Skip to main content

Cuma 1,5 juta! Inilah Spek dan Harga Realme C11 Terbaru


Bagi sebagian orang, membeli HP Realme C3 yang harganya mendekati 2 juta ternyata masih berat. Jadi, muncullah satu HP lagi yang menggantikan kisaran harga Realme C2 tahun 2019 lalu yang bernama Realme C11.

Setiap kali dapat HP entry level seperti ini, kita jadi ngebayangin juga apakah sebenarnya kita sendiri yang sudah biasa pakai HP flagship bisa survive dengan HP sejutaan seperti Realme C11 ini apa gak. Nah, untuk menjawabnya, kamu bisa baca review lengkap Realme C11 di bawah ini agar kamu bisa tahu, apakah HP sejutaan ini worth it untuk dibeli.

Review Lengkap Realme C11

  • Layar : 6,5 inchi IPS LCD HD+ (720 x 1600)
  • Prosesor : 1,3 GHz Octa Core MediaTek Helio G35
  • RAM/Memori : 3/32 GB atau 2/32 GB
  • Kamera belakang : Dual Camera (13 MP, 2 MP)
  • Kamera depan : 5 MP
  • Baterai : Lithium Polymer 5000 mAh
  • Skor Antutu : 110.490
  • Harga : Rp1.599.000 (2/32 GB), Rp1.699.000 (3/32 GB)

Desain Bodi

Dari segi desain sendiri, saya sebenarnya jarang komplain dengan hampir semua HP murah Realme. Desain cover belakang polimernya selalu oke. Kali ini ada dua pilihan warnaya, Mint Green atau Pepper Grey. Motif plastik keset khas dari Realme C11 memang lebih sederhana dari motif di Realme C2, tetapi ada elemen garis polos yang buat dia kelihatan lebih segar beserta tulisan Realme horizontal sejajar modul kamera yang membuat penampilan HP ini cukup unik.


Alasan kenapa suka plastik keset ya jelas karena gak licin dan gak gampang nempel sidik jari. Paling yang bikin kurang nyaman di sini adalah ukuran. Sebab HP semakin bertambah besar dan berat seiring penambahan baterai 5000 mAh yang nanti akan kita bahas lebih lanjut.

Layar

Karena HP ini jadi lebih bongsor, ukuran layar naik jadi 6,5 inchi dari 6,1 inchi di Realme C2. Namun resolusi HD+ nya gak naik ditambah hilangnya proteksi Corning Gorilla Glass. Mungkin buat orang yang udah biasa pakai HP bagus bakal ngerasain resolusinya pecah, tapi buat kaum kere hore bakal ngerasa kalau ini gak jelek - jelek amat serta gak ada yang aneh dari warnanya. Yang pasti C11 ini masih mempertahankan bezel bawah tebel sekaligus mini dot drop untuk nampung kamera selfie.


Performa RAM dan Prosesor

Satu hal yang pasti bikin penasaran dari HP ini udah pasti chipset Mediatek Helio G35 yang punya embel - embel gaming processor di kelasnya. Spek G35 ini kurang lebih sama persis dengan P35, sebuah CPU Octa Core A53 hanya saja dibuat dengan proses 12 nm yang lebih efisien dari 16 nm sebelumnya. Performanya bisa dibandingkan dengan Snapdragon 439 dengan grafis lebih kenceng dikit. Meski ya sama - sama menguji kesabaran untuk pemakaian sehari - hari kalau udah biasa pakai chip kelas menengah.

Main mobile legend setting HD plus High Frame Rate masih oke walaupun terkadang masih ada sedikit lag. Tapi giliran main PUBG seting smooth medium pun tetap terasa kurang lancar. Bahkan agak susah buat dapet chiken dinner. Tapi gak papa lah, bisa jalanin aja udah bersyukur.

Baca : Rekomendasi HP Gaming Murah 1 jutaan

Panas banget sih gak, tapi yang pasti kerasa anget saat udah main 5 menitan dan saat jalanin Antutu, suhu CPU nya nyentuh 39 derajat Celcius. Kabar baiknya, Helio G35 ini ditemenin RAM LDDR4X 2 GB atau 3 GB serta storage internal 32 GB. Kalau mau nambah micro SD juga bisa.


Sensor

Satu hal yang harus kalian tahu adalah ketidakadaan sensor sidik jari seperti Redmi 8A. Jadi satu satunya opsi biometrik disini adalah face unlock sederhana yang gak cepet - cepet banget dan kalau di kondisi gelap, HP ini harus nerangin layarnya dulu agar wajah kita terdeteksi.

Sebagai HP serba hemat, udah sepantasnya kalau fitur sensor nya juga terbatas. Gak usah jauh - jauh sampai NFC. Gyroscope juga gak ada. Seenggaknya magneto meter, dan sensor lainnya masih lengkap.

Kualitas Kamera


Sekarang kita langsung bahas kameranya secara singkat. Meski desain kotak ini kelihatan kekinian, set up nya sangat simpel. Yaitu kamera utama 13 MP pdaf, flash, dan sebuah depth sensor untuk portrait. Untuk harganya yang sejutaan, kamera ini gak jelek kok. HDR nya lumayan. Ada Chroma boost untuk naikin saturasi. Detail yang dihasilkan cukup memuaskan meski dicoba di dalam ruangan.


Portrait modenya sederhana, tapi useable buat ganti foto profil di sosmed. Ada juga tombol digital zoom sampai empat kali walau kayaknya cukup sampai dua kali aja. Menariknya, disini ada night mode untuk memudahkan bikin foto - foto terang di kondisi minim cahaya. Menjadikan Realme C11 sebagai HP termurah dari Realme yang punya fitur ini. Tak lupa di bagian depan ada kamera 5 MP untuk selfie.


Daya Tahan Baterai

Kembali ke awal, alasan utama kenapa HP ini jadi besar dan berat adalah baterai. Tapi apa baterainya sebagus itu? Dengan chipset low end dan jarang dipakai buat ngegame, HP ini bisa bertahan hingga 2 hari dan menjelang akhir hari kedua masih ada sisa 20 persen. HP yang oke buat kamu yang jarang deket sama colokan. Tapi sekali nyolok ya lama karena charging nya hanya 10 watt sesuai charger bawaan. Dari 20 sampai 60 persen butuh sejam dan total sekitar 2 jam 15 menit sampai penuh. Sayang, konektornya masih micro USB.

Harga

Untuk harganya sendiri, saat ini Realme C11 dibandrol dengan harga 1,5 juta untuk varian RAM 2 GB dan internal 32 GB. Sedangkan untuk yang RAM 3 GB dan internal 32 GB, kamu disuruh nambah seratus ribuan jadi 1,6 jutaan aja. Harga segitu dengan spek yang ditawarin sih oke - oke aja ya.

Kesimpulan

Pada akhirnya, apakah HP ini bagus buat yang budget nya mepet? Selama kamu gak masalah sama ukuran HP bongsor, Realme C11 bisa jadi solusi ideal sebagai HP murah desain unik yang bisa jalanin game - game enteng sekaligus gak perlu sering - sering dicharge. Penampilannya juga bagus. Tapi semoga untuk versi selanjutnya bisa dibikin lebih lengkap untuk fiturnya.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar