Skip to main content

5 Cara Mudah Membuka Situs Yang Diblokir di HP dan PC

Saat ini, internet adalah sumber dari semua kebutuhan manusia dimana internet dapat menjawab hampir semua pencarian yang diketikkan pengguna pada search engine seperti Google dan Yahoo. Namun, tidak semua situs dari hasil pencarian dapat dibuka karena pemerintah telah memblokir beberapa situs tersebut.

Pemerintah tentu memiliki alasan kuat mengapa mereka harus memblokir beberapa situs. Biasanya, situs tersebut berisi hal-hal yang tidak pantas untuk dibuka, dilihat, dan dibaca. Sebagai contoh adalah pornografi, kekerasan, penindasan, kejahatan atau unsur-unsur lainnya.

Alasan lain adalah situs tersebut tidak ditujukan untuk semua orang. Mungkin, informasi yang ada di situs tersebut sangat rahasia dan berbahaya jika diketahui oleh semua orang.

Meskipun begitu, banyak situs web yang tidak mengandung hal-hal diatas tapi tetap mendapat pemblokiran. Padahal, informasi dari situs tersebut sangat berguna bagi banyak orang yang membutuhkannya.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan membahas cara membuka situs yang diblokir. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuka situs yang diblokir entah itu menggunakan PC maupun HP.

5 Cara Membuka Situs Yang Diblokir

Mulai sekarang, jangan sebal atau sedih jika kamu menemukan situs yang diblokir. Ternyata ada 5 cara mudah untuk membuka situs yang diblokir yang bisa kamu coba satu per satu.

1. Google Translate

Google Translate adalah situs web yang dikenal untuk menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lain. Semua orang di dunia menggunakan Google Translate untuk memenuhi kebutuhannya dalam komunikasi. Selain itu, platform ini juga dapat membantu kamu mengakses situs yang diblokir.

Pertama, buka Google Translate lewat browser seperti Chrome atau Mozilla di PC atau Laptop kamu. Selanjutnya, gunakan kotak teks sebelah kiri untuk mengetikkan alamat situs yang ingin dibuka. Klik tautan situs web yang muncul di kotak kanan. Maka kamu akan diarahkan ke situs tersebut.

2. VPN

VPN adalah sebuah layanan yang bisa digunakan untuk membuka situs yang diblokir. Cara membuka situs yang diblokir menggunakan VPN tidaklah sulit. Namun, kamu perlu mendownload dan menginstal aplikasi membuka situs diblokir pada HP kamu terlebih dahulu. Disini saya rekomendasikan kamu untuk menginstal aplikasi Turbo VPN.

Setelah terinstal, buka aplikasi Turbo VPN dan pilih tombol I Agree. Pilih server dengan mengetuk ikon bola dunia dan sambungkan ke jaringan VPN HP Android kamu. Dalam waktu singkat, kamu akan melihat notifikasi Terhubung atau Connected.

Cara diatas adalah cara mengakses situs dengan bantuan VPN pada HP Android. Jika ingin melakukannya melalui laptop atau PC, silahkan download dan instal TunnerBear VPN.

Buka Tunner Bear VPN dan klik toogle untuk mengaktifkan VPN. Kemudian tunggu untuk mendapatkan koneksi paling stabil. Jika sudah kamu bisa menggunakannya untuk membuka situs-situs yang diblokir.

3. Proxy

Yang ketiga menggunakan web Proxy untuk mengakses situs web. Proxy dapat digunakan di Android dan komputer dengan cara dan kinerja yang sama. Cara ini lebih sederhana karena dapat membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi. Di sini, kamu hanya perlu memastikan bahwa koneksi internetmu stabil selama menggunakannya.

Buka situs https://www.proxysite.com/ dan pilih server. Masukkan URL situs web yang ingin dibuka dan pilih "GO!".

4. SSH (Secure Shell)

SSH berfungsi melindungi pertukaran data dari ancaman virus. Kinerja SSH menyerupai VPN tetapi memerlukan aplikasi tambahan pihak ketiga.

Buka situs FastSSH dan buat akun dengan menuliskan username dan password. Pilih Create Account untuk membuat akun SSH. Kemudian, kamu akan mendapatkan username SSH, password SSH, dan alamat IP host.

Cara selanjutnya untuk membuka situs yang diblokir menggunakan SSH adalah dengan membuka KPNTunnel Rev dan masuk ke menu Settings untuk mengaktifkannya. Buka bagian Host / alamat IP, isi username dan password SSH kamu. Selanjutnya, gunakan www.bing.com untuk mengisi URL Pinger dan aktifkan Auto Reconnect. Terakhir, gunakan Default Settings untuk mengaktifkan Custom DNS. Aktifkan KPnTunnel dan gunakan browser untuk mengakses situs yang ingin dibuka.

5. Chrome Extension dan Add-On FireFox

Chrome dan Firefox menawarkan cara yang lebih mudah untuk membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi tambahan. Dengan cara ini, kamu hanya perlu membuka Chrome dan menambahkan ekstensi Browsec VPN - Free and Unlimited VPN. Tambahkan ekstensi tersebut ke chrome dan instal melalui pop up yang muncul, lalu klik Add Extension. Klik ikon di posisi kiri atas untuk memilih server dan geser toggle untuk mengaktifkan ekstensi. Selanjutnya, kamu dapat mulai membuka situs yang diblokir.

Cara membuka situs yang diblokir menggunakan Mozilla Firefox adalah dengan mengunjungi halaman FireFox-Add On. Pilih AnonymoX, lalu tambahkan Add-On AnonymoX tersebut ke FireFox. Akan ada pop up untuk mengonfirmasi pemasangan Add On, pilih saja Add. Pilih server setelah mengakses Anonymox dan geser toggle untuk mengaktifkan VPN.

Baca : Cara Instal Internet Download Manager Gratis Tanpa Registrasi Serial Number

Itu adalah beberapa cara membuka situs yang diblokir dengan mudah. Tapi, jangan gunakan 5 cara di atas untuk membuka situs yang tidak pantas ya! Gunakanlah dengan bijak.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar