Skip to main content

Cara Melihat Chat WhatsApp Yang Sudah Dihapus Dengan HP Android dan iOS

Siapa yang penasaran dan ingin tahu chat WhatsApp orang lain yang telah dihapus? Sering kali kita mencoba menebak-nebak isi pesan tersebut. Dan tebakan tersebut ternyata selalu salah.

Untuk mengetahuinya dengan pasti, sebenarnya ada cara yang bisa kamu coba untuk mengembalikan chat WhatsApp yang dihapus sehingga rasa penasaran kamu pada isi chat tersebut akan terjawab. Cara ini bisa diterapkan di semua smartphone seperti Android dan Iphone.

Cara Melihat Chat WhatsApp yang dihapus di Android dan iPhone tanpa Backup

Ada beberapa metode untuk melihat chat WhatsApp yang dihapus dari Android dan iPhone. Saya telah mengelompokkan metode ini dalam beberapa poin seperti dengan backup, tanpa backup, dan sebagainya. Di bagian ini, kamu akan mengetahui metode untuk memulihkan chat tanpa backup.

A. Memulihkan chat WhatsApp tanpa backup di Android

Ada tiga langkah untuk memulihkan sekaligus melihat chat WhatsApp yang dihapus untuk Android tanpa backup.

1. Instal Software Dr.Fone

Download aplikasi pihak ketiga di Google PlayStore dan internet. Misalnya, kamu bisa Download dan Instal Dr.Fone untuk restore atau memulihkan data. Setelah menginstal, gunakan PC atau Laptop kamu untuk membuka software Dr. Fone dan menghubungkannya ke Android. Gunakan kabel USB untuk menghubungkannya lalu klik Data Recovery pada menu utama.

2. Temukan chat WhatsApp yang hilang

Selanjutnya, pilih ikon atau tombol WhatsApp Messages & Attachments. Kemudian, lanjutkan dengan mengklik Next untuk konfirmasi. Lanjutkan memindai (scan) atau menghapus chat.

3. Pulihkan percakapan

Pada langkah ini, kamu telah selesai memindai dan akan menemukan semua chat. Pilih Chat WhatsApp dan centang pada kotak jika ingin menyimpannya di WhatsApp. Selanjutnya konfirmasi dengan klik Recover untuk memulihkan pesan. Akhirnya, kamu dapat membaca chat WhatsApp yang dihapus.

B. Memulihkan chat WhatsApp tanpa backup di iPhone

Cara mengembalikan chat WhatsApp yang dihapus untuk iPhone juga terdiri dari tiga langkah.

  1. Langkah pertama sama dengan sebelumnya. Yaitu menginstal software pihak ketiga, membukanya di PC atau Laptop, dan menghubungkan ke iPhone dengan kabel USB.
  2. Kamu harus menemukan chat yang hilang melalui tombol Data Recovery. Pilih untuk memindai chat yang hilang di WhatsApp dengan memilih iOS Device. Setelah itu, kamu cukup memilih file yang ingin dipindai atau discan.
  3. Langkah berikutnya sama seperti mengembalikan chat WhatsApp tanpa backup pada Android, yaitu memulihkan chat yang hilang dengan menyelesaikan pemindaian, pilih chat, dan simpan. Namun, ada sedikit perbedaan karena muncul opsi memfilter format pesan. Opsi tersebut terletak pada Menu yang ada disebelah kiri. Pulihkan chat dengan mengklik Recover To Computer untuk menyimpan chat di PC kamu. Kemudian, kamu dapat membukanya di PC atau mengembalikannya ke iPhone.

Cara Melihat chat WhatsApp Yang Dihapus dengan Notification Log dan Backup

Berikutnya, ada dua metode untuk membaca chat WhatsApp yang dihapus untuk Android dan iOS. Berbeda dari sebelumnya, metode ini menggunakan Notification Log dan Backup.

A. Notification Log

Melalui Notification Log kamu dapat melihat dan membaca chat yang dihapus di WhatsApp. Meskipun begitu, kamu harus mengikuti langkah-langkah dibawah ini agar bisa melihat chat whatsApp dengan notification log.

  1. Tekan dan tahan pada area bebas di layar utama atau Homescreen Android.
  2. Masuk ke Menu pengaturan pada daftar widget.
  3. Selanjutnya, tekan dan tahan Pengaturan dan tambahkan widget pengaturan di layar utama. Kemudian, daftar opsi berikutnya akan muncul.
  4. Terakhir, kamu harus memilih Notification Log.

Chat yang dihapus di WhatsApp akan ditampilkan sebagai pemberitahuan setelah mengetuk ikon Pengaturan Notification Log yang sudah ditambahkan. Kamu dapat mengetahui chat WhatsApp yang dihapus dan mengambil informasi apa pun yang dibutuhkan.

B. Backup

Cara mengetahui chat WhatsApp yang dihapus dengan sistem backup sangatlah mudah.

  1. Uninstal aplikasi WhatsApp dan instal WhatsApp lagi dari Google Play Store.
  2. Selanjutnya, WhatsApp akan memintamu menyetujui syarat dan ketentuan. Juga, masukkan nomor telepon, kode negara, lalu pilih Next atau Selanjutnya.
  3. Setelah itu, kamu akan mendapatkan opsi untuk memulihkan chat dari backup dengan mengklik opsi Pulihkan.
Penutup

Sebaiknya sebelum mengirim chat WhatsApp, kamu harus memastikan jika isi chat tersebut adalah baik sebelum kamu kirim ke orang lain. Jangan sampai kamu menghapus chat tersebut dan membuat orang lain yang belum membacanya menjadi penasaran. Alasanmu menghapus chat tersebut mungkin karena isi chatnya yang tidak penting, salah kirim, dan sebagainya.

Sekali lagi, ini sangat mengganggu karena meminta pesan yang dihapus kadang-kadang terdengar tidak sopan. Beberapa dari mereka khawatir jika pertanyaan yang mereka kirim ke kamu terlihat konyol, terlalu penasaran, kepo, atau mendapat jawaban yang tidak memuaskan.

Karena itu, kamu harus mengirim pesan chat sebagai klarifikasi, baik yang sudah dihapus maupun yang belum dihapus. Hal itu lebih baik dan tidak menimbulkan perasaan aneh bagi penerimanya.

Apa pun yang terjadi, mereka ingin melihat bentuk nyata, tampilan, dan konten chat yang dihapus. Pernyataan atau klarifikasi kamu mungkin dianggap bohong karena mereka tidak dapat melihat bukti, yaitu isi chat yang kamu hapus.

Untungnya, beberapa metode untuk melihat chat WhatsApp yang dihapus di atas sangat berguna. Kamu dapat menggunakannya untuk memulihkan chat lama atau chat yang dihapus.

Di luar sana, masih banyak orang yang belum tahu cara ini walaupun mereka sering mendengarnya. Oleh karena itu, kamu bisa membagikan artikel ini kepada teman-temanmu agar mereka mengetahui caranya melihat chat WhatsApp yang dihapus.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar