Skip to main content

Cuma 1,7 juta! Inilah Spek dan Harga Realme 5i Terbaru

Di pasar yang sangat kompetitif seperti Indonesia ini di mana setiap bulan kita bisa melihat munculnya smartphone-smartphone baru, terutama di segmen kelas bawah menengah yang memiliki tingkat persaingan lebih tinggi dibanding kelas diatasnya.

Seperti Realme yang pada tahun 2020 launching smartphone terbaru mereka yakni Realme 5i. Si Realme 5i ini merupakan kelanjutan dari pendahulunya yang telah lebih dulu rilis pada bulan September 2019 yaitu Realme 5. Untuk harganya sendiri, Realme 5i dibandrol mulai dari yang termurah sekitar 1,7 jutaan untuk varian 3/32 GB. Sedangkan yang paling mahal dengan varian 4/128 GB dijual seharga 2,3 juta.

Dengan harga segitu kita udah dapet empat kamera, chipset Snapdragon 665, dan baterai jumbo 5000 mAh. Cukup worth it lah ya. Tapi apakah memang Realme 5i sebagus itu? Yuk kita cari tahu lebih lanjut dengan baca review Realme 5i versi PintarIT berikut.

Review Lengkap Realme 5i

  • Layar : 6,52 inchi IPS LCD HD+ (1600 x 720)
  • Prosesor : 2 GHz Octa Core Qualcomm Snapdragon 665 AIE
  • GPU : Adreno 610
  • RAM/Memori : 3/32 GB
  • Kamera belakang : Quad Camera (12 MP, 8 MP, 2 MP, 2 MP)
  • Kamera depan : 8 MP
  • Baterai : Lithium Polymer 5000 mAh
  • Skor Antutu : 170.500
  • Harga : Rp1.799.000

Desain Bodi

Kita mulai dari desainnya dulu. Realme 5i memiliki dimensi sebesar 164,4 x 75,0 x 8,95 mm dengan bobot 195 gram. Bagian belakang Realme 5i mengadopsi teknologi 3D curve design yang membuat hp ini semakin nyaman untuk digenggam berlama-lama.

Desain belakangnya terinspirasi dari sinar matahari saat terbit yang disebut sunrise design. Sunrise design yang dimiliki Realme 5i membuat tampilan desainnya makin kece berkat efek sinar matahari terbit yang keluar saat terkena cahaya. Bagian belakang smartphone ini telah melewati proses pemolesan sehingga bebas dari sidik jari yang nempel di bagian belakangnya.

Selain itu, desain Realme 5i juga tahan dengan percikan air atau splash resistant. Ingat! ini cuma tahan percikan air, bukan tahan kalau hp nya dicemplungin ke air. Jadi jangan salah tafsir. Sepertinya Realme Indonesia tahu banget dan peka untuk selalu memanjakan konsumen di Indonesia yang saat ini lagi masuk ke musim penghujan. Realme 5i memiliki dua varian warna yaitu Forest Green dan Ocean Blue.

Layar

Beralih ke bagian layar. Realme 5i memiliki bentang layar seluas 6,5 inchi beresolusi 1600 x 720 pixel HD+ dengan kerapatan pixel 269 ppi. Layarnya juga sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 3. Lumayan untuk pencegahan awal dari lecet karena terkena gesekan benda tumpul maupun benda tajam.

Di bagian atas layar Realme 5i terdapat kamera selfie yang terbalut dalam mini drop design. Serta terdapat earpice dan beberapa sensor. Meskipun Realme 5i pakai poni alias notch, screen to body ratio nya masih terbilang tinggi, yaitu 89 persen. Dengan screen to body ratio yang demikian bakal buat layar Realme 5i lebih luas untuk bermultimedia. Ditambah lagi dengan bezel yang minimalis.

Kamera

Berpindah di sektor kamera. Smartphone ini memiliki empat kamera belakang dengan pembagian sebagai berikut:

  1. Main camera 12 MP dengan bukaan diafragma f/1.8
  2. Ultrawide angle camera 8 MP dengan bukaan diafragma f/2.25 yang dapat menangkap gambar hingga 119 derajat
  3. Ultramacro camera 2 MP berdiafragma f/2.4 dengan fokus light 4cm
  4. Portrait camera 2 MP berdiafragma f/2.4

Kamera utamanya menggunakan teknologi Phace Detection Auto Focus, atau yang dikenal dengan sebutan pdaf yang dapat memudahkan kamu untuk menangkap objek lebih cepat dan juga lebih tepat. Ultrawide angle camera nya dapat menangkap foto empat kali lebih luas saat mengabadikan foto pemandangan, bangunan, bahkan grup foto sekalipun.

Kemudian untuk ultramacro camera nya dapat menangkap objek foto yang lebih luas dalam jarak yang lebih dekat sehingga dapat menghasilkan gambar makro yang lebih baik.

Lalu portrait camera nya memiliki sistem fitur tambahan sehingga kameranya dapat mendeteksi cahaya lebih luas, lebih baik, dan dapat meningkatkan kontras gambarnya.

Selain itu, kamera Realme 5i juga sudah memiliki mode super nightscape 2.0 yang menggabungkan teknologi AI dengan multi frame sintesis sehingga dapat mengurangi noise, goncangan, dan flare. Dengan kondisi tersebut dapat meningkatkan penekanan highlight dan dynamic range untuk fitur nightscape nya. Ditambah lagi dengan adanya mode chroma boost yang dapat meningkatkan warna, kecerahan, dan detail gambar menjadi lebih sempurna.

Sekarang kita beralih ke kamera selfie nya. Smartphone ini memiliki kamera depan berkekuatan 8 MP dengan bukaan diafragma f/2.0 yang dilengkapi juga dengan teknologi artificial inteligent. Berikut hasil dari foto kamera selfie nya.

Sedangkan untuk perekaman video, Realme 5i sudah mendukung perekaman 4K pada kamera belakangnya. Yang lebih okenya lagi, kamera depan dan belakang sudah mengadopsi teknologi Electronic Image Stabilization atau yang biasa dikenal dengan sebutan EIS. Dengan teknologi tersebut, kalian gak usah khawatir lagi deh untuk merekam video menggunakan smartphone ini. Selain itu, Realme 5i juga sudah mendukung perekaman slow motion hingga 240 fps.

Performa Hardware

Kita lanjut ke performa. Realme 5i menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 665 AIE yang diproduksi melalui proses fabrikasi 11 nm. Berarsitektur Octa Core Kryo 64 bit dengan clockspeed mencapai 2,03 Hz, membuat kinerja dari Realme 5i jadi lebih kuat dan konsumsi daya baterainya lebih sedikit.

Sedangkan untuk masalah grafis, Realme 5i memercayakan GPU Adreno 610. Kolaborasi inilah yang dapat menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik dan memberikan pengalaman layaknya hp gaming yang lebih oke.

Realme 5i memiliki 3 varian penyimpanan. Diantatanya ada 3/32 GB, 4/64 GB, dan 4/128 GB.

Baterai dan Sound

Kita move on ke bagian baterai. Smartphone ini memiliki kapasitas baterai yang lumayan gede yaitu 5000 mAh. Ada juga fitur AI Freeze yang dapat membekukan aplikasi yang tidak digunakan di latar belakang untuk menghemat daya baterainya.

Selain itu Realme 5i juga memiliki fitur Screen Battery Optimization Mode yang secara dinamis akan menyesuaikan rasio kontras layar sehingga dapat meningkatkan masa pakai baterai. Sel baterainya juga dilindungi oleh perlindungan multilevel yang membuat durasi baterainya dapat lebih awet lagi.

Di sektor sound, Realme 5i memiliki fitur Real Sound Technology. Teknologi tersebut secara khusus diimplementasikan pada tiga performa utama dari mikro speaker yang terdapat di Realme 5i. Diantaranya untuk pengoptimalan kualitas suara secara keseluruhan, bas, dan volume. Dengan fitur tersebut maka dapat memaksimalkan kinerja mikro speaker sehingga dapat mengeluarkan output suara speaker lebih besar lagi.

User Interface

Terakhir yang akan kita bahas adalah user interface. ColorOS 6.0.1 terbaru yang dipakai sama Realme 5i. Dari desain tampilan layarnya mirip seperti Android stok sehingga terlihat lebih sederhana dan juga lebih smooth. Realme 5i sudah memiliki fitur Dark Mode yang menghadirkan palet warna lebih gelap untuk aplikasi maupun sistem operasi sehingga dapat membantu kenyamanan mata penggunanya.

Padu padan ColorOS 6.0.1 dan Android 9.0 inilah yang membuat tampilan antar mukanya jadi lebih kece.

Kesimpulan

Rasanya dari beberapa poin penting seperti ultrawide camera, kemudian 5000 mAh masif baterai, dan Snapdragon 665 AIE, smartphone ini worth it juga buat dibeli dengan range harga satu jutaan. Menurut kamu gimana? Langsung tulis aja pendapat kalian di kolom komentar.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar