Skip to main content

5 Cara Update ke Android 10 Terbaru Untuk Semua HP Android

Saat ini, sebuah HP Android sangat diperlukan semua orang sebagai alat komunikasi. Dengan HP, kamu dapat melakukan panggilan telepon, video call, atau mengirim pesan singkat dengan mudah.

HP Android sekarang, menjadi sangat populer karena memiliki banyak pilihan aplikasi dan kinerjanya lebih cepat dibanding HP yang memakai OS lain. Dengan Update versi Android ke yang paling baru ternyata mampu meningkatkan kinerja HP Android itu sendiri.

Belakangan ini, orang-orang banyak yang tertarik dan ingin mencoba mengupdate HP Android nya ke Android 10. Kenapa harus Android 10? Karena Android 10 adalah versi OS Android terbaru yang resmi diluncurkan oleh Google.

Baca : 10 Fitur dan Trik Rahasia Android 10 Terbaru Yang Jarang Orang Tahu

Kelebihan Update ke Android 10 terbaru

1. Gesture Navigation yang baru

Menu Navigasi pada HP Android akan diperbarui sepenuhnya dengan penambahan fitur gesture navigation. Dengan Gesture Navigation ini, untuk menemukan menu atau aplikasi, kamu hanya perlu menggesek layar HP. Mudah kan?

2. Mode gelap dan tema baru

Kamu bisa mengubah warna tampilan atau tema HP Android menjadi hitam, hijau, ungu, ocean, atau space.

Baca : Cara Mengaktifkan Dark Mode/Mode Gelap di Facebook dan WhatsApp

3. Fitur Live Caption

Apakah kamu sering merasa kesulitan ketika berbicara dengan orang asing dan bingung dengan bahasa yang mereka ucapkan? Nah, di Android 10 ini ada fitur Live Caption yang akan menerjemahkan berbagai bahasa asing ke Bahasa Indonesia atau bahasa lain secara offline tanpa menggunakan koneksi internet.

4. Perlindungan Privasi Lebih Terjamin

Kamu dapat menyembunyikan lokasi, menambahkan password, pin, pola, dll. Kamu dapat mengontrol semua hal tersebut yang berkaitan dengan keamanan dan privasi perangkat dengan mudah dan cepat.

Cara Update Android 10

Ada beberapa cara untuk update OS ke Android 10 untuk semua pengguna HP Android. Apa saja itu? Mari simak ulasan dibawah.

1. Cek Menu System Update

Untuk memperbarui ke Android 10, kamu dapat memeriksa system update di HP kamu. Buka Settings, kemudian, cari menu 'System' yang terletak di bagian bawah. Setelah itu, masuk ke 'Advanced Setting'. Pilih 'System Update' lalu ‘Check For Update’. Kemudian untuk memulai proses update OS, pilih ‘Update My System’.


Cara diatas paling sederhana dan mudah dilakuakan. Tentu saja, koneksi internet harus dihidupkan karena HP Android akan secara otomatis mendownload dan menginstal OS Android 10. Agar lebih irit kuota, kamu juga bisa menggunakan koneksi WiFi. Jangan lupa untuk reboot HP setelah berhasil mengunduh dan menginstal OS Android 10 terbaru.

2. Sideload

Cara kedua ini akan sedikit beresiko jika kamu gagal melakukan sideload. Jangan gunakan cara ini jika kamu masih seorang pemula dalam urusan sideload HP dan tidak tahu apa-apa tentang OS Android. Namun, jika memang tahu benar tentang Android Software Development Kit (SDK), Windows Software, Linux Mint, atau macOS, maka kamu bisa mencoba cara ini.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendownload Android Development Kit (SDK) dari web resminya. Kemudian, instal software dengan mengikuti instruksi dan panduan yang diberikan.

3. Aktifkan pengaturan USB debugging dan Opsi Pengembang (Developer Option)

Jika ingin update ke Android 10, pastikan kamu telah mengaktifkan pengaturan USB debugging dan Opsi pengembang di HP. Jika belum, buka saja ‘Pengaturan’. Lalu, pilih ‘About Phone’ dan tap opsi ‘Build Number’ selama tujuh kali dengan cepat hingga muncul notifikasi yang isinya bahwa kamu telah mengaktifkan opsi pengembang. Masuk ke opsi pengembang atau developer option, kemudian, lakukan semua instruksi yang diberikan seperti menyalakan OEM unlocking, dll.


4. Unlock Bootloader

Unlock Bootloader pada HP Android itu sebenarnya mudah. Tidak sesulit yang kita bayangkan. Kamu hanya perlu menekan lama Tombol Power dan Tombol Volume Down/Turun secara bersamaan, kemudian, akan muncul mode fastboot untuk melakukan unlock bootloader. Jika disitu bootloder ternyata belum diunlock, maka kamu harus meng-unlock dengan memilih menu Factory Reset.

Tentu saja, ini akan menghapus semua aplikasi yang sudah diinstal. Sebagai antisipasinya, sebaiknya kamu sudah membackup atau mencadangkan semua file, dokumen, dan aplikasi terlebih dulu.


5. Flashing firmware image

Flash firmware image adalah salah satu cara untuk update ke Android 10 secara manual. Untuk melakukan ini, kamu harus menghubungkan HP Android ke PC atau Laptop. Update OS HP Android dengan flash fast-boot termasuk firmware image dan system image.

Penutup

Update ke Android 10 bukanlah hal yang mudah bagi semua orang, terutama bagi mereka yang masih awam dan tidak tahu banyak tentang Android. Karena itu, cara terbaik dan paling aman adalah dengan meminta bantuan orang lain yang sudah berpengalaman untuk memperbarui OS HP Android kamu ke Android 10. Namun, kamu tetap bisa melakukannya sendiri asalkan kamu benar-benar mengikuti panduan diatas dengan baik.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar