Skip to main content

Realme C3 HP Gaming 1 jutaan! Inilah Spesifikasi dan Harganya

Produsen smartphone asal Cina, Realme, menjadikan tahun 2020 sebagai ajang menunjukkan produk-produk terbaru miliknya. Perusahaan ini meluncurkan beberapa smartphone di setiap kuartal yang membuat persaingan smartphone khususnya di kelas entry level semakin panas.

Realme memulai tahun 2020 dengan smartphone murahnya yakni Realme 5i yang begitu populer. Selain itu, Realme juga menghadirkan smartphone lain dengan harga terjangkau bernama Realme C3. Seri C adalah jajaran hp entry-level dari Realme yang menawarkan spesifikasi bagus dengan harga murah.

Dalam segmen harga sejutaan yang sangat kompetitif ini, mampukah Realme C3 menarik minat penggemar gadget sejutaan dan mengalahkan pesaing-pesaingnya? Untuk mengetahuinya, mari simak review Realme C3 berikut.

Review Lengkap Realme C3

  • Layar : 6,5 inchi IPS LCD HD+ (1560 x 720)
  • Prosesor : 2 GHz Octa Core MediaTek Helio G70
  • GPU : Mali-G52
  • RAM/Memori : 3/32 GB
  • Kamera belakang : Triple Camera (12 MP, 2 MP, 2 MP)
  • Kamera depan : 5 MP
  • Baterai : Lithium Polymer 5000 mAh
  • Skor Antutu : 194.170
  • Harga : Rp1.780.000

Desain Layar dan Bodi

Semenjak Realme 5i, desain Realme C3 ini kayaknya berubah haluan dari yang biasanya pakai backdoor finishing mengkilap, sekarang backdoor berubah menjadi tekstur bergelombang dengan efek cahaya matahari terbit dari pojok kiri atas. Menurut saya, desain backdoor seperti ini lebih nyaman. Alasannya lebih enak digenggam dan gak gampang kotor karena sidik jari.

Untuk penempatan modul kameranya standar HP Realme. Ada di sebelah kiri atas dengan tiga modul kamera menonjol. Di sebelahnya ada LED flash dengan tulisan AI Super Camera dan di bawah ada logo Realme. Gak jauh dari modul kamera ada sensor fingerprint ultrasonik yang akurasinya udah cepat sekali. Bahkan walau cuma kesenggol aja udah bisa membuka layar smartphone.

Selain fingerprint, ada face unlock yang sama-sama cepat. Tapi face unlock nya ini kurang aman. Karena pas pakai masker masih bisa kebuka HP nya.

Pas pindah kedepan, kita langsung disajikan desain mainstream pakai banget. Layar lebar, pakai bezel tebel di bagian bawah, dan punya poni water drop. Ukuran layarnya 6,5 inchi pakai panel IPS resolusi HD+ 720 x 1560 pixel dan aspek rasio 20:9.

Enaknya si Realme C3 ini udah didukung brightness layar sampai 480 nits. Efeknya bikin objek dalam layar kelihatan lebih jelas walaupun dipakai siang-siang di bawah sinar matahari langsung. Ini berguna banget buat kamu atau abang ojol yang biasa pakai HP di outdoor.

Realme C3 masih setia pakai port micro USB buat ngecas, ada adaptor jack audio, dan speaker mono. Slot kartu sim ada di sebelah kanan yang bisa nampung dua kartu nano SIM plus satu micro SD. Dibawah slot kartu ada tombol volume dan disisi sebaliknya ada tombol power. Buat pencetan tombolnya sih empuk, cuman sayangnya agak berisik.

Tampilan Antar Muka

Perlu diingat lagi kalau si Realme C3 ini udah punya tampilan antarmuka baru yaitu Realme UI. Beda dari ColorOS seri-seri sebelumnya, si Realme UI ini punya tampilan yang lebih simpel dan smooth.

Apa aja sih yang baru dari Realme UI v1.0 berbasis Android 10 ini? Di halaman depan alias homescreen kita bisa milih mau pakai mode standar, app drawer, atau simpel. Mode simpel bikin ikon tulisannya jadi lebih gede. Ini cocok dipakai buat orang tua.

Personalisasi lain yang bisa diatur ada tema, wallpaper, dan ikon style. Walaupun gak download aplikasi icon pack dari pihak ketiga, Realme udah menyediakan beragam ikon seperti material style, pebble, atau langsung desain sendiri.

Realme UI juga sudah mendukung Dark Mode yang bukan cuma buat aplikasi sistem aja, aplikasi lain seperti Play Store, Facebook, Youtube, dan lain-lain bisa dibikin gelap. Dark Mode juga bisa diatur selalu aktif atau dijadwalkan di jam-jam tertentu.

Hardware dan Performa

Realme C3 pakai SoC Mediatek Helio G70 12 nm, GPU Mali G52, RAM 3 GB, memori internal 32 GB, dan baterai 5000 mAh. Walaupun ini adalah smartphone entry level, tapi pas dites benchmark pakai Antutu v8.2.4 bisa dapat skor 190.000 poin. Lebih besar dari Snapdragon 665 yang rata-rata dapat skor 160.000 sampai 170.000.

Buat kebutuhan gaming masih nyaman. Pas dicoba main game PUBG mobile lansung direkomendasikan grafis High. Pilihan grafisnya bisa smooth ultra atau HD High.

Terus buat mobile legend, fitur HD mode dan HFR bisa aktif dan grafis bisa dipih sampai High.

Realme UI juga punya gamespace buat maksimalin pengalaman bermain. Sebelum main, ubah dulu modenya ke kompetitif dan fitur standarnya seperti rekam layar dan blokir notifikasi bisa diaktifkan pas main.

Baterai

Fitur unik yang jarang ada di HP entry level adalah reverse charging. Dengan kapasitas baterai 5000 mAh, si Realme C3 ini bisa berubah fungsinya jadi power bank dan bisa ngecharge gadget lain.

Buat daya tahan baterainya sendiri kira-kira sebelas dua belas sama Realme 5i. Bisa tahan seharian buat pemakaian standar seperti sosmed, chatting, kamera, dan game sesekali. Jadi misalnya buat cabut casan jam 8 pagi HP nya baru minta cas lagi sekitar jam sepuluh atau sebelas malam.

Tapi, karena gak ada fitur fast charging dan output kepala charger nya cuma 10 watt, ngecas nya sendiri bakal butuh waktu 2,5 sampai 3 jam.

Kamera

Beda dengan versi India, Realme C3 versi Indonesia ini punya tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Lensa yang paling atas ada 2 MP f/2.4 lensa makro. Kedua, lensa utama 12 MP f/1.8 pakai lensa wide. Dan yang terakhir 2 MP f/2.4 lensa depth sensor.

Di Realme UI tampilan aplikasi kameranya juga berubah. Di halaman awal ada mode auto, portrait, dan video. Mode Auto ada pilihan tombol buat HDR sampai chroma boost. Mode lain bisa ditemukan di More kayak time lapse, ultramacro, slomwo, panorama, dan expert buat ngatur ISO sampai 6.400, shutter speed 16 detik, wide balance, dan auto focus.

Untuk hasil kameranya standar-standar aja. Buat foto siang-siang saturasi warnanya sedikit meningkat berkat chroma boost. Mode dynamic range nya cukup bisa diandalkan, khusunya buat scene-scene backlit.


Terus buat kamera depan, lensanya ada satu yang resolusinya 5 MP f2.4. Fitur yang bisa dipakai ada Auto, video, dan portrait buat bikin efek bokeh sampai 100 persen. Kamera depannya juga bisa pakai HDR yang otomatis ngebantu banget pas foto di luar ruangan.

Buat perekaman video, kamera depan belakang cuma mentok di resolusi 1080p 30 fps aja. Tidak ada EIS ataupun stabilisasi lainnya. Jadi, hasil video nya agak berguncang-guncang.

Kesimpulan

Realme C3 menawarkan desain yang juga anti mainstream. Dibadrol satu jutaan, hp ini rasanya cukup jadi hp gaming sejutaan untuk para gamer yang punya budget minim tapi mau lancar main game. Apalagi kapasitas baterainya yang gede menjadikan daya tahannya makin awet dan dibalik itu kamu juga bisa ngecas gadget lain. Satu lagi yang menarik adalah tampilan UI yang udah baru, bukan lagi ColorOS. Realme UI ini bikin HP berasa smooth dan lebih simpel.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar