Skip to main content

4 Cara Mengaktifkan dan Mematikan WiFi di Laptop Windows 10

WiFi dapat diartikan sebagai Wireless Local Area Network (WLAN) yang memanfaatkan gelombang radio frekuensi tinggi untuk menyediakan jaringan nirkabel dan koneksi Internet ke berbagai perangkat seperti Laptop, PC, HP/Smartphone, dll.

Sebagian besar perangkat elektronik, termasuk Laptop Windows 10 memiliki fitur yang mempermudahkan kita untuk bisa mengaktifkan WiFi dan mematikannya serta terhubung ke jaringan WiFi yang diinginkan.

Namun terkadang kita mengalami kesulitan ketika akan mengaktifkan WiFi di Windows 10. Terutama ketika Laptop mengalami masalah konektivitas WiFi sehingga sangat sulit tersambung ke jaringan WiFi yang tersedia.

Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan memberikan berbagai cara untuk mengaktifkan serta mematikan WiFi di Laptop dan PC. Terutama untuk kamu yang Laptop dan PCnya sudah memakai Windows 10

Cara mengaktifkan dan Mematikan WiFi pada Laptop Windows 10

1. Gunakan Keyboard

Cara paling sederhana untuk mengaktifkan atau mematikan WiFi di Windows 10 adalah dengan menggunakan tombol WiFi di keyboard Laptop. Banyak Laptop yang memiliki tombol khusus untuk menyalakan WiFi pada keyboardnya.


Kamu hanya perlu menekan tombol WiFi sebanyak satu kali pada keyboard untuk mengaktifkan WiFi. Tekan sekali lagi untuk mematikannya.

2. Gunakan Menu di Taskbar

  1. Klik ikon WiFi yang terletak di Taskbar. Biasanya berada di pojok kanan bawah layar Laptop.
  2. Setelah itu, klik tombol WiFi untuk mengaktifkan WiFi lalu klik nama jaringan WiFi yang tersedia untuk mulai menyambungkan.

Tombol WiFi berfungsi layaknya sakelar, memungkinkan kamu untuk mengaktifkan / mematikan WiFi hanya dengan sekali klik

3. Gunakan Ikon Notification

Kamu juga bisa mengaktifkan / mematikan WiFi di Windows 10 dengan mengklik Ikon Notification. Berikut caranya:

  1. Klik ikon Notification pada taskbar, di pojok kanan bawah.
  2. Klik Network.
  3. Seperti cara sebelumnya, klik tombol WiFi untuk mengaktifkan WiFi dan klik nama jaringan yang ada untuk bergabung atau terhubung ke ke jaringan WiFi tersebut.

4. Gunakan Settings atau Pengaturan

  1. Klik tombol Start Windows, kemudian klik ikon Settings (Pengaturan).
  2. Pada layar Settings, klik Network & Internet.
  3. Selanjutnya klik pada opsi WiFi di menu sidebar sebelah kiri layar, kemudian aktifkan toogle Wireless Network Connection untuk mengaktifkan WiFi, atau matikan untuk mematikan WiFi di Laptop kamu.

Tapi jika kamu tidak menemukan ikon WiFi, kemungkinan kamu memiliki kabel Ethernet yang terhubung ke Laptop. Atau bisa juga karena WiFi Adapter telah dimatikan pada Laptop atau PC kamu. Untuk mengatasinya, lakukan cara dibawah ini.

  1. Klik tombol Start Windows, kemudian klik ikon Settings.
  2. Pilih Network & Internet.
  3. Klik opsi WiFi pada menu sidebar sebelah kiri layar, kemudian scroll ke bawah dan klik Change Adapter Option.


  4. Klik kanan pada Wireless Network Connection dan kemudian klik Enable pada menu yang muncul.


Semoga, setelah melakukan cara diatas, Laptop kamu akhirnya terhubung ke WiFI dan dapat mengakses internet menggunakan WiFi. Jika kamu masih mengalami kesulitan, silahkan tulis saja di kolom komentar. Nanti saya coba bantu. Terima kasih.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar