Skip to main content

Honor 10 Lite Banting Harga Jadi 1,6 juta! Berikut Spesifikasinya

Dirilis pada bulan Februari 2019 lalu, Honor 10 Lite yang secara resmi masuk ke pasar Indonesia kurang mendapat perhatian karena harganya yang dirasa terlalu mahal bagi sebagian user. Namun, baru baru ini kita justru dikagetkan dengan penurunan harga dari smartphone ini. Dulu yang harganya 2,8 jutaan, sekarang sudah anjlok menjadi 1,6 jutaan saja.

Buat yang lagi nyari HP harga miring, udah pasti Honor 10 lite ini wajib masuk wish list kamu. Tapi sebelum kamu tertarik untuk membeli, ada baiknya kamu lihat review HP ini lebih dulu. Apakah sesuai dengan kebutuhanmu apa tidak. Nah, di artikel ini PintarIT.com udah nulis review lengkap seputar Honor 10 lite ini. Yuk langsung simak ya.

Review Lengkap Honor 10 Lite

  • Layar : 6,21 inchi IPS LCD FHD+ (1080 x 2340)
  • Prosesor : 2,2 GHz Octa Core HiSilicon Kirin 710
  • GPU : Mali-G51 MP4
  • RAM/Memori : 4/64 GB
  • Kamera belakang : Dual Camera (13 MP, 2 MP)
  • Kamera depan : 24 MP
  • Baterai : Lithium Polymer 3400 mAh
  • Skor Antutu : 151.589
  • Harga : Rp1.650.000

Desain Bodi

Kalau dilihat dari luar, HP ini punya kesan yang premium. Bodinya kalau dipegang termasuk yang tipis. Meskipun tipis, pinggiran back cover nya punya bagian sisi yang melengkung. Enak banget pas dipegang di tangan. Berasa ngikutin bentuk tangan kita gitu. Warnanya juga termasuk unik berupa gradasi antara silver dan biru. Seger dilihatnya.

Fingerprint nya ada dan masih konvesional. Bentuknya lingkaran bulat dan letaknya di belakang. Tepatnya di samping modul kamera. Modul kameranya juga masih standar. Tidak ada tempat yang ngebungkus jadi satu frame seperti HP - HP zaman sekarang. Tapi justru kelihatan bagus sih, bersih aja gitu. Secara keseluruhan, desainnya ini termasuk cantik dan unik.

Layar

Gak sampai situ, feel premium ternyata masih terbawa sampai ke urusan layar. Secara spesifikasi, desainnya memang tidak ada yang spesial, dimensinya 6,2 inchi berjenis IPS LCD 16 juta warna, resolusi 1080 x 2340 pixel alias full HD+ dengan kerapatan pixel mencapai 415 pixel per inchi.

Untuk urusan multimedia masih tergolong bagus. Produksi warna yang dihasilkan bagus, sudut pandang lumanyan luas, dan layar 6,2 inchi nya hampir full screen. Dibilang hampir karena masih ada model kamera dew drop di tengah. Tapi gak papa, tidak berasa terganggu kok.

Untuk sensitivitas layarnya, diajak swipe - swipe dan navigasi masih lancar tidak ada masalah. Cukup responsif. Layarnya juga mendukung sentuhan maksimal sampai 10 jari. Layar hp ini dari pertama kali buka box udah dilapisi anti gores bawaan. Hal kecil yang sebenarnya jadi poin lebih buat user yang mau beli hp ini.

Performa

Sejauh ini, ekspektasi buat HP ini masih bagus. Tapi, gimana dengan performanya? Untuk dapur pacu, hp ini masuk di kelas mid range. Prosesor yang dipakai buatan dari saudaranya, yakni Hisilicon Kirin 710. Arsitektur 12 nm, octa core 2,2 GHz, dan didukung GPU Mali-G51 MP4. RAM 4 GB, ROM 64 GB, pakai UI Emui 9.1 yang berjalan diatas android 9 pie.

Spesifikasinya untuk sekarang ini masih oke lah. Kirin 710 masih enak dibuat aktivitas harian. Buka tutup aplikasi masih oke, multitasking masih sanggup, aplikasi stabil, jarang force close. Paling agak berasa ngos - ngosan kalau dipake buat ngegame berat.

Baca : Rekomendasi HP Gaming Murah 1 jutaan

Sebagai contoh main PUBG mobile, grafisnya hanya mentok di setingan High aja. Untuk gameplay nya agak sedikit keteteran pas ngerender grafisnya. Sentuhan jari masih oke dan gak ada masalah.

Tes game lain ada Need For Speed No Limit. Ini cukup lancar, gameplay oke, detail cukup terjaga, gyroscope nya juga berjalan cukup baik, ngikutin kemana arah device digerakin.

Secara keseluruhan, chipset Kirin 710 di Honor 10 lite ini cukup - cukup aja. Gak kenceng banget dan gak lemot juga. Untuk komputasi harian gak ada masalah. Emui 9,1 yang jadi user interface di hp ini sukses bikin Honor 10 Lite jadi ringan dan ngegas.

Tampilannya simpel, bisa pilih yang ada di drawer nya maupun yang langsung semua di homescreen. Ikon - ikon nya juga rapi. Pilihan resolusi layar juga bisa diubah. Kalau mau lebih irit bisa set ke HD+ aja. Kalau mau irit baterainya ekstrem, bisa di set ke pengaturan baterai yang konsumsi dayanya paling rendah.

Daya Tahan Baterai

Kalau ngomongin baterai, baterai di HP ini sebenarnya agak kurang. Kapasitasnya hanya 3400 mAh. Untuk pengisian daya juga belum bisa fast charging alias cuma 5V 2A. Disarankan penggunaan HP ini untuk aktivitas yang tidak terlalu berat agar baterainya awet.

Kualitas Kamera

Dan yang terakhir, kita bahas sedikit sektor kameranya. HP ini punya total tiga kamera. Dua di belakang masing - masing 13 MP dan 2 MP lensa depth sensor, serta kamera selfie berukuran 24 MP. Untuk fitur kameranya terbilang lengkap. Fitur - fitur utama tetap ada, night mode juga ada, plus masih ada lagi pilihan tambahan kalau kita buka bagian More nya.

Tapi ada satu hal yang bikin bingung. Kalau kita mau ubah rasio fotonya, resolusinya ikut berubah. Sebagai contoh, resolusi 13 MP hanya hidup di rasio 4:3. Kalau ganti ke rasio 1:1 resolusinya berubah jadi ke 10 MP. Dan kalau diubah ke rasio full screen, resolusinya makin kecil jadi ke 8 MP aja.

Sesuatu yang agak gak biasa ya. Dimana kompetitor lain bisa leluasa gonta ganti size rasio tanpa ngurangin resolusi di kameranya. Mungkin Honor punya pertimbangan sendiri untuk hal yang satu ini.

Untuk hasil fotonya bisa dilihat langsung dibawah ini.




Kesimpulan

Untuk HP yang sebelumnya harganya 3,3 juta dengan segala kelebihan dan kekurangan yang sudah dijelaskan diatas, rasanya kalau mai beli harus mikir - mikir dulu sih. Tapi kalau bisa dapetin di harga 1,6 juta atau bahkan 1,5 juta ini masih masuk akal banget. Peruntukkannya mungkin bukan untuk dipakai jadi daily driver ya, tapi bisa dipakai buat hp kedua yang bisa dipakai saat keadaan darurat atau terdesak. Menurut kamu gimana nih, apakah dengan harga sehitu si Honor 10 lite ini cukup menggoda untuk saat ini? Tulis pendapat kamu di kolom komentar di bawah.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar