk h:/f.
  7. Chkdsk akan memeriksa kemungkinan kesalahan dan mencoba memperbaiki kartu SD yang rusak. Ikuti petunjuk pesan selanjutnya.

3. Ganti Drive Letter pada Kartu SD yang tidak dapat dibaca


Sambungkan kartu SD ke PC. Jika sistem tidak menetapkan drive letter untuk kartu SD, maka sistem tidak bisa membacanya atau Kartu SD tidak dapat dibaca.

Dalam beberapa kasus, Kartu SD mungkin sudah diberikan drive letter oleh sistem. Namun, masih tetap muncul eror yang menyebutkan bahwa Kartu SD tidak terbaca oleh sistem Laptop dan PC. Untuk mengatasinya, ganti drive letter untuk Kartu SD melalui Disk Management PC atau Laptop. Caranya sama persis dengan Memperbaiki Flashdisk tidak terbaca.

4. Format kartu SD

Ikuti langkah - langkah dibawah ini untuk memformat Kartu SD yang rusak.

  1. Pertama, sambungkan kartu SD yang rusak ke PC atau Laptop Windows
  2. Klik ikon Windows atau Start pada taskbar, kemudian klik kanan pada This PC atau My Computer. Lalu pilih Manage.
  3. Di sebelah kiri, klik Disk Management.
  4. Klik kanan pada kartu SD dan pilih Format.
  5. Centang Perform A Quick Format dan sesuakian pengaturan format seperti gambar dibawah.
  6. Tunggu proses format sampai selesai.

5. Instal ulang driver

Kamu bisa mencoba instal ulang driver dengan langkah - langkah berikut :

  1. Klik kanan pada My Computer. Klik opsi Manage.
  2. Klik opsi Device Manager di sebelah kiri.
  3. Pilih Disk Drive. Kemudian klik kanan pada nama removable drive.
  4. Klik Uninstall, lalu klik OK.
  5. Keluarkan kartu SD dan nyalakan kembali PC.
  6. Masukkan kembali kartu SD. PC atau Laptop akan mendeteksinya.

6. Format Kartu SD Ke NTFS

Kamu bisa memformat kartu SD ke sistem file NTFS untuk menggunakannya lagi dan berikut ini adalah cara melakukannya.

  1. Masuk ke Disk Management
  2. Klik kanan pada kartu SD
  3. Kemudian pilih opsi Format
  4. Pilih sistem file sebagai NTFS
  5. Klik tombol OK untuk memformat kartu SD
Penutup

Kartu SD adalah salah satu perangkat penyimpanan eksternal terpenting yang digunakan orang untuk menyimpan gambar, video, dan file lain. Tetapi, bagaimana jika Kartu SD tersebut rusak dan semua data yang tersimpan tidak bisa diakses.

Nah, dari awal sampai akhir artikel ini telah dijelaskan cara memperbaiki kartu SD yang rusak. Sehingga kamu tidak perlu khawatir dan takut lagi jika tiba - tiba kartu SD kamu rusak dan kamu ingin memperbaikinya.

Setelah memperbaiki masalah kartu SD yang rusak, jika semua file yang ada di Kartu SD tersebut terhapus maka kamu dapat memulihkan data dari kartu SD yang rusak dengan mencoba SD Card Recovery Tool. Coba saja semua solusi yang diberikan dan selesaikan masalah kartu SD rusak sesegera mungkin.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar