Skip to main content

2 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi Tanpa Root

Menyembunyikan Aplikasi di Xiaomi - Sering kita dibuat kesal oleh teman atau saudara yang diam - diam membuka HP Xiaomi kita dan mengakses data atau aplikasi penting. Untuk mengatasinya maka kamu harus belajar cara menyembunyikan aplikasi agar aman dari tangan orang lain yang jahil.

Mematikan notifikasi pada layar kunci dan memberi password pada HP Xiaomi adalah hal yang wajib dilakukan jika ingin HP Xiaomi aman. Namun, jika ditambah dengan menyembunyikan aplikasi - aplikasi penting pada HP Xiaomi akan memberikan jaminan keamanan yang pasti.

Ada banyak aplikasi yang mungkin tidak ingin dibuka oleh orang lain. Misalnya aplikasi chatting, Browser, VPN, Email, Foto, dan aplikasi Bank. Bagaimana jika aplikasi - aplikasi tersebut dibuka oleh orang lain. Orang tersebut bisa menulis chat ke orang lain dengan namamu, memposting sesuatu di facebook kamu, dan yang paling bahaya jika orang tersebut mengakses aplikasi banking dan melakukan transaksi dengan rekeningmu. Kamu pasti akan sangat dirugikan dengan hal ini. Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan menyembunyikan aplikasi tersebut.

Pada HP Xiaomi yang menggunakan MIUI ada dua cara atau metode yang dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi. Cara pertama adalah dengan memanfaatkan fitur Hide Apps di Pengaturan Xiaomi. Syaratnya HP Xiaomi kamu harus sudah update ke MIUI 10. Untuk cara kedua adalah dengan mengaktifkan Second Space atau akun kedua pada Xiaomi. Lebih lanjutnya simak ulasan dibawah.

Baca : Tips Memaksimalkan Xiaomi

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada Xiaomi

1. Gunakan fitur Hide Apps

  1. Buka Settings (Pengaturan)
  2. Pilih App Lock
  3. Pencet ikon Gir yang ada di pojok kanan atas
  4. Scrool kebawah dan aktifkan Hidden Apps
  5. Pilih Manage Hidden Apps dan Ceklis atau centang pada aplikasi yang ingin disembunyikan

Untuk membuka aplikasi tersembunyi caranya dengan zoom layar menggunakan dua jari. Selanjutnya masukkan password dan fingerprint yang ada di HP Xiaomi kamu. Maka aplikasi yang tadi tersembunyi akan dimunculkan.

2. Gunakan Second Space

Second Space termasuk fitur andalan di MIUI 8 dan masih ada sampai MIUI yang terbaru saat ini. Dengan Second Space kamu bisa membuat dua tampilan Home screen berbeda. Tidak hanya aplikasi saja yang dapat disembunyikan, melainkan juga foto dan file penting juga bisa disembunyikan.

Cara Mengaktifkan Second Space
  1. Buka Settings
  2. Pilih Second Space, lalu Turn On Second Space
  3. HP Xiaomi akan mati sebentar lalu hidup lagi untuk menghidupkan second space
  4. Tekan Set untuk memulai penyiapan second space
  5. Pilih Set Second Space Password
  6. Masukkan password second space
  7. Impor data, file, dan aplikasi sekaligus atur passwordnya masing - masing
  8. Second space siap digunakan
Cara Masuk ke Second Space
  1. Matikan HP, lalu hidupkan lagi
  2. Masukkan password second space pada lockscreen

Untuk cara keluar dari Second Space sangat mudah. Kamu tinggal tap aja menu Switch yang ada pada tampilan Second Space.


Kamu telah belajar cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi dan melindungi aplikasi sensitif di HP kamu agar orang lain tidak bisa membukanya. Setiap cara yang saya paparkan tadi memiliki tujuan dan fungsi berbeda yang sesuai dengan kebutuhan pribadi masing - masing. Jika hanya ingin menyembunyikan aplikasi saja dan dapat dengan cepat memunculkannya kembali, maka cara pertama sangatlah cocok. Tapi kalau ingin perlindungan lebih mendalam tidak hanya aplikasi saja, maka seharusnya kamu pilih cara kedua yaitu mengaktifkan second space.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar