Skip to main content

Cuma 1,7 juta! Inilah Spek dan Harga Realme 5 Terbaru

Meski merupakan pemain baru di pasar smartphone Indonesia, Realme telah menjadi salah satu merek smartphone yang populer. Terutama di kalangan mid range ke bawah. Realme telah meluncurkan banyak HP setiap tahunnya. Beberapa diantaranya seperti Realme 5i, Realme C15, Realme C3, Realme C11, dan masih banyak lagi. Popularitas ini berhasil dicapai Realme dalam kurun waktu yang singkat. Realme berawal sebagai sub-merek atau anak perusahaan Oppo hingga akhirnya menjadi perusahaan independen pada 2018.

Realme pada bulan September 2019 lalu meluncurkan seri HP Realme 5 di Indonesia. Untuk seri 5 ini, Realme memperkenalkan dua HP, yakni Realme 5 dan Realme 5 Pro. Seperti namanya, Realme 5 adalah model standar, sedangkan yang ada embel-embel 'Pro' memiliki fitur dan spesifikasi yang lebih baik. Yang akan PintarIT review di artikel ini adalah Realme 5 ya. Apakah Realme 5 seharga Rp1.789.000 untuk varian 3/32 layak untuk kamu beli? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut.

Review Lengkap Realme 5

  • Layar : 6,5 inchi IPS LCD HD+ (1600 x 720)
  • Prosesor : 2 GHz Octa Core Qualcomm Snapdragon 665 AIE
  • GPU : Adreno 610
  • RAM/Memori : 3/32 GB
  • Kamera belakang : Quad Camera (12 MP, 8 MP, 2 MP, 2 MP)
  • Kamera depan : 13 MP
  • Baterai : Lithium Polymer 5000 mAh
  • Skor Antutu : 142.878
  • Harga : Rp1.789.000

Desain Bodi

Seperti biasa, kita mulai dari desain dan tampilannya dulu. Masih dengan ciri khas Realme, bodi yang disematkan di smartphone ini memiliki desain Diamond Cut atau potongan berlian. Warnanya terlihat berkilauan layaknya berlian.

Kalau kata pihak Realme, namanya holographic nanometer, yang mana seluruh proses desainnya melibatkan 15 kali prototyping dan 78 kali penyesuaian. Berarti desain bodi belakangnya ini mengalami trial and error sampai akhirnya jadi seperti ini.

Ditambah lagi dengan fingerprint scanner dan empat kamera belakang yang bikin desainnya makin mantul. Fingerprint scanner nya cepet ngebaca sidik jari. Begitu pula dengan face recognition nya. So pasti ini berkat Realme 5 yang sudah pakai operating system Android Pie.

Layar

Pindah ke bagian depan. Ada layar seluas 6,5 inchi beresolusi HD+. Agar terlihat lebih luas, Realme menyematkan layar bertipe mini drop fullscreen yang hasilnya membuat screen to body ratio nya cukup tinggi, yaitu 89 persen.

Kemudian bagian depan dan belakang smartphone ini disatukan bingkai dengan desain 3D yang nyaman digenggam. Bingkai nya di bagian atas polosan aja. Di bagian kanan ada tombol power. Di bagian bawah ada port jack audio 3,5 mm, mic, port USB, dan speaker. Dan di bagian kiri ada tombol volume up dan down. Kemudian ada sim tray yang bisa menampung dua sim card plus satu micro sd.

Kemudian dari segi desain dan display nya banyak peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya si Realme 3.

Performa Hardware dan Baterai

Luarannya sudah, sekarang kita ke bagian dalemnya ya. Untuk chipset, Realme 5 ini menggunakan Snapdragon 665 AIE sebagai otaknya. Kata Qualcomm dari segi gaming, camera capabilities, performance, dan security performance nya sudah diimprove.

Selain chipset yang mantul, jeroan Realme 5 ini juga disokong oleh CPU berinti 8. Clockspeed smartphone ini mencapai 2,0 GHz. Untuk Antutu skornya 142.878. Cukup tinggi untuk ukuran smartphone dengan chipset seri keenam dari Qualcomm.

Untuk baterai, kapasitasnya gede banget nih, 5000 mAh. Realme 5 ini termasuk dalam smartphone dari Realme yang punya kapasitas baterai besar. Umur baterainya dalam keadaan stand by diklaim bisa bertahan sampai 29,9 hari.

Perpaduan jeroannya asik ya. Chipset seri keenamnya Qualcomm yang punya banyak kelebihan dipertemukan dengan baterai berkapasitas jumbo. Tapi, bagaimana dengan performanya? Seperti biasa untuk tes performa kita bisa menggunakan game PUBG. Untuk setingan default ada di Low. Kemudian grafisnya ada di Balance, dan frame rate mentok di medium. Cukup memadai untuk gaming kalau setingan PUBG nya udah seperti ini.


Baca : Rekomendasi HP Gaming Murah 1 jutaan

Kamera

Sekarang kita beralih ke sektor kamera yang ada empat buah kamera. Ditambah lagi satu kamera selfie jadinya lima kamera. Kalian lihat dulu nih spesifikasi lengkap dari kamera Realme 5 berikut ini.

Berikutnya kita akan melihat fitur-fitur terbaik dari kameranya. Terutama chroma boost dan nightscape. Pertama kita tes dulu kamera bekakang di siang hari. Fitur dari chroma boost ini bisa menghasilkan foto jadi vibrance. Warnanya keluar semua. Cocok banget buat kamu yang hobi foto-foto.

Sekarang ke kamera depannya. Kalau kamera depannya tentu ada fitur AI Beauty. Berikut hasil foto dari AI Beauty dari level terendah sampai level tertinggi.


Gak lupa juga mode portrait nya.

Tes kamera belakang dan depan di siang hari sudah. Sekarang kita tes di malam hari. Langsung aja berikit beberapa foto nightscape dari kamera belakang Realme 5.

Untuk hasil kameranya sih bagus-bagus aja ya. Fotonya terlihat lebih cerah dan lebih detail dari biasanya. Kalau kamera depan hasilnya seperti ini.


Kesimpulan

Kalau dari review diatas dengan harga satu jutaan worth it lah ya untuk dibeli. Apalagi kalau dibandingkan dengan si Realme 5 pro dan Realme 3. Menurut kamu gimana? Langsung aja tulis pendapat kamu di kolom komentar. Terima kasih.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar