Skip to main content

5 Emulator Android Terbaik Untuk Main Game di PC dan Cara Instalnya

Apakah kamu sudah bosan memainkan game mobile dengan HP Android? Ini berarti kamu harus mencoba memainkan game Android di Komputer atau Laptop. Namun, kamu perlu memasang emulator android terbaik di PC untuk memainkan berbagai game android.

Bermain game atau menjalankan aplikasi android di Komputer dan Laptop akan memberikan banyak keuntungan dan manfaat lebih. Misalnya dengan layar Laptop atau PC yang besar maka akan memberikan kenyamanan saat menjalankan game atau aplikasi tertentu.

Emulator Terbaik Android untuk PC dan Laptop

Mungkin kamu masih asing dengan instilah emulator. Emulator ini software yang mampu membuka dan menjalankan berbagai aplikasi Android di Komputer dan Laptop. Fungsi emulator adalah untuk membantu kamu menjalankan beberapa aplikasi atau game dengan lebih mudah.

Di sisi lain, emulator android dapat memainkan game-game berat yang tidak dapat dimainkan di smartphone. Dengan demikian, kamu bisa memainkan PUBG, Free Fire, Fortnite, Call Of Duty, atau game lain dengan lebih seru. Kamu akan mendapatkan visual yang lebih besar dan jelas serta lebih sehat untuk mata karena jarak antara layar dan mata yang cukup jauh. Nah, berikut ini 5 emulator Android terbaik yang bisa kamu pakai untuk memainkan game-game berat.

1. MEmu


MEmu ini cocok untuk para gamer karena emulator ini memiliki banyak fitur. Emulator MEmu dapat kamu jalankan pada Laptop atau PC dengan chipset AMD atau Intel. Selain itu, emulator ini juga mendukung berbagai versi Android seperti Jelly Bean, Kit Kat, dan Lollipop.

Baca : 8 Laptop 3 jutaan terbaik untuk kerja dan bisnis

2. Bluestacks


Bluestacks adalah emulator android terbaik berikutnya untuk PC dengan RAM minimum 2GB. Bluestack versi terbaru diklaim memiliki kinerja lebih stabil, lebih cepat, dan memiliki beberapa fitur baru. Salah satunya adalah dukungan untuk menjalankan Android versi Nougat. Tampilan antarmukanya sangat sederhana dan mudah dipahami oleh semua orang. Sehingga Bluestack kini menjadi emulator android paling populer.

3. Genymotion


Genymotion ini termasuk software trial yang mampu memainkan banyak game Android. Sangat cocok untuk developer. Genymotion memiliki update yang berkala dan tersedia untuk android 8.0 Oreo. Meskipun demikian, kamu harus sedikit menguasai coding untuk menjalankan emulator ini. Ditambah lagi kamu juga harus mengeluarkan budget per tahunnya untuk tetap bisa menggunakan software ini.

4. Manymo


Untuk mendapatkan dan memasang software Manymo ini di PC, kamu harus mengeluarkan banyak uang karena software ini harganya cukup mahal. Meskipun begitu, emulator ini memiliki kualitas yang hebat. Kamu tidak perlu mendownload Manymo secara langsung. Itu karena Manymo dapat dijalankan oleh pengguna secara online melalui browser. Selain itu, tidak menghabiskan ruang penyimpanan di PC kamu.

5. Nox App Player


Nox adalah emulator android untuk PC yang cukup ringan digunakan. Dengan menggunakan Nox, kamu dapat memainkan game android dengan mudah. Kamu dapat menambahkan keyboard, mouse, dan juga joystick. Nox dapat dijalankan di hampir semua sistem operasi, termasuk Windows dan Mac OS. Apalagi ada dukungan Gamepad yang akan menambah keasyikan memainkan game.

Selain 5 emulator diatas, ada juga beberapa emulator lain yang cukup bagus. Misalnya XePlayer, Remix OS Player, Windroye, Jar of Bean dan sebagainya. Namun, kelima opsi emulator diatas saya rasa sudah cukup untuk kamu coba terlebih dahulu.

Cara Memasang Emulator Android di PC

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal salah satu software emulator di PC. Emulator yang akan saya jelaskan cara menginstalnya dibawah ini adalah MEmu. Berikut cara instalnya

  1. Download software MEmu
  2. Setelah itu, klik dua kali pada program MEmu dan pilih instal
  3. Pilih Launch untuk membuka emulator setelah proses instalasi selesai
  4. Klik dua kali di aplikasi Play Store, lalu masukkan akun Gmail kamu terlebih dahulu
  5. Kamu akan menjumpai halaman yang memuat informasi pembayaran, kamu pilih saja opsi No Thanks
  6. Selanjutnya, kamu cukup membiarkan prosesnya berlangsung untuk mengembalikan pengaturan dan data akun yang tersimpan
  7. Pilih Get Started

Penutup

Memang, dunia permainan saat ini bukanlah menjadi milik anak-anak lagi. Anak-anak, remaja, dan orang dewasa saat ini telah memainkan satu jenis permainan modern yaitu game. Sayangnya, bermain game di smartphone memiliki dampak buruk bagi mata dan otak. Dengan menggunakan PC atau komputer akan mengurangi radiasi dibanding dengan smartphone. Apalagi smartphone tidak cocok digunakan untuk bermain game berat sehingga kamu harus mengubahnya.

Emulator terbaik untuk PC 2019 di atas menawarkan 5 jenis software berbeda dengan keunggulannya masing-masing. Jangan ragu untuk memilih, mendownload, menginstal, dan memainkan game favoritmu di PC dengan salah satu emulator android terbaik.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar