Skip to main content

Cara Mengatasi WiFi Susah Konek dan Putus Nyambung pada Laptop & PC

Biasanya masalah sambungan WiFi yang selalu putus nyambung dan susah konek ini disebabkan oleh koneksi WiFi pada Laptop atau PC Windows 10 yang menurun atau terputus tiba-tiba tanpa sebab yang jelas.

Sebagian orang yang mengalami masalah wifi yang putus nyambung ini berpikir bahwa masalah ini diakibatkan oleh Router/Modem WiFi yang rusak dan tidak berfungsi. Ada juga yang menyalahkan provider internet karena memberikan layanan yang buruk.

Namun, penyebab utamanya adalah Driver untuk Wifi Adapter tidak diperbarui ke versi yang terbaru. Ditambah lagi Windows 10 yang secara default sering kali mematikan Wifi Adapter untuk menghemat konsumsi baterai.

Mengatasi Wifi Sering Terputus pada Laptop

Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba cara-cara dibawah ini untuk memperbarui Driver Wifi Adapter serta mencegah Laptop/PC Windows 10 untuk mematikan WiFi Adapter-nya. Sehingga masalah sambungan WiFi yang selalu terputus ini bisa segera teratasi.

Baca : 4 Cara Mengaktifkan dan Mematikan WiFi di Laptop Windows 10

Update Driver WiFi Adapter

Sistem operasi Windows 10 seharusnya dapat melakukan update driver untuk semua perangkat pada Laptop/PC secara otomatis. Tapi terkadang Windows 10 tidak melakukan update driver otomatis sehingga menimbulkan berbagai macam masalah pada Laptop dan Komputer.

Untuk cara update drivernya, mari simak langkah-langkah dibawah

  1. Klik kanan pada tombol Start Windows 10, kemudian klik pada opsi Device Manager di Menu yang muncul.
  2. Klik Network Adapters untuk melihat opsi lebih lanjut.
  3. Klik kanan pada WiFi Adapter untuk Laptop kamu, lalu pilih Update Driver Software.
  4. Pada tampilan selanjutnya, pilih "Search Automatically for Updated Driver Software".

PC/Laptop kamu akan mulai mencari Driver terbaru untuk Wif Adapter yang sesuai. Sistem akan memberi tahumu jika PC/Laptop telah berhasil menginstal Driver terbaru atau mencarikan Driver terbaru yang dapat kamu instal sendiri.


Dengan memperbarui driver untuk WiFi Adapter seharusnya sudah bisa memperbaiki masalah koneksi WiFi yang sering putus nyambung pada Laptop. Jika belum berhasil, maka kamu harus lanjut ke langkah berikutnya.

Nonaktifkan WiFi Sense

  1. Klik pada tombol Start Windows 10 kemudian klik pada Ikon Settings.
  2. Pada settings, klik opsi Network & Internet.
  3. Selanjutnya, klik WiFi pada menu sidebar kiri dan nonaktifkan opsi untuk "Connect to suggested open Hostspots".

Setelah itu, Nyalakan kembali PC dan lihat apakah masalah Wifi yang sering terputus masih muncul atau tidak.

Cegah PC/Laptop Mematikan WiFi Adapter

Seperti yang sudah saya jelaskan diawal, mungkin PC secara otomatis mematikan WiFi Adapter-nya untuk menghemat baterai. Karena, fitur hemat daya batarai (Battery Saver) ini sering mengganggu sambungan Jaringan WiFi, maka kamu boleh mematikan fitur ini.

  1. Klik kanan pada tombol Start Windows 10, lalu klik Device Manager.
  2. Klik Network Adapters
  3. Klik kanan pada WiFi Adapter, kemudian klik Properties.
  4. Klik Tab Power Management, kemudian nonaktifkan "Allow the computer to turn off this device to save power".

Setelah melakukan semua cara diatas, saya jamin masalah koneksi WiFi yang sulit konek dan putus nyambung pada Laptop dan PC kamu akan teratasi. Semua cara yang sudah dijelaskan diatas sudah pasti aman, jadi kamu tidak perlu khawatir. Apabila masih ada masalah, tuliskan saja di kolom komentar. Terima kasih.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar