Skip to main content

4 Mitos Seputar Laptop Yang Sering Kita Dengar dan Bikin Salah Kaprah

Buat sebagian orang yang belum paham soal laptop pasti memiliki pertanyaan tersendiri yang kadang membuat mereka bertanya-tanya di forum-forum tertentu, dan terkadang mendapat jawaban yang kurang tepat atau bisa dibilang menyesatkan. Oleh sebab itu, artikel ini kami buat dengan maksud untuk meluruskan beberapa pemahaman yang salah dan ngawur seputar laptop.

Sering lihat komentar orang atau bahkan dengar langsung ada orang yang bilang kalau udah penuh cabut aja adapternya biar baterainya gak bocor. Atau mungkin pernah juga lihat orang berkomentar "Tambah RAM nya aja biar gak ngelag". Mari kita ulas fakta-faktanya.

1. Penggunaan Adaptor Dapat Merusak Baterai

Mitos pertama yang masih jadi momok menakutkan untuk sebagian pengguna laptop adalah penggunaan adapter secara terus-terusan yang katanya dapat merusak baterai laptop. Jadi, ketika kapasitas baterai udah full, sebagian dari mereka menggunakan laptop tanpa terpasang dengan adapter kemudian mengeluh, "Kok main game ini ngelag ya?". Terus ada juga yang melepas baterai dan terpasang dengan adapter adalah salah satu cara demi menghindari kerusakan pada baterai. Faktanya, laptop-laptop keluaran terbaru sudah menggunakan baterai berjenis Lithium Ion atau biasa disebut denga Li-ion yang mampu dicharge ratusan kali tanpa merusak baterai tersebut.

Selain itu, pada baterai laptop keluaran terbaru juga sudah memiliki proteksi yang berfungsi untuk menghentikan proses pengisian baterai ketika baterai sudah penuh dan biasanya hal ini disebut dengan fitur auto cutoff dan power pun akan menggunakan power dari adapternya. Memang hal ini berlaku pada laptop yang dirilis tahun 2013 ke atas yang biasanya sudah memakai baterai berjenis Lithium Ion yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dan pada akhirnya baterai laptop dapat berkurang kapasitasnya seiring dengan umur pemakaian. Hal ini adalah wajar. Sedangkan pada laptop keluaran lama belum tentu memiliki fitur auto cutoff yang sebelumnya sudah dijelaskan juga. Tapi silahkan renungkan hal ini, lebih baik baterai yang rusak atau motherboard yang rusak karena sering mati mendadak karena listrik sering mati. Jawabannya ada di kalian.

2. CPU & GPU Laptop Tidak Dapat Diupgrade

Mitos berikutnya adalah CPU & GPU yang tidak bisa diupgrade. Faktanya hal ini tidak sepenuhnya benar. Untuk CPU sendiri dapat diupgrade. Walau demikian upgrade yang dapat dilakukan biasanya hanya untuk satu generasi yang sama. Misalnya saja untuk CPU Intel yang memiliki kode atau suffix m pada prosesornya. Hal ini menandakan bahwa CPU tersebut merupakan CPU Mobile dan dapat diupgrade. Contohnya seperti CPU Intel Core i7 4700MQ yang dapat diupgrade mentok hingga Intel Core i7 4940MX. Atau CPU Dekstop yang dijejali kedalam laptop seperti CPU Intel Core i9 9900K yang terdapat pada MSI GT76. Walaupun dapat diupgrade, tapi perlu diperhatikan juga TDP nya yang dihasilkan oleh CPU tersebut. Sehingga apabila kalian ingin melakukan upgrade, kalian harus memperhatikan thermal management yang ada pada laptop kalian. Apakah cukup mumpuni untuk mengatasi panas yang dihasilkan apa tidak. Sedangkan untuk CPU berkode H, U, HK, dan Y umumnya tidak dapat diupgrade dikarenakan sudah tersolder dengan motherboard nya. Kecuali kalian ingin mengganti motherboard full yang berisikan CPU yang lebih baru dan lebih ngebut.

Beralih ke GPU, lagi-lagi tidak semua GPU laptop dapat diupgrade. Biasanya GPU laptop yang dapat diupgrade memiliki layar berukuran 17 inch atau fisik yang cukup tebal. Kemudian apabila GPU pada laptop dapat diupgrade, maka yang harus diperhatikan selain sitem pendingin tentunya adalah bios dan socketnya. BIOS sendiri harus dipastikan apakah BIOS pada laptop tersebut support untuk GPU selain GPU bawaan laptop tersebut. Apabila tidak support, maka lebih baik jangan memaksakan upgrade. Bukannya untung malah buntung nantinya. Kemudian untuk socket sendiri harus diperhatikan apakah socket GPU tersebut cocok dengan socket GPU bawaan laptop. Saat ini socket GPU yang umum adalah socket MXM Type A dan MXM Type B. Yang membedakan adalah ukurannya.

3. Layar Laptop Dapat Diupgrade

Selanjutnya adalah mitos tentang layar yang dapat diupgrade. Dan faktanya adalah layar laptop memang dapat diupgrade. Baik itu dari panel TN ke IPS resolusi 1366x768 ke FullHD 1980x1080, maupaun ke panel dengan refresh rate ke 144 Hz. Apabila kalian ingin mengupgrade layar dari 60 Hz ke 120 Hz atau bahkan lebih tinggi, pastikan spesifikasi laptop kalian mampu menampilkan 120 fps secara konstan atau tidak. Karena jika tidak, maka upgradenya akan terasa mubazir. Kemudian pastikan juga jumlah pin pada kabel layar kalian, apakah 30 pin atau 40 pin. Sehingga mau tidak mau harus membongkar total laptop kalian.


4. FPS Rendah = Tambah RAM

Kalau mitos yang ini tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah. Memang benar untuk laptop dengan spesifikasi tertentu apabila ditambahkan RAM, maka performa gaming yang dihasilkan akan meningkat. Hal ini terlihat dari fps yang dihasilkan saat bermain game. Tapi tentunya tidak berlaku untuk semua. Misalnya untuk laptop yang mempunyai CPU AMD Ryzen, yang kalau berjalan dengan konfigurasi RAM dual channel maka FPS yang dihasilkan akan lebih tinggi dibandingkan dengan konfigurasi RAM single channel. Lalu ada juga laptop yang sudah upgrade kapasitas RAM tapi tidak memberika penambahan performa atau fps yang signifikan. Ini masalahnya bukan dijumlah RAM melainkan bisa jadi di CPU dan GPU yang sudah kurang mumpuni untuk menjalankan program atau game tersebut.

Nah itu tadi sedikit mitos dan fakta yang sering ditanyakan seputar laptop. Memang sebagian dari mitos tersebut ada yang benar dan ada juga beberapa yang salah. Misalnya seperti layar laptop yang dapat diupgrade yang tentu saja sebelum mengupgrade komponen tersebut harus mementingkan faktor lain seperti spesifikasi bawaan memumpuni atau tidak. Dan jika kalian punya mitos atau fakta tambahan bisa saja langsung komen di bawah. Dan janga lupa share artikel ini sebagai bentuk dukungan untuk semangat kami. Dan kami mengingatkan kalian untuk mampir ke Pintarit.com untuk melihat perkembangan teknologi khususnya di bidang IT.

Newest Post
Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar