Skip to main content

Cara Instal dan Seting Visual Studio Code untuk C/C++ Windows

Visual Studio Code adalah sebuah software code-editor gratis yang dibuat oleh Microsoft untuk Windows, Linux, dan macOS. Layaknya software code editor, Visual Studio Code memiliki fitur-fitur seperti debugging, syntax, highlighting, intelligent code compeltion, snippets, code rectoring, dan embedded Git.

Saat ini Visual Studio Code telah mendukung ratusan bahasa pemrograman dan file format. Beberapa bahasa pemrograman yang biasa digunakan sudah didukung secara default (Javascript, HTML, CSS, dll) tanpa perlu menginstal extension. Sementara untuk bahasa-bahasa lain kita perlu menginstal extension yang dapat kita instal langsung melalui menu extension di VS Code.

Pada artikel ini, kita akan belajar bagaimana instal sekaligus seting atau set up visual studio code untuk ngoding C dan C++. Mungkin step-by-step nya bisa menjadi rumit. Tetapi jika kamu mengikuti langkah demi langkah dengan cermat, hal ini akan terasa sangat mudah.

Instal dan Set Up Visual Studio Code untuk C/C++

Langkah 1 : Dowload dan Instal Visual Studio Code

Ketikkan saja "visual studio code" di search engine browser dan klik link website nya. Atau kamu bisa langsung klik saja link di bawah untuk langsung ke situs visual studio code.

Selanjutnya silahkan pilih versi Visual Studio Code yang sesuai dengan OS laptop atau PC mu. Karena pada artikel ini kita memakai OS Windows, maka pilih saja VS Code untuk Windows. Kalau udah kedownload, lanjut instal visual studio code nya. Instalnya mudah kok, tinggal centang dan kilk next next aja.

Semisal pada tempilan di atas, kamu ceklist aja semua opsinya atau bisa samain aja kayak di gambar. Habis itu klik next.

Langkah 2 : Download Extension Visual Studio Code

Setelah berhasil menginstal VS Code, sekarang saatnya untuk menginstal beberapa extension. Ada dua extension yang bakal kita instal, yaitu C/C++ dan Code Runner. Cara instalnya gampang banget. Pertama, klik ikon yang ada di pinggir sebelah kiri. Pada kolom pencarian, ketik "C/C++". Lalu klik extension C/C++ dari Micosoft yang muncul. Klik Instal extension nya.

Setelah berhasil instal extension C/C++, lanjut instal Code Runner. Cara instal nya sama persis kok kayak instal extension C/C++.

Sekarang kita telah berhasil set up visual studio code. Tapi kita masih butuh compiler untuk meng-compile kodingan yang nanti kita buat, untuk itu kita instal dulu compiler MinGw.

Langkah 3 : Download dan Instal MinGW Compiler

Kamu bisa download minGW dari link berikut ini.

Kemudian jalankan programnya dengan klik kanan run as administrator. Klik Next. Sesuaikan aja setingannya seperti gambar di bawah dan klik next terus sampai proses instal nya dimulai. Tunggu aja sampai selesai. Kalau udah klik Finish.

Baca : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

Langkah 4 : Copy Bin Path

Sekarang buka 'This PC' dan buka 'Local Disk C'. Pergi ke tempat dimana kamu instal Compiler minGW tadi. Secara defaut, biasanya minGW terinstal di dalam folder Program Files (x86). Kalau dalam folder Program Files (x86)tidak ada folder mingw-w64 berarti folder mingw-w64 ada di folder Program FIles.

Kalau udah tahu folder mingw-w64 dimana, lanjut masuk ke folder mingw-w64 tersebut. Masuk lagi ke folder i686-8.1.0-posix-dwarf-rt_v6-rev0, lalu mingw32, dan terakhir ke folder bin. Kalau udah sampai ke bin copy path nya. Caranya, seperti pada gambar di bawah.

Baca : Cara Download dan Instal Zoom di PC Windows

Langkah 5 : Edit Environment Variable

Sekarang kita perlu setup environment. Caranya, search di menu pencarian Windows dengan keyword "Environment variables". Klik saja opsi "Edit the system environment variable" yang muncul dari hasil pencarian.


Sekarang klik Environment Variables, maka kamu akan melihat tampilan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Klik "Path" di System Variable dan klik Edit seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Klik New dan paste alamat folder bin yang sudah kita copy di langkah sebelumnya, lalu klik Ok.

Klik OK sampai semuanya tertutup.

Langkah 6 : Cek minGW sudah berhasil terinstal

Klik tombol pencarian di dekat kiri bawah ikon Windows dan cari command prompt. Pada command prompt ketikkan g++ --version. Dan jika muncul sesuatu di command prompt seperti gambar di bawah, artinya sudah berhasil instal compiler nya.

Namun jika kamu mendapatkan beberapa kesalahan, jangan khawatir. Cukup instal ulang minGW seperti yang ditunjukkan pada langkah 3 sampai 5 dan itu akan menyelesaikan masalah.

Langkah 7 : Mari buat program sederhana dengan c++ di VS Code

Hore! kita telah berhasil mengatur vscode untuk C dan C++. Sekarang mari kita coba dengan meembuat program pertama kita di vscode.

Buka vs code. Klik 'File' di bagian kiri atas dan pilih 'Open Folder'. Mari kita buat folder baru di dekstop dan pilih foldernya.

Sekarang klik pada ikon dokumen di samping kiri vs code. Jika Anda tidak melihat bilah sisi kiri, cukup tekan Ctrl + B pada keyboard. Sekarang buat file dengan ekstensi .cpp seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Sekarang mari tulis kode pertama kita. Kamu dapat menyalin dan menempelkan kode yang telah saya berikan di bawah ini.

Untuk menjalankan programnya, klik kanan dan pilih "Run". Atau juga bisa dengan menekan shortcut Ctrl+At+N.

Dan begitulah, kamu telah berhail membuat program pertamamu dalam C++ di Visual Studio Code. Saya harap tutorial ini bermanfaat. Jika menghadapi masalah saat menginstal, beri tahu saya lewat kolom komentar.

Perhatian: Berkomentarlah dengan bijak sesuai topik artikel yang dibaca. Komentar yang memuat link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui admin.
Buka Komentar