Skip to main content

Cara Tepat Mematikan PC dan Laptop Windows 10 Agar Tidak Rusak

Salah satu faktor penyebab kenapa Laptop dan Komputer mengalami kerusakan adalah karena cara mematikan (shutdown) Laptop/PC yang salah. Perlu diketahui, ada banyak sekali cara mematikan PC, tapi tidak semua cara itu dibenarkan.

Salah satu cara yang tidak dibenarkan adalah dengan mematikan Laptop atau PC dengan menekan langsung tombol Power. Hal ini akan menyebakan komponen Hardware dan Software mengalami eror dan kerusakan.

Oleh karena itu, kali ini saya akan berikan beberapa cara yang tepat untuk mematikan Laptop dan Komputer. Cara ini khusus bagi kamu yag memakai Windows 10. Ada 5 cara yang bisa kamu coba. Yuk simak satu persatu caranya.

Baca : 4 Cara Mengaktifkan dan Mematikan WiFi di Laptop Windows 10

Cara Mematikan PC/Laptop dengan Benar

1. Matikan dari menu Start

Ini adalah cara paling umum yang sering dipakai kebanyakan orang untuk mematikan Laptop atau PC dan terbukti aman.

  1. Klik pada menu Start Windows di sudut kiri bawah.
  2. Klik pada ikon Power, ada tiga opsi, yaitu Sleep, Shut down, Restart.
  3. Klik "Shut down", maka PC Windows 10 akan segera dimatikan.

Kamu juga dapat mengklik kanan pada Start atau dengan menekan tombol Windows + X untuk membuka menu WinX. Kemudian klik "Shut down or sign out", lalu pilih "Shut down", untuk mematikan Laptop Windows 10.

2. Matikan dengan tombol shortcut pada Keyboard

Dengan metode ini, kamu tidak perlu menggunakan mouse atau touchpad, cukup tekan tombol pada keyboard untuk mematikan Windows 10 pada perangkat PC kamu.

  1. Buka tampilan desktop (atau dengan menekan tombol Windows + D untuk menuju ke tampilan desktop), lalu tekan tombol Alt + F4 pada keyboard.
  2. Tekan tombol naik (↑) atau turun (↓) untuk memilih Shut down, lalu tekan Enter.

3. Matikan menggunakan CMD

  1. Buka Command prompt. Jika menggunakan Windows 10 atau versi Windows yang lebih baru, kamu mungkin tidak dapat membuka Command Prompt dari menu Start. Untuk membukanya cukup ketikkan cmd pada kotak pencarian untuk membukanya.
  2. Ketikkan perintah shutdown /s, lalu tekan Enter.
  3. Selanjutnya Kamu akan mendapatkan prompt yang mengatakan "Windows will shut down in less than a minute". Tunggu saja beberapa saat maka PC atau Laptop akan dimatikan secara otomatis.

4. Matikan dari tampilan Log In

Jika PC baru menyala, tetapi kamu tidak ingin masuk ke Windows, maka kamu dapat mematikannya dari layar Log In.

  1. Klik ikon Power di kanan bawah layar Log In Windows 10.
  2. Kemudian klik "Shut down" untuk mematikan.

5. Atur Windows 10 untuk Shut down secara otomatis

  1. Tekan Windows + R untuk membuka kotak Run.
  2. Ketikkan shutdown -s -t 600 dan tekan Enter atau klik OK.

Angka 600 melambangkan waktu dalam satuan detik, artinya Laptop/PC akan mati dalam 600 detik (10 menit). Kamu dapat mengubah nilainya, sesuai dengan kebutuhanmu.

Untuk membatalkan, caranya sama seperti diatas dengan menekan tombol Windows + R. Kemudian ketikkan perintah shutdown /a. Maka perintah shutdown yang sebelumnya akan dibatalkan.

Baca : 10 Tips Menjaga Laptop Windows 10 Aman Dari Virus

Itulah 5 cara yang tepat dan aman jika kamu ingin mematikan Laptop/PC Windows 10. Jangan sekali kali menekan tombol Power untuk mematikannya, kecuali jika sudah tidak ada cara lain. Terima kasih sudah berkunjung dan Sampai jumpa.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar