Skip to main content

Kebiasaan Buruk Yang Bikin HP Cepet Rusak Beserta Solusinya

Di dunia ini tidak ada yang abadi. Termasuk HP atau smartphone. Saya yakin kamu pasti pernah ganti HP gara-gara rusak atau karena baterainya bocor. Salah satu penyebab utama kenapa HP bisa rusak adalah kecerobohan pengguna HP tersebut. Misalnya HP kamu kemasukan air atau kebanting tanpa disengaja.

Namun selain itu, ada juga beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan saat menggunakan HP yang bisa dihindari agar HP tetap awet dan tidak rusak.

Kebiasaan Buruk Yang Bikin HP Cepet Rusak

1. Memakai Charger Murahan


Hal pertama yang paling vital dalam pengoperasian suatu smartphone adalah charger. HP tidak bisa beroperasi lebih dari satu atau dua hari tanpa dicolokkan ke cahrger. Terutama HP zaman sekarang yang sering dipakai sepanjang hari. Itulah mengapa memilih charger yang tidak abal-abal sangatlah penting. Jangan sampai HP kesayangan kamu rusak isinya karena charger abal-abal dan murahan.

Charger-charger ori dan branded biasanya mahal karena punya banyak mekanisme pengaman. Misalnya ada overcharging protection dan penstabil aliran listrik yang biasanya tidak dimiliki oleh charger-charger murahan. Maka dari itu HP yang biasanya dicas dengan charger ori atau charger yang bagus umurnya akan lebih panjang. Terutama dari sisi baterai.

2. Cas HP saat baterai tinggal 0%


Cas HP saat baterainya habis tinggal 0% dan dicas semaleman akan berdampak buruk pada kesehatan baterai. Istilah memakai HP sampai kosong baterainya disebut Deep Cycling.

Baterai berbasis Lithium yang ada di perangkat elektronik tidak suka kalau dipakai sampai benar-benar habis. Hal itu akan memperpendek umur HP. Kalau bisa, saat baterai tinggal 25% harus segera di cas. Jangan sampai 10% baru dicas. Itu akan mengurangi umur baterai.

Jika memungkinkan kemananapun kamu pergi, selalu bawa charger dan power bank. Agar baterai HP tidak drop.

3. Main Game Sambil Dicas


Disamping Deep Cycling ada satu hal lagi yang sering merusak baterai HP, yaitu menggunakan HP terutama main game sambil dicas. Sebaiknya kamu jangan sering-sering melakukan hal tersebut.

HP itu beda sama Laptop. Laptop bisa mengambil langsung sumber daya dari Adapter listriknya. Sedangkan HP mau tidak mau harus mengambil listrik dari baterai dulu. Dan karena ambil listriknya itu dari baterai dan baterai dalam keadaan dicas, ini akan mengakibatkan Cycle Charging pada baterai. Semakin banyak Cycling akan memperpendek umur baterai tersebut.

Ditambah lagi baterai harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan prosesor dan layar sambil ngecas baterai. Jadi selain Cycling tadi, panas yang ditimbulkan juga bisa merusak HP kamu. Lain kali kalau mau mabar dan baterai HP udah terlanjur kosong, please mabarnya nanti saja. Tunggu baterainya agak penuh dulu.

4. Menaruh HP Satu Tempat dengan Benda Lain


Di artikel sebelumnya yang membahas 7 kebiasaan yang bisa merusak laptop, saya bilang kalau Laptop itu jangan disatukan sama barang-barang lain didalam tas. Kalau bisa sih taruh di tempat tersendiri. Dan itu juga berlaku untuk HP.

Jangan masukkan HP kedalam kantong yang ada barang - barang lain didalamnya. Misalnya kunci, koin-koin, headset, charger, dll. Kalau ada barang solid atau padat kemungkinan untuk bergesekan dengan bodi HP semakin tinggi dan menyebabkan lecet.

Dan itu juga berlaku untuk kantong yang kotor. Misalnya ketika kamu habis main di pantai, bajunya gak di cuci seminggu, dan akhirnya banyak pasir yang numpuk. Nah diantara pasir itu sebenarnya ada banyak mineral-mineral yang kekerasannya bisa menggores besi, kaca, atau plastik di HP kamu.

5. Meninggalkan HP didalam Mobil


Panas adalah musuh semua elektronik. Seperti yang dapat saya uraikan di nomor 3, panas dapat merusak HP dan baterai. Apalagi jika HP terkena panas 50° Celcius atau lebih terus-terusan. Dan itu bisa terjadi kalau kita menaruh HP didalam mobil.

Meninggalkan HP didalam mobil saat siang hari panas yang bisa membuat suhu didalam mobil bisa sampai diatas 50° Celcius. Lama-lama hal itu bisa bikin baterai HP kamu ngambek. Ini termasuk untuk semua perangkat elektronik. Selain bisa panas, kemungkinan meledak juga ada.

Tidak cuma resiko kerampokan saja saat ninggalin barang-barang di mobil, tetapi juga bisa merusak perangkat elektronik kamu karena panas.

6. Menaruh HP di Saku Belakang


Ada beberapa orang yang masih saya lihat melakukan kebiasaan ini. Dan sebaiknya kebiasaan ini ditinggalkan. Yaitu kebiasaan menaruh HP di kantong belakang celana. Kita bisa lihat beberapa tahun lalu contohnya Iphone X banyak yang naruh di saku pantat dan bisa bengkok. Bukan berarti cuma Iphone saja yang bisa bengkok, ada juga banyak HP yang integritas strukturnya tidak sekuat HP lainnya dan kemungkinan bengkok selalu ada.

Tidak cuma bengkok, tapi bisa juga retak, jatuh, dan kedudukan. Intinya bukan ide bagus menaruh HP di saku belakang. Taruhlan HP di saku depan. Atau misalnya cewek yang baju dan celananya tidak ada sakunya, ya taruh aja HPnya di tas.

Ada berapa kebiasaan jelek di artikel ini yang masih sering kamu terapin di HP kamu selama ini? Pokoknya yang namanya barang pribadi itu disayang-sayang. Bisa aja ini pemberian orang tua, hasil tabungan, pemberian temen, atau pemberian pacar. Pokoknya ya yang namanya barang-barang pribadi itu dijaga dengan baik-baik. Dan Semoga tips - tips untuk menjaga HP kamu tetep awet diatas membantu.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar