Skip to main content

10 Aplikasi Transfer File Terbaik dan Tercepat Untuk Android

HP Android yang kamu miliki harus mampu memberikan manfaat bagi kamu sendiri dan orang lain. Kamu bisa berkirim pesan dengan orang lain, melakukan panggilan telepon atau panggilan video (video call), mengambil foto, dan mengirim file-file penting ke orang lain.

Mengirim file lewat HP Android sangat mudah dilakukan. Kamu dapat menggunakan fitur Bluetooth untuk mengirim dan menerima file berukuran kecil secara offline. Atau bisa juga memakai aplikasi chatting seperti WhatsApp yang dapat mengirim file secara online.

Baca : Cara Kirim Gambar WhatsApp Tanpa Terkompres Full Resolusi

Nah, kali ini, kita akan membahas aplikasi transfer file terbaik untuk HP Android. Jadi ada beberapa jenis aplikasi transfer file terbaik untuk Android yang akan kita bahas satu per satu.

Aplikasi Transfer File Terbaik untuk HP Android

Ada sekitar 10 aplikasi transfer file terbaik yang sudah populer di kalangan pengguna Android. Apa saja aplikasinya? Mari kita lihat pada daftar dibawah ini!

1. SHAREit

SHAREit adalah salah satu aplikasi transfer file yang disukai banyak orang. Kamu bisa mengunduhnya gratis dari Play Store. Namun, aplikasi ini terkadang memunculkan banyak iklan. Tapi, hal itu tidak masalah karena SHAREit kinerjanya sangat cepat saat mengirim file.

Kecepatan transfer file SHAREit sekitar 20 Mbps. Kamu dapat mengirim file video, foto, dokumen, atau bahkan aplikasi yang terpasang di HP Android kamu. SHAREit juga menyediakan SHAREit versi desktop yang bisa kamu pasang di Komputer dan Laptop.

2. Xender

Xender termasuk salah satu aplikasi terbaik untuk berbagi file. Xender memungkinkan kamu mengirim file dari HP kamu ke empat perangkat lain secara bersamaan. Ditambah dengan performanya yang cepat. Kamu akan membutuhkan Xender ketika ingin mengirim file ke HP lain. Tidak hanya HP Android saja, tetapi juga iPhone dan Windows. Namun, untuk transfer file ke PC akan memerlukan kerja ekstra karena kamu harus mengunduh dan menginstal software Xender terlebih dahulu.

3. Portal

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi kirim file terbaik untuk Android yang memiliki fitur unik. Fitur ini membuat kamu tidak perlu berada di lokasi yang sama dengan orang yang ingin kamu kirimi file. Kamu hanya perlu menggunakan koneksi Wi-Fi untuk melakukannya. Kemudian, kamu dapat dengan mudah mengirim file, entah itu dalam folder tunggal atau banyak folder semuanya bisa dilakukan.

Kelemahan Portal adalah ia tidak mendukung transfer file dengan PC. Karena itu, kamu harus menyimpan file ke kartu SD terlebih dahulu.

4. Files by Google (File Go)

Dari namanya, pasti kamu sudah bisa menebak kalau aplikasi ini dikembangkan oleh Google. Aplikasi berbagi file keempat ini mungkin sangat menarik. Ini karena kamu dapat menggunakan aplikasi ini dengan Wi-Fi, Hotspot atau Bluetooth, dan dengan atau tanpa koneksi internet. Karena ini dari Google, maka Files by Google sudah pasti bebas dan aman dari virus atau bug.

Dengan kecepatan 480 Mbps, kamu dapat mentransfer file seperti foto, video, dan dokumen penting dengan cepat. Aplikasi ini juga mampu membersihkan file sampah pada Android untuk menambah space memori.

5. Zapya

Zapya adalah aplikasi transfer file terbaik lainnya yang juga menjadi favorit semua orang. Aplikasi ini bekerja dengan cepat seperti aplikasi transfer lainnya dan memungkinkan kamu mengirim file ke iOS, Android, Mac, PC Windows, dll.

Selain itu, Zapya juga bisa untuk ngobrol dan membagikan video streaming langsung secara offline kepada teman-teman kamu jika mereka berada di sekitar kamu. Sama seperti Xender, Zapya dapat mengirim file ke empat orang atau perangkat secara bersamaan. Selain itu, kamu bisa melakukan transfer file dengan menggunakan kode QR saja.

6. Superbeam

Di Superbeam, kamu harus menggunakan koneksi Wi-Fi untuk berbagi file dengan teman-teman. Tanpa Wi-Fi, aplikasi ini tidak akan bekerja. Meski begitu, banyak orang masih menyukai aplikasi ini karena dapat mengirim file ke PC dengan mudah dan efektif.

Selain itu, meskipun kehilangan koneksi Wi-Fi, file yang sedang ditransfer akan tetap dilanjutkan. Ada tiga cara untuk mengirim file menggunakan Superbeam, yaitu menggunakan kode QR, koneksi NFC, dan kunci atau pola tertentu.

7. Mi Drop

Aplikasi Mi Drop ini tidak memuat iklan dan mendukung semua jenis perangkat Android. Mi Drop memiliki fungsi dan kinerja yang mirip seperti Aplikasi SHAREit dan Xender. Ukuran Mi Drop pun cukup kecil sehingga mempercepat proses download dan instalnya dari Play Store

Mi Drop wajib dicoba karena aplikasi ini tidak memerlukan koneksi internet untuk mengirim atau menerima file. Namun, seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Mi Drop hanya tersedia untuk HP Android saja.

8. Send Anywhere

Send Anywhere mampu mengirim file dengan berbagai ukuran ke siapapun di lokasi manapun dengan cepat. Kamu dapat mengirim gambar, video, tautan web, catatan, dokumen, dan banyak lainnya. Kamu juga dapat menggunakan kode QR untuk mentransfer file.

Ada batasan file jadi tidak apa-apa untuk mengirim file sebanyaknya. Sama seperti aplikasi lain, Send Anywhere termasuk aplikasi Transfer File gratis untuk diunduh dan digunakan.

9. WeTransfer

Berbeda dari aplikasi transfer file lainnya, ketika akan mengirim file menggunakan WeTransfer, kamu perlu meminta teman untuk membuat email. Aplikasi ini membutuhkan alamat email dari penerima. Setelah temanmu menuliskan emailnya, kamu dapat mentransfer file hingga 10 GB.

10. CM Transfer

CM Transfer menjadi rekomendasi terakhir dari aplikasi transfer file tetapi juga berfungsi dengan baik. Aplikasi ini ukurannya kecil dan ringan sehingga tidak memerlukan banyak waktu untuk mengunduh dan menginstalnya.

Terlebih lagi, CM Transfer gratis meskipun terdapat iklan yang sering muncul didalam aplikasi ini. CM Transfer dapat mengirim file apapun termasuk gambar, video, dokumen, atau aplikasi dengan kecepatan hingga 10 Mbps.

Masih ada banyak aplikasi transfer file terbaik lainnya yang belum disebutkan di atas. Namun, 10 aplikasi diatas mungkin menjadi yang terbaik dan saya rekomendasikan untuk kamu coba. Jangan ragu untuk memilih yang terbaik menurutmu. Karena pada akhirnya, memiliki aplikasi transfer file terbaik akan membantumu mengirim file dengan cepat dan efektif dengan atau tanpa koneksi Wi-Fi.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar