Skip to main content

Penyebab Tidak Bisa Video Call WhatsApp Beserta Solusinya

WhatsApp sebagai aplikasi chatting selalu menambahkan fitur-fitur baru di setiap update terbarunya. Beberapa fitur unggulan WhatsApp seperti panggilan suara atau voice call, panggilan video atau video call, stiker, WhatsApp Web, enkripsi end to end, dan lain-lain. Di antara semua fiturnya, video call jadi salah satu fitur yang sering digunakan. Apalagi di masa pandemi seperti ini yang melarang kita bertemu secara langsung.

Baru-baru ini perusahaan yang sudah jadi milik Facebook ini menaikkan batas anggota video group dari 4 menjadi 8. Update ini disambut baik para penggunanya karena akan memudahkan mereka melakukan video call lebih dari dua orang bersama teman, keluarga, dan lainnya. Namun, kadang terjadi error yang membuat kita gagal melakukan video call. Agar video call bisa dilakukan, aplikasi WhatsApp memerlukan izin akses mikrofon dan kamera pada HP. Kedua hal ini yang perlu diperhatikan.

Dalam artikel ini, PintarIT akan memberikan solusi untuk setiap kemungkinan penyebab tidak bisa video call di WhatsApp.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Vidcall di WhatsApp

1. Update WhatsApp

WhatsApp secara berkala memperbarui versinya baik di iOS maupun Android. Masalah panggilan video mungkin terjadi karena smartphone kamu masih mengintal versi WhatsApp lama. Bukalah App Store atau Google Play Store dan perbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru.

2. Koneksi Internet Stabil

Panggilan video memerlukan koneksi jaringan yang stabil agar berjalan lancar. Selain itu, panggilan video menyedot lebih banyak data internet dibanding panggilan suara WhatsApp. Jadi, pastikan HP kamu terhubung ke jaringan yang stabil dan HP menampilkan indikator sinyal yang cukup. Bagi kamu yang memiliki router WiFi dual-band, kamu harus periksa apakah HP-mu mendukung AP band Wi-Fi 5GHz. Jika ya, sambungkan HP ke AP Band 5GHz di jaringan Wi-Fi milikmu.

3. Izinkan Semua Perizinan WhatsApp

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, WhatsApp memerlukan perizinan mikrofon dan kamera untuk melakukan video call. Mungkin kamu telah menolak izin tersebut saat menginstal atau update aplikasi WhatsApp. Itu bisa menjadi alasan mengapa audio dan video di Whatsapp tidak berfungsi. Periksa Setelan HP dan izinkan permission atau perizinan yang diperlukan WhatsApp.

Ada dua cara untuk membuka pengelola perizinan. Kamu bisa buka Settings dan masuk ke Apps & notification. Pilih See All Apps, pilih WhatsApp.

Atau, kamu bisa tekan dan tahan ikon WhatsApp lalu pilih opsi App Info, maka kamu akan masuk ke menu info aplikasi. Di sana, pilih menu Allow dan aktifkan izin untuk Kamera dan Mikrofon.

4. Aktifkan Penggunaan Data Latar Belakang

Mengaktifkan opsi ini memungkinkan kamu menerima video call WhatsApp bahkan saat kamu tidak sedang menggunakan aplikasi WhatsApp. Tekan dan tahan ikon aplikasi WhatsApp, lalu pilih App Info. Buka Mobile data & Wi-Fi dan aktifkan opsi Background data.

5. Matikan Penghemat Data atau Data Saver

Mode penghemat data di Android dapat menghalangi WhatsApp berfungsi dengan normal. Jika kamu mengaktifkan mode data rendah, maka itu bisa saja mencegah WhatsApp untuk mengambil informasi seperti panggilan video yang masuk atau melakukan panggilan video dengan lancar.

Untuk mematikan penghemat data, buka Settings, pilih Network & Internet, pilih dan matikan opsi Data Saver.

6. Matikan Penghemat Baterai

Mode penghemat baterai bertujuan mencegah aplikasi berjalan di latar belakang untuk menghemat daya baterai. Jika kamu mengaktifkan opsi ini, pertimbangkan untuk mematikannya demi kelancaran video call WhatsApp.

Caranya, buka Settings, pilih Battery, Pilih dan matikan Battery Saver.

7. Matikan Penggunaan Data Rendah WhatsApp

WhatsApp juga menawarkan mode penggunaan Data Rendah atau Low Data Usage. Matikan mode ini agar video call WhatsApp lancar. Buka WhatsApp, masuk ke Pengaturan Aplikasi, pilih Data and Storage Usage lalu matikan Low Data Usage.

8. Hapus Cache

Untuk menghapus cache, tekan dan tahan ikon aplikasi WhatsApp, lalu pilih App Info. Buka menu Storage & cache lalu hapus cache WhatsApp.

9. Reboot HP dan Instal Ulang WhatsApp

Reboot Android sering kali memperbaiki beberapa masalah. Kamu dapat matikan HP lalu nyalakan lagi. Setelah itu, periksa apakah sudah bisa melakukan video call WhatsApp. Jika tidak, lakukan backup data WhatsApp dan coba instal ulang aplikasi WhatsApp.

Penutup

Video Call WhatsApp untuk saat ini mungkin masih minim fitur, tetapi masih laris dipakai karena lebih dari 2 miliar orang menggunakan WhatsApp. Meskipun aplikasi WhatsApp mudah digunakan, tapi semakin banyaknya pengaturan dan izin di setiap updatenya bisa saja jadi penyebab tidak bisa video call WhatsApp. Jika kamu punya cara kain untuk mengatasi masalah ini, tulis saja di kolom komentar.

Newest Post
Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar