Skip to main content

4 Cara Mempercepat Hotspot Android Yang Lemot

Menjadikan smartphone sebagai sebuah hotspot layaknya Wi-Fi pribadi yang memberikan akses internet ke perangkat lain adalah salah satu fitur terbaik yang dimiliki smartphone. Kamu bisa hubungkan koneksi hotspot HP ini dengan laptop agar bisa mengakses internet dengan mudah. Selain itu kamu juga bisa menjadi sosok pahlawan bagi teman - teman kamu ketika mereka kehabisan kuota internet.

Saya yakin kamu pasti sudah tahu caranya menghidupkan hotspot atau tethering di Android. Namun disini saya ingin membagikan sedikit trik yang sangat berguna. Kamu bisa gunakan trik ini untuk mempercepat koneksi hotspot. Triknya sangat mudah dan tidak memerlukan aplikasi lain lagi agar koneksi Hotspot HP Android cepat.

Dan inilah 4 cara sederhana meningkatkan kecepatan hotspot HP Android yang bisa kamu coba.

Baca : Kumpulan Tips Terbaik MIUI Memaksimalkan Xiaomi

Cara Mempercepat Koneksi Hotspot Android

1. Gunakan AP Band 5Ghz

Pertama kamu bisa ubah AP Band di pengaturan hotspot dari 2,4GHz menjadi 5GHz. Setelah mengaktifkan AP Band menjadi 5GHz maka koneksi Hotspot Android semakin cepat dan stabil. Namun dengan mengaktifkan AP Band 5GHz ini, jangkauan Hotspot menjadi terbatas. Lain halnya jika menggunakan 2,4GHz yang mampu memberikan jangkauan Hotspot lebih luas.

Baik AP Band 2,4Ghz ataupun 5GHz sama - sama memiliki keunggulan dan kekurangan. 2,4GHz unggul dalam jangkauan Hotspot yang luas tapi kecepatannya rendah dan tidak stabil. Sedangkan 5GHz koneksinya sangat cepat dan stabil, tapi jangkauannya terbatas.

Cara Mengaktifkan Hotspot Wifi 5GHz
  1. Masuk ke Pengaturan, lalu pilih menu Portable Hotspot (Hotspot Potabel)
  2. Pilih Set Up Portable Hotspot (Atur Hotspot Portabel)
  3. Pilih Select AP Band
  4. Pilih 5GHz

Perlu diketahui bahwa tidak semua HP support dengan Hotspot Wi-Fi 5Ghz. Gunakan cara ini sefleksibel mungkin dengan menyesuaikan keadaan. Jika laptop atau HP Android lain yang ingin tersambung ke Hotspot support AP Band 5GHz, maka kamu bisa menerapkan cara ini. Tapi jika tidak, gunakan saja AP Band 2,4GHz.

2. Batasi jumlah perangkat yang tersambung

Jumlah pengguna Hotspot yang terlalu banyak entah itu berasal dari HP atau laptop menyebabkan kecepatan Hotspot menurun. Selain itu kuota internet juga akan cepat habis. Kamu harus batasi jumlah perangkat yang tersambung dengan masuk ke pengaturan Hotspot

Cara Membatasi Jumlah Pengguna Hotspot
  1. Masuk Pengaturan
  2. Pilih Hotspot pribadi (Personal Hotspot)
  3. Pilih Perangkat Terhubung (Connected Device)
  4. Pilih Batas Perangkat Terhubung (Limit Connected Device)
  5. Pilih salah satu angka antar 1 sampai 3


3. Kunci Hotspot dengan Sandi

Android memberikan fitur penguncian Hotspot yang bertujuan untuk melindungi Hotspot dari perangkat lain yang tidak diijinkan untuk tersambung. Jika kamu mengaktifkan kunci hotspot maka hanya kamu dan orang lain yang kamu beritahu passwordnya yang bisa tersambung. Sehingga jumlah pengguna Hotspot menjadi sedikit dan kecepatan Hotspot pun meningkat.

Cara memberi password pada Hotspot
  1. Buka Pengaturan Hotspot Pribadi
  2. Pilih Siapkan Hotspot WiFi
  3. Atur Jenis Keamanan menjadi WPA2 PSK
  4. Masukkan password

4. Jangan jauh - jauh dari Hotspot.

Maksudnya adalah jarak antara Hotspot dengan perangkat lain yang tersambung janganlah terlalu jauh. Usahakan sedekat mungkin. Jangkauan Hotspot Android itu terbatas. Apalagi yang menggunakan AP Band 5GHz. Jangkauannya lebih sempit daripada Hotspot 2,4GHz. Semakin dekat jarak perangkat yang terdambung dengan Hotspot maka kecepatannya akan meningkat dan stabil.

Nah itulah kumpulan tips untuk mempercepat koneksi Hotspot atau Tethering pada Android. Banyak hal yang mesti diperhatikan untuk mendapatkan kecepatan Hotspot yang maksimal. Provider atau kartu (sim card) yang kamu gunakan pada Hotspot juga berpengaruh pada kecepatan. Pastikan kamu menggunakan sim card yang punya kecepatan akses internet tinggi. Selain itu spesifikasi Android juga berpengaruh. Tidak semua HP Android mendukung fitur WiFi 5GHz yang memiliki koneksi cepat dan stabil. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat. Terima kasih dan sampai jumpa.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar