Skip to main content

4 Cara Mudah Menghapus Cache pada HP Android

Ukuran file media pada beragam gadget telah mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Bahkan pada era kini, HP dengan memori internal 64GB atau 128GB saja rasanya masih kurang besar untuk menyimpan berbagai file.

Ketika memori HP Android hampir habis, maka salah satu cara ampuh untuk mengatasinya adalah dengan menghapus file sampah seperti cache dan file lain yang tidak penting.

Apa itu Cache di Android

Cache merupakan data-data yang berisi dokumen, gambar, dan file media lainnya yang disimpan di HP Android melalui aplikasi atau situs web.

Data cache disimpan oleh aplikasi di ruang yang disediakan sehingga setiap kali membuka aplikasi tersebut, maka aplikasi sudah memiliki informasi yang siap ditampilkan dengan cepat.

Misalnya, tampilan situs web dapat disimpan sebagai data cache sehingga saat kamu mengunjungi lagi situs tersebut proses loadingnya akan lebih cepat.

Apakah boleh menghapus cache Android

Dengan menghapus cache bukan berarti kamu menghapus informasi sensitif apa pun seperti kata sandi yang disimpan atau data permainan. Terkadang untuk mengatasi masalah pada beberapa aplikasi Android seringkali melibatkan pembersihan data cache agar aplikasi dapat berjalan kembali dengan normal.

Kapan harus menghapus cache Android

Jika memori HP hampir habis, jika ada aplikasi yang mengalami gangguan, atau jika kamu merasa HP Android mulai lambat, itu tandanya kamu harus segera menghapus cache Android.

Cara Menghapus Cache pada Android

1. Hapus semua cache aplikasi

Kamu dapat menghapus cache pada semua aplikasi yang terpasang di HP lewat Pengaturan atau Settings.

  1. Buka Settings, pilih Storage and Memory. Kamu dapat melihat jumlah memori yang digunakan oleh aplikasi dan media lain di HP Android kamu.
  2. Pilih Cached data untuk menampilkan jumlah cache pada perangkat.
  3. Pilih OK untuk menghapus semua data cache aplikasi.

2. Hapus cache aplikasi tertentu

Jika menghapus cache dari semua aplikasi tampaknya tidak nyaman bagimu, kamu dapat memilih untuk menghapus cache aplikasi satu per satu.

  1. Buka Pengaturan atau Settings, pilih Apps.
  2. Pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya.
  3. Pilih Storage.
  4. Kamu dapat menghapus data cache dengan menekan pada opsi Clear Cache.

3. Gunakan App Cache Cleaner

Aplikasi pembersih cache (App Cache Cleaner) sangat baik untuk menemukan file sampah termasuk cache dan membantu kamu menghapusnya. Ada banyak App Cleaner yang tersedia di Play Store. Selain menghapus data dalam cache, aplikasi ini dapat membantu kamu menghapus APK yang tidak digunakan, menghapus sampah iklan, meningkatkan masa pakai baterai dan banyak fitur lainnya.

4. Bersihkan cache lewat Recovery

Jika HP Android kamu menjadi sangat lemot atau mengalami gangguan dalam kinerjanya, kamu dapat menghapus partisi cache sistem dari bootloader melalui Recovery.

  1. Matikan HP
  2. HP Android memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke mode recovery. Kamu harus mencari cara masuk mode recovery yang sesuai dengan HP Androidmu di internet. Di beberap HP, kamu harus menekan tombol power dan tombol volume bawah bersamaan. Ada juga cara lain yaitu dengan menekan tombol power dan kedua tombol volume bersamaan.
  3. Kemungkinan touchscreen tidak akan berfungsi di mode recovery. Kamu hanya bisa menggerakkan kursor menggunakan tombol volume.
  4. Arahkan kursor ke opsi Recovery dan pilih dengan menekan tombol power.
  5. Arahkan lagi ke opsi Wipe Cache Partition dan pilih dengan tekan tombol power.
  6. Setelah cache berhasil dihapus, pilih Reboot System Now.

Penutup

Menghapus cache android merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan Android. Selain cache, jangan lupa juga hapus file-file lain yang tidak diperlukan seperti foto dan video lama. Luangkan waktu paling tidak satu bulan sekali untuk menghapus cache dan file diatas agar memori HP kamu tidak cepat habis.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar