Skip to main content

3 Cara Ampuh Mengunci Folder di Laptop Windows Biar Aman

Terkadang kita ingin mengunci dan menyembunyikan folder atau file di Laptop. Dengan mengunci folder atau file akan memberikan kita privasi khusus sehingga orang lain tidak bisa mengkakses, membuka, bahkan mengedit file dalam folder tersebut.

Windows sendiri mempunyai fitur khusus yang mampu mengunci folder dan file. Ada banyak sekali cara yang bisa kita tempuh untuk mengunci folder pada laptop windows. Berikut ini akan saya bahas beberapa cara sederhana yang bisa dengan mudah kamu coba.

Baca : 3 Cara Terbaik Mengunci File Excel dengan Password

Namun sebelum masuk ke pembahasan tentang cara-cara mengunci folder, kamu harus tahu alasan mengapa kita diharuskan mengunci folder tertentu di Laptop serta penjelasan beberapa hal penting yang patut kamu ketahui berikut ini.

Alasan Mengunci Folder di Laptop

  1. Agar isi dari folder tersebut yang berupa dokumen rahasia seperti word, excel, pdf, dll tidak diketahui orang lain.
  2. Menyembunyikan foto atau video pribadi agar tidak dilihat orang lain.
  3. Mencegah agar orang lain tidak bisa menyalin, memindahkan, atau mengirim data-data penting yang kita miliki.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunci folder

  • Catatlah password yang nanti akan kamu gunakan untuk mengunci folder. Lakukan ini agar kamu tidak lupa atau kehilangan password yang kamu buat.
  • File atau folder yang dikunci dengan password tidak 100% aman. Ada banyak tools, software, dan trik khusus untuk memecahkan enkripsi dan password. Namun, cara-cara yang tercantum dibawah akan melindungi file dan folder kamu dari mayoritas pengguna yang masih awam.
  • Meskipun file atau folder dilindungi dengan password, tetap saja file tersebut dapat dihapus (kecuali jika program mampu melindungi file agar tidak dihapus). Selalu ingat untuk mencadangkan semua file kamu, termasuk yang sudah dilindungi oleh password.
  • Jika lupa password, semua data yang dilindungi akan hilang. Karenanya, penting untuk membuat cadangan file atau folder yang tidak dilindungi password untuk berjaga-jaga.

Cara Mengunci Folder di Laptop

1. Dengan opsi Properties

  1. Pilih file atau folder yang ingin dikunci
  2. Klik kanan pada folder atau file tersebut, pilih Properties
  3. Pilih Advanced yang terletak di pojok kanan bawah
  4. Ceklis pada kotak yang disampingnya bertuliskan Encrypt contents to secure data. Kemudian klik OK.

2. Menggunakan Kode notepad

Langkah 1 : Cari Folder yang akan dikunci, lalu double klik pada folder tersebut untuk membuka isinya. Setelah itu, klik kanan pada area kosong dan pilih New, lalu pilih lagi Text Document.


Langkah 2 : Ketikkan "lock" pada nama file baru yang akan dibuat, lalu tekan Enter. Double klik file lock.txt yang baru dibuat. Kemudian akan terbuka software Notepad yang isinya masih kosong. Untuk mengisinya, silahkan kamu copy kode dibawah ini dan paste di notepad tadi.

cls
@ECHO OFF
title Folder Locker
if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure u want to Lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Locker "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to Unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%==Your-Password-Here goto FAIL
attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Locker
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Locker
echo Locker created successfully
goto End
:End



Langkah 3 : Cari kalimat Your-Password-Here pada kode yang sudah disalin di notepad. Untuk memudahkan mencarinya, coba tekan Ctrl + F dan ketikkan Your-Password-Here, lalu tekan Enter.


Langkah 4 : Jika sudah ketemu, ganti kalimat tersebut dengan password yang kamu inginkan. Bebas bisa berupa angka atau huruf. Misal pada gambar dibawah saya tulis password 12345678.


Langkah 5 : Setelah itu, kamu tinggal menyimpannya. Caranya klik menu File di pojok kiri atas, lalu pilih Save As. Pada kolom Save As Type, pilih opsi All Files. Jangan lupa juga untuk mengganti namanya menjadi FolderLocker.bat. Kalau semuanya sudah, tinggal klik Save.



Langkah 6 : Double clik pada FolderLocker.bat yang tadi sudah dibuat. Maka akan muncul folder baru yang bernama Locker. Selanjutnya kamu tinggal drag and drop file-file yang ingin dikunci kedalam folder Locker.


Langkah 7 : Double klik lagi FolderLocker.bat. Kemudian akan muncul tampilan yang berisi kalimat “Are you sure u want to lock the folder (Y/N)”. Kamu tekan aja tombol Y pada keyboard lalu Enter. Maka seketika folder Locker yang tadi kamu buat akan hilang.


Dengan menerapkan langkah diatas kamu sudah berhasil mengunci folder di laptop sekaligus menyembunyikannya. Untuk membukanya kembali, simak langkah-langkah dibawah ini.

  1. Double clik FileLocker.bat. Kemudian masukkan password yang sudah dibuat, lalu klik Enter.
  2. Folder Locker akan muncul kembali dan dapat diakses.

Untuk menyembunyikan lagi, kamu tinggal mengulang langkah ke-7.

3. Kompres folder menjadi zip/rar

Sebenarnya untuk mengompres folder menjadi format zip dapat dilakukan tanpa software pihak ketiga. Namun kita tidak bisa menambahkan password pada file hasil kompres.

Agar bisa menambahkan password, maka kamu perlu download dan instal WinRar di Laptop kamu. Jika sudah terinstal WinRar, kita baru bisa menambahkan password. Caranya seperti dibawah ini.

  1. Klik kanan pada folder yang ingin dikunci, pilih opsi Add to Archive.
  2. Pada kolom Archive Name, tuliskan nama file baru. Pilih juga format folder yang akan dikompres pada bagian Archive Type. Pilih salah satu saja antara Zip, Rar, dan Rars. Saran saya, pilih yang Rar saja karena mudah dibuka dan ukurannya lebih kecil.

  3. Klik Set Password untuk memasukkan password. Isikan kata sandi/password pada kolom yang disediakan. Nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan password ini setiap membuka arsip tersebut. Klik Ok jika sudah.

Untuk membuka arsip berbentuk rar/zip caranya cukup mudah. Klik kanan pada arsip tersebut lalu pilih:


  1. Open With WinRar : untuk membuka arsip tanpa harus mengekstraknya.
  2. Extract file : untuk mengekstrak arsip di lokasi lain yang akan kamu pilih.
  3. Extract here : untuk mengekstrak arsip langsung di tempat arsip itu berada.
  4. Extract to : untuk mengekstrak arsip kedalam bentuk folder sesuai dengan nama arsip tersebut.

Jangan lupa untuk mengisikan password pada kolom yang muncul ketika memilih salah satu dari ketiga opsi diatas.

Baca : 2 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi Tanpa Root

Ada banyak data-data penting berupa dokumen (excel,word,pdf), foto, video, dan lainnya pada Laptop yang sangat penting. Saking pentingnya data tersebut hanya bisa diakses oleh satu orang saja. Jika kamu memiliki data-data penting seperti itu, sebaiknya lakukan pengamanan dengan menerapkan langkah-langkah diatas. Jangan sampai isi dari data-data tersebut bocor dan diketahui orang lain.

Tiga cara mengunci folder di laptop yang sudah saya paparkan diatas sangat berguna sekali untuk memberikan proteksi pada data-data penting. Pilih saja salah satu cara yang menurutmu cukup aman dan bisa dengan mudah kamu lakukan.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar