Skip to main content

Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop atau Komputer Secara Manual dan Otomatis

Kita perlu mengubah kecerahan layar komputer secara teratur. Saat berada diluar ruangan dengan intensitas cahaya tinggi, maka kita perlu menambah kecerahan layar laptop agar bisa melihat tampilan layarnya. Saat berada di ruangan yang gelap, kita perlu mengurangi kecerahan layar agar tidak pedih di mata. Selain itu, mengurangi kecerahan layar akan membantu menghemat daya dan meningkatkan masa pakai baterai laptop.

Selain mengubah kecerahan layar secara manual, kamu juga bisa mengubahnya secara otomatis dengan berbagai cara. Terutama untuk laptop yang memakai sistem operasi Windows. Windows dapat menyesuaikan kecerahan layar dengan mengacu pada seberapa banyak daya baterai yang tersisa, Laptop dalam keadaan dicharge atau tidak, dan menggunakan sensor cahaya yang terpasang di komponen laptop.

Cara Menyesuaikan Kecerahan Secara Manual di Laptop dan Komputer

1. Menggunakan tombol keyboard

Pada keyboard laptop, kamu akan menemukan tombol shortcut untuk menambah atau mengurangi kecerahan layar dengan cepat. Biasanya tombol-tombol ini terletak pada baris atas keyboard mulai dari tombol F1 sampai F12. Untuk menyesuaikan kecerahan layar, tekan saja diantara tombol diatas yang memuat ikon seperti matahari, senter, atau lampu.


Tombol-tombol diatas termasuk kelompok tombol fungsi, yang berarti kamu mungkin harus tekan dan tahan tombol Fn pada keyboard. Biasanya tombol ini terletak di pojok kiri bawah keyboard.

2. Menggunakan Opsi Brightness di Windows

Kamu juga dapat menyesuaikan kecerahan layar dari dalam Windows. Cara ini sangat membantu jika keyboard laptopmu tidak memiliki tombol-tombol diatas atau bagi kamu yang menggunakan tablet.

Pada Windows 10, kamu dapat mengklik ikon baterai di area notifikasi lalu klik ikon kecerahan (brightness) yang muncul. Setiap kali mengklik ikon brightness maka kecerahan layar akan meningkat sebanyak 25%.


Atau kamu juga bisa mengatur kecerahan dengan cara berikut. Buka Settings (Pengaturan), pilih System, lalu pilih Display. Atur kecerahan dengan menggeser slider pada opsi Adjust brightness level.


Jika menggunakan Windows 7 atau 8, opsi untuk mengatur kecerahan ada di Control Panel. Buka Control Panel, pilih Hardware and Sound dan pilih Power Options. Kamu akan melihat slider Screen Brightness, lalu tinggal atur saja sesuai kebutuhan.


Cara Menyesuaikan Kecerahan Laptop Secara Otomatis

1. Ketika Laptop Dicharge

Kamu dapat mengatur tingkat kecerahan layar ketika Laptop dalam keadaan charging atau tidak. Kamu bisa mengaturnya ke tingkat kecerahan tinggi ketika Laptop dicolokkan ke charger, atau lebih rendah ketika laptop tidak terhubung ke charger dan menggunakan daya baterai. Windows kemudian akan secara otomatis menyesuaikan kecerahan laptop.

Untuk melakukannya, buka Control Panel. Pilih Hardware and Sound, pilih Power Option, lalu klik Change Plan Settings disamping Power Plan yang dipilih. Secara default, biasanya Laptop menggunakan Balanced Power Plan.


Sesuaikan tingkat kecerahan layar yang berbeda untuk On Battery dan Plugged In di bawah menu Adjust Plan Brightness. Pengaturan ini berkaitan dengan Power Plan yang digunakan. Kamu dapat mengatur tingkat kecerahan layar yang berbeda untuk setiap Power Plan.

Baca : 3 Cara Mudah Screenshot Tampilan Desktop Pada Laptop dan PC

2. Berdasarkan Sisa Baterai

Kamu dapat secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan sisa baterai yang dimiliki Komputer atau Laptop. Pada Windows 10, gunakan saja fitur Penghemat Baterai (Battery Saver). Buka Settings, pilih System, lalu pilih Battery Saver. Klik Battery saver settings.


Pastikan opsi Lower screen brightness while in battery saver diaktifkan, kemudian pilih persentase baterai di mana kamu ingin fitur Battery Saver mulai aktif. Ketika Battery Saver diaktifkan pada persentase itu, maka secara otomatis layar laptop akan meredup untuk menghemat baterai.

Battery Saver akan sangat berguna jika kamu mengaktifkannya ketika baterai tinggal 20%. Sayangnya, tidak ada cara untuk menyesuaikan tingkat kecerahan yang akan dipilih oleh Battery Saver.

3. Berdasarkan Cahaya Sekitar

Banyak laptop modern memiliki sensor kecerahan yang bekerja mirip dengan sensor yang pada smartphone. Windows dapat menggunakan sensor ini untuk mengatur kecerahan adaptif. Alhasil secara otomatis Windows akan meningkatkan kecerahan layar ketika Laptop berada di tempat terang, dan mengurangi kecerahan ketika berada di tempat gelap.

Namun, ada sebagian orang yang justru terganggu dengan fitur ini karena kecerahan layar yang dihasilkan tidak sesuai dengan keinginan orang tersebut. Dan mungkin kebanyakan orang lebih suka mengatur kecerahan secara manual dengan cara diatas tadi. Kamu perlu mencoba baik cara manual maupun otomatisnya untuk memutuskan cara mana yang lebih kamu sukai.

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur kecerahan otomatis pada Windows 10, buka Settings, pilih System. Pilih Display. Aktifkan atau matikan opsi Change brightness automatically when lighting changes. Kamu hanya akan melihat opsi ini jika Laptopmu memiliki sensor kecerahan.


Atau kamu dapat mengubah pengaturan ini melalui Control Panel. Buka Control Panel, pilih Hardware and Sound, pilih Power Option, klik Change Plan Settings di sebelah Power Plan yang kamu gunakan. Kemudian pilih Change advanced power settings.

Pilih Display, lalu klik Enable adaptive brightness. Opsi ini memungkinkan kamu mengontrol apakah kecerahan adaptif akan digunakan ketika Laptop menggunakan daya baterai tanpa dicharge atau ketika Laptop sedang dicharge. Misalnya, kamu dapat menonaktifkannya ketika Laptop sedang dicharge dan membiarkannya aktif ketika Laptop menggunakan daya baterai tanpa dicharge.


Kesimpulan

Kamu dapat mengatur kecerahan layar Laptop dan Komputer secara otomatis atau manual. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu tetap bisa mengatur kecerahan layar komputer atau Laptop secara manual semaumu meskipun fitur kecerahan otomatis diaktifkan. Jadi tidak ada ruginya jika memakai semua cara diatas.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar