Skip to main content

3 Cara Mengatasi WhatsApp Error "Sayangnya Telah Berhenti"

Pernahkah kamu melihat pesan WhatsApp error seperti "Sayangnya WhatsApp telah berhenti" atau "Unfortunately WhatsApp has stopped" dalam bahasa inggris? Pesan error ini kadang bikin jengkel karena sangat mengganggu ketika kita sedang asyik chatan atau vidcall dengan orang lain. Jika sering melihat pesan error tersebut, maka sebaiknya harus segera diatasi agar tidak mengganggu lagi. Disini PintarIT.com akan kasih 3 cara untuk mengatasi error WhatsApp telah berhenti yang terbukti berhasil.

Biasanya pesan error whatsapp telah berhenti ini muncul karena ada file instalasi WhatsApp yang rusak. Selain itu, beberapa masalah dari cache aplikasi juga bisa menjadi penyebabnya. Jika kamu baru saja mengupdate versi WhatsApp, mungkin ada bentrok antara cache WhatsApp versi lama dengan versi yang lebih baru. Ditambah lagi bug dari aplikasi WhatsApp juga dapat menjadi penyebab kenapa kesalahan Sayangnya WhatsApp telah berhenti bisa muncul.

Cara Mengatasi Error WhatsApp Telah Berhenti

Untungnya, error ini dapat diperbaiki. Hanya dengan menutup dan membuka kembali WhatsApp semuanya bisa kembali normal. Cara lain seperti melakukan restart atau reboot pada HP juga dapat mengembalikan WhatsApp menjadi lancar. Namun, jika WhatsApp sering macet dan pesan kesalahan sering muncul, cara-cara yang akan diuraikan di bawah ini bisa membantu menghilangkan error whatsapp berhenti secara permanen.

1. Hapus Cache

Pertama, kamu bisa coba membersihkan cache WhatsApp, lalu buka lagi aplikasi WhatsApp nya. Berikut caranya.

  1. Buka Settings, pilih opsi Apps & notification
  2. Pilih opsi See All Apps
  3. Scrool ke bawah, cari dan pilih WhatsApp
  4. Pilih opsi Storage & cache
  5. Ketuk ikon tong sampah yang bertuliskan Clear Cache untuk menghapus cache WhatsApp

Sekarang coba buka kembali WhatsApp. Jika pesan kesalahan "Sayangnya WhatsApp telah berhenti" masih muncul, lanjutkan ke cara kedua di bawah ini.

2. Update WhatsApp

Kamu bisa saja menemukan error ini jika masih menggunakan versi WhatsApp yang sudah lama ketinggalan zaman. Untuk mengatasinya, buka aplikasi Play Store di HP Android kamu dan update atau perbarui WhatsApp ke versinya yang terbaru.

3. Instal Ulang WhatsApp

Dua cara di atas terbukti menjadi solusi ampuh untuk mengatasi kesalahan "Sayangnya WhatsApp telah berhenti" pada HP Android. Jika cara di atas masih tidak ada pengaruhnya, maka kamu harus menghapus aplikasi WhatsApp yang sudah terinstal lalu menginstal ulang lagi dari Google Play Store.

Namun sebelum melakukannya, silahkan lakukan backup chat terlebih dulu agar pesan, foto, video, dan dokumen tidak ikut terhapus. Baru nanti ketika log in kembali ke WhatsApp kamu tinggal klik opsi Pulihkan untuk mengembalikan data pesan, foto, video, dan lainnya. Jika sudah melakukan backup, mari ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka Play Store dan cari WhatsApp
  2. Pilih Uninstall atau Copot Pemasangan, lalu pilih OK untuk konfirmasi
  3. Untuk menginstal ulang WhatsApp, ketuk tombol Instal dan tunggu proses instalasi sampai selesai
  4. Log in lagi ke aplikasi WhatsApp menggunakan nomor hp, lalu pulihkan chat

Setelah semua langkah di atas sudah kamu lakukan seharusnya tidak akan lagi muncul pesan error WhatsApp telah berhenti.

Penutup

Sekarang setelah melakukan tiga cara tadi seharusnya kamu bisa menggunakan WhatsApp lagi tanpa masalah. Tapi, terkadang ada beberapa pengguna yang masih mendapatkan pesan error dari WhatsApp padahal sudah melakukan semua cara di atas. Maka solusinya adalah dengan Update OS Android. Dan jika kesalahan masih berlanjut setelah pembaruan OS, atau jika OS Android kamu sudah yang paling baru, maka kamu harus reset HP sebagai upaya terakhir.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar