Skip to main content

4 Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi Play Store (Error 910)

Untuk setiap masalah yang muncul dari Google Play Store, biasanya terdapat kode kesalahan yang dilampirkan. Ada banyak kode kesalahan yang dimiliki Play Store, salah satunya adalah kode kesalahan 910. Jika HP Android kamu muncul kode 910 saat menginstal atau memperbarui aplikasi di Play Store, maka ada suatu proses yang terhenti atau error dan harus segera diperbaiki. Di artikel ini, PintarIT telah menemukan empat cara ampuh untuh memecahkan masalah ini.

Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi dari Play Store

"Kode Kesalahan: 910" menunjukkan bahwa Play Store tidak dapat menginstal aplikasi di smartphone kamu karena sambungan atau konektivitas internet yang buruk sehingga menyebabkan file instalasi rusak atau disebabkan masalah lain yang tidak diketahui. Sebenarnya dengan cara restart HP sudah bisa memperbaiki kesalahan ini. Kamu juga harus memeriksa apakah koneksi internet hidup atau tidak.

Jika kesalahan terus berlanjut, cobalah beberapa cara yang dijelaskan berikut.

1. Hapus Data dan Cache Play Store

Seperti yang disebutkan sebelumnya, untuk memperbaiki masalah ini cukup mudah. Pertama kamu hanya perlu membersihkan cache Play Store dan data aplikasi. Ini adalah cara paling manjur dan efektif untuk mengatasi hampir semua kesalahan dan error dari Play Store.

  1. Masuk ke Settings HP kamu, pilih App & notification
  2. Selanjutnya, pilih See All Apps
  3. Cari dan pilih Google Play Store dari daftar aplikasi yang diinstal
  4. Pilih Storage & Cache, lalu Clear Cache
  5. Buka Google Play Store dan periksa apakah kode kesalahan masih muncul saat menginstal aplikasi. Jika ya, maka kamu harus menghapus data aplikasi Google Play Store.
  6. Buka lagi menu Storage & Cache, lalu pilih Clear Storage dan OK untuk konfirmasi

Dengan menghapus data Google Play Store, maka Google Play Store akan diatur ulang ke setelan pabrik. Semua pengaturan aplikasi, konfigurasi, riwayat pencarian, dll akan dihapus. Akun Google kamu tetap ditautkan ke Play Store. Selain itu, menghapus data Play Store tidak akan menghapus aplikasi yang sudah terpasang, jadi tidak perlu khawatir.

2. Tambahkan Ulang Akun Google

Jika kesalahan terus berlanjut setelah menghapus data dan cache Play Store, selanjutnya hapus akun Google kamu lalu tambahkan lagi. Begini caranya.

Menghapus Akun Google di HP Android

  1. Buka Settings, pilih Account
  2. Selanjutnya, ketuk akun Google yang ditautkan ke Play Store
  3. Jika memiliki beberapa akun Google yang ditautkan, buka Play Store, dan tekan ikon profil atau avatar di kotak pencarian. Akun yang tertera di bagian atas adalah akun aktif.
  4. Pilih Remove Account, lalu pilih lagi Remove Account untuk konfirmasi

Menambahkan Akun Google di HP Android

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menambahkan kembali akun yang baru saja kamu hapus.

  1. Buka Pengaturan Akun, pilih Add Account
  2. Pilih Google dan masukkan password, PIN, atau verifikasi menggunakan otentikasi biometrik.
  3. Masukkan email dan password akun Google kamu ke dalam kotak yang disediakan untuk menambahkan akun kembali ke HP kamu.
  4. Coba instal aplikasi dari Play Store dan periksa apakah Play Store masih menampilkan kode kesalahan 901.

3. Hapus Cache Google Service Framewok

Google Service Framework atau Kerangka Layanan Google adalah aplikasi sistem yang dirancang oleh Google untuk membantu pengguna Android memperbarui aplikasi-aplikasi Google yang sudah terpasang sebelumnya. Jika aplikasi ini mengalami gangguan karena ada data yang rusak atau karena hal lain, akibatnya kamu akan mengalami masalah saat menginstal aplikasi dari Google Play Store. Dengan menghapus cache Kerangka Layanan Google masalah ini dapat terselesaikan.

  1. Buka Settings, pilih Apps & notification
  2. Pilih See All Apps atau App Info. Tergantung pada OS Android yang kamu gunakan
  3. Pilih ikon tiga titik di sudut kanan atas, pilih Show system
  4. Scroll ke bawah, cari dan pilih Google Service Framework
  5. Selanjutnya, pilih Storage & Cache, lalu Clear Cache

Lanjut ke cara berikutnya jika masih tidak bisa instal atau update aplikasi di Google Play Store karena kesalahan 910.

4. Keluarkan Kartu SD

Adanya file yang rusak di kartu SD juga dapat menyebabkan gangguan pada penginstalan aplikasi dari Google Play Store. Jika kamu memasang kartu SD di HP Android, keluarkan dan coba pasang lagi.

Kamu tidak perlu mengeluarkan kartu SD secara fisik atau secara langsung dari HP. Sistem operasi Android memiliki fitur bawaan yang memungkinkan kamu melepas kartu SD secara virtual.

  1. Buka Settings, pilih opsi Storage
  2. Pilih ikon keluarkan di sebelah kartu SD
  3. Sekarang, buka Google Play Store dan periksa apakah sudah bisa menginstal dan memperbarui aplikasi tanpa kode kesalahan 910. Untuk memasang kembali kartu SD yang dikeluarkan, ketuk kartu SD dan pilih Mount.
Penutup

Selain melakukan cara-cara di atas, kamu juga harus memastikan bahwa sistem operasi HP-mu sudah menggunakan versi terbaru. Selain itu, memperbarui Google Play Store dan Layanan Google Play secara manual juga dapat membantu memperbaiki kode kesalahan 910. Sehingga kamu bisa bebas menginstal dan update semua aplikasi tanpa ada masalah.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar